5 Aplikasi Benchmark Teratas Android Tahun 2015

26 Aug 2015 16:00 12306 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Aplikasi-aplikasi terbaik untuk menguji smartphone Anda.

Pernah berpikir untuk membandingkan kekuatan smartphone milik Anda dengan smartphone lain?

Benchmarking atau yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti ‘Pembandingan’ adalah sebuah tren yang berkembang dengan cukup pesat di kalangan para pecinta gadget dan PC.

Apa penyebab timbulnya tren seperti ini?

Alasan utama yang menyebabkan tren benchmarking populer di kalangan para pecinta dan antusias gadget berawal dari salah satu sifat dasar manusia yaitu, rasa penasaran.

Semakin hari, aplikasi untuk benchmarking semakin maju. Contohnya, aplikasi smartphone yang asalnya hanya dapat mengukur beberapa kemampuan smartphone saja, sekarang sudah mampu mengukur dan mensimulasikan pemakaian dalam kegiatan sehari-hari.

Tentunya, tidak semua aplikasi benchmark itu dibuat secara objektif dan seimbang. Beberapa diantaranya dibuat dengan informasi palsu yang memiliki tujuan untuk menaikkan pamor produk tertentu.

Dari penjelasan di ataslah muncul gagasan penulis untuk me-review beberapa aplikasi benchmarking yang berdasarkan testimoni-testimoni para penggunanya sudah terbukti ‘fair’ atau memberikan nilai yang adil untuk semua model smartphone.

 

Berikut ini adalah 5 aplikasi benchmarking terpopuler dan terpercaya yang sudah digunakan oleh puluhan ribu hingga jutaan orang di dunia.

AnTuTu Benchmark 5

Hampir di setiap grup atau komunitas perangkat Android yang penulis ikuti, Aplikasi AnTuTu Benchmark adalah sebuah aplikasi yang paling sering penulis lihat ketika seseorang ingin membandingkan smartphonenya dengan smartphone lain.

Pengguna dari aplikasi ini mencapai puluhan juta di seluruh dunia, dengan respon ★5 di atas 600 ribu dan skor ★ rata-rata 4.6, yang menurut penulis merupakan skor yang fantastis untuk sebuah aplikasi.

Hal ini mungkin diakibatkan karena AnTuTu adalah aplikasi benchmarking yang memiliki fungsi secara general dimana aplikasi ini mengukur kemampuan sebuah perangkat Android secara keseluruhan mulai dari tingkat responsif UI, CPU, GPU, RAM/Memory dan performa kapasitas penyimpanan.

Penilaian yang dilakukan aplikasi ini beragam. Mulai dari skor belasan ribu untuk perangkat Android low-end sampai skor 50 ribu ke atas untuk perangkat Android high-end atau yang lebih kita kenal dengan flagship.

Terlepas dari mereka yang menganggap bahwa melakukan benchmark dengan aplikasi seperti AnTuTu itu tidak penting, AnTuTu Benchmark adalah pilihan terbaik Anda ketika ingin mengukur kemampuan perangkat Android anda secara keseluruhan dengan hanya 1 klik saja.

Untuk mengunduhnya klik link berikut ini.

User Rating

5.0
2 Ratings
5
2
2
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

4.0
Good

Summary

Aplikasi-aplikasi terbaik untuk menguji smartphone Anda.

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel