Trik Keren Kamera Smartphone yang Mungkin Belum Anda Ketahui

7 Feb 2014 14:00 14246 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan kamera smartphone. Kadang yang tidak terfikirkan kita ternyata bisa dilakukan di smartphone dengan bantuan aplikasi. Ini mungkin yang membuat begitu banyak aplikasi kamera yang bisa Anda dapatkan di app strore smartphone.

Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan kamera smartphone. Kadang yang tidak terfikirkan kita ternyata bisa dilakukan di smartphone dengan bantuan aplikasi. Ini mungkin yang membuat begitu banyak aplikasi kamera yang bisa Anda dapatkan di app strore smartphone. Bukan hanya itu saja, aplikasi dengan memanfaatkan kamera (bukan untuk foto) juga banyak seperti pindai mata, memeriksa barcode, menjadi scanner darurat hingga memanfaatkan flashnya menjadi senter. Tetapi kali ini kita akan berbicara mengenai fungsinya di bidang foto-memoto. Sebagian dari trik kamera smartphone ini mungkin sudah Anda ketahui. Kalau belum, mari kita lihat bersama-sama.

Scaner Film

Sebelum jaman foto digital, untuk memoto dibutuhkan klise/negative film. Fungsi film ini untuk merekam gambar yang ada foto dan nantinya bisa di cetak menjadi foto yang bisa diterjemahkan oleh mata kita. Klise foto ini benar-benar bisa bertahan lama dan kualitas warna dan gambarnya juga terjaga asal tidak rusak secara fisik.

Jangan kaget, klise film yang masih bagus bisa Anda ubah menjadi bentuk digital dengan kamera smartphone Anda. Aplikasi yang Anda butuhkan untuk mengubahnya adalah Helmut Film Scanner. Anda tinggal meletakkan klise di atas permukaan yang bercahaya (Anda bisa menggunakan cahaya dari komputer Anda untuk menjadi sumer cahaya kemudian foto klise tersebut.

Aplikasi ini juga memiliki fitur dasar editing foto seperti crop, brightness, contrast dan juga mempermudah Anda untuk unggah dan share ke Flicker, Dropbox, EyeEm atau Facebook. Untuk scanning yang lebih serius bagi pengguna iOS Anda bisa menggunakan Lomoscanner.

Helmut Film Scanner Android

Lomo Scanner iOS

Identifikasi Warna

Jika Anda sedang mencara cara untuk mengeidentifikasi warna pada foto, Anda bisa menggunakan kamera ponsel iPhone atau Android. Dulux memiliki aplikasi yang bisa digunakan di Android dan iOS yang memungkinkan Anda untuk mengambil foto dengan telepon dan mengeidentifikasi warna dalam menggunakan colour picker. Apa hebatnya aplikasi ini? Kamera foto Anda sebenarnya mendistorsi warna. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui warna yang digunakan di poster atau disain yang sudah tersedia. Unduh di sini untuk Android dan di sini untuk iOS

Alat Pencari Visual

Orang-orang sepertinya takjub melihat kemampuan Google Glass mencari sesuatu dengan gambar saja dan dia memukul telak ponsel Android. Sebenarnya fitur seperti ini sudah lama ada namun pada aplikasi. Aplikasi Google mengubah ponsel Anda menjadi mesin pencari dengan menggunakan kamera. Caranya mudah, foto apapun yang Anda inginkan dan bila foto tersebut ada di database Google maka dia akan memberi Anda informasi mengenai foto tersebut. Untuk Pengguna iOS cukup unduh aplikasi Google Search. Ketika Anda tap bar pencarian maka dia akan memberi pilihan pencarian, menggunakan foto atau gambar.

Kamera kreatif

DbICam merupakan sebuah aplikasi gratis yang memiliki fungsi agak berbeda dengan aplikasi yang ada didaftar ini. Dia memfungsikan kamera iPhone dengan cara yang unik. DbICam memungkinkan Anda untuk mengambil dua foto secara berurutan, satu menggunakan kamera depan dan satu lagi menggunakan kamera belakang. Dengan begini Anda bisa membuat foto diptych. Untuk Android, Anda bisa menggunakan aplikasi Dual/Double Shot Camera 2sidez.

Identifikasi Font

Ini mungkin Anda sering melihat sebuah font dan merasa “apa nama font ini?”. Wajar karena memang font sangat banyak sekali. Ini cukup penting apalagi untuk orang-orang yang bergelut di dunia disain. Mungkin Anda pernah dengar WhatTheFont berbasis web. Dengan sebuah gambar dia bisa mengidentifikasi nama font tersebut. Aplikasi ini ada di iOS dan belum tersedia di Android. Caranya sangat mudah, ambil gambar dan masukkan ke WhatTheFont. Aplikasi ini akan mencarika nama font yang mirip dengan gambar yang Anda berikan.

Karena tidak ada dalam versi Android, Anda bisa memanfaatkan versi websitenya. Penggunaannya sama saja, Anda tinggal unggah foto salah satu font kemudian klik cari. Website akan memberikan beberapa jenis font yang mirip dengan yang Anda cari. Jangan unggah gambar dengan kompleksitas yang tinggi karena sistem tidak akan bisa mendeteksinya. Usahakan gambar hanya berisi satu objek font saja.

Kesimpulan

Itulah trik kamera smartphone yang dapat Anda coba sekarang juga. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel