Voigtlander Color Skopar 20mm - Ketajaman Lensa Khas Eropa dan Desain Unik ala Jepang

13 Feb 2014 09:00 3869 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ketika Anda memiliki budget lebih untuk membeli kebutuhan lensa DSLR, pastikan juga Anda mencoba Voigtlander Color Skopar 20mm f/3.5 SL-II. Sebuah lensa unik dengan kualitas yang benar-benar luar biasa dan bahkan sanggup mengungguli lensa produk first party secara relatif.

Ketika Anda memiliki budget lebih untuk membeli kebutuhan lensa DSLR, pastikan juga Anda mencoba Viogtlander Color Skopar 20mm f/3.5 SL-II. Sebuah lensa unik dengan kualitas yang benar-benar luar biasa dan bahkan sanggup mengungguli lensa produk first party secara relatif. Paseban kali ini akan membawa Anda pada ulasan tentang Voigtlander Color Skopar 20mm f/3.5 SL-II secara lengkap. Bagi Anda yang sudah menggeluti dunia fotografi sejak masa kamera analog mungkin tahu dengan produk Viogtlander. Brand ini dahulu dikenal sebagai produsen perangkat fotografi yang berasal dari Vienna dan selanjutnya diakuisisi oleh perusahaan fotografi asal Jerman Carl Zeiss. Voigtlander banyak memproduksi berbagai peralatan fotografi mulai dari kamera dan lensa. Lensa-lensa yang diproduksi Voigtlander tergolong lensa mahal dan berkualitas tinggi. Semenjak teknologi kamera digital booming, banyak produsen lensa manual yang gulung tikar dan menghentikan produksi peralatan fotografinya. Namun Voigtlander yang kemudian dibeli oleh Cosina hingga saat ini masih tetap konsisten memproduksi lensa manual bersama beberapa perusahaan.

Salah satu produk andalannya adalah Voigtlander Color Skopar 20mm f/3.5 SL-II. Ini merupakan salah satu lensa manual untuk kamera DSLR dan SLR yang masih diproduksi dan dipasarkan sejak pertama kali rilis pada 2009. Cosina Voigtlander berusaha memadukan kualitas optik tinggi dengan khas Eropa dengan desain lensa minimalis ala Jepang dalam Color Skopar 20mm f/3.5 SL-II. Memang bukan pilihan bagus bagi pemula, namun lensa ini sangat cocok bagi Anda yang “menggilai” lensa manual.

Desain

Jangan menyebut ini sebagai lensa unik jika desainnya biasa-biasa saja atau sering disebut sangat khas desain lensa Jepang. Voigtlander Color Skopar 20mm mungkin lebih terlihat seperti mainan Yoyo dibandingkan lensa. Bentuknya sangat kecil dan bahkan lebih kecil dibandingkan lensa DSLR manapun. Tahukah Anda bahkan Voigtlander merancang lensa tersebut dengan ukuran hanya 2.87 x 6.30 cm dan berat totalnya hanya mencapai 7.23 oz (205 g). Meski kecil, perancangannya menggunakan 6 group serta 9 element optik didalamnya ditambah 9 blade diafragma yang siap untuk diatur pada berbagai bukaan. Seperti halnya lensa manual lain, Voigtlander Color Skopar 20mm f/3.5 SL-II memiliki banyak keterangan angka mulai dari posisi ratio fokus, scale distance serta angka-angka penunjuk pengaturan diafragma. Jadi Anda tetap harus mengatur fokus dengan ring-ring yang ada pada body lensa. Keterangan nama dan spesifikasi lensa tertera pada bagian depan mengelilingi optik depan lensa. Untuk memasang aksesoris lain, Anda bisa menggunakan filter berukuran 52 mm dan cukup standar. Voigtlander Color Skopar 20mm hanya tersedia dalam satu warna yakni hitam.

Fitur

Jangan bertanya mengenai fitur AutoFocus dan kecepatan fokus lensa ini. Anda harus menggunakan fokus secara manual sehingga ketepatan dan kecepatan fokus adalah sepenuhnya ditangan Anda. Meski demikian lensa ini tetap kompatibel untuk memberikan informasi metering pada DSLR sebagai kemudahan dapat menentukan pengaturan exposure. Sayangnya disini memang Anda harus menggunakan mode shoot Manual karena lensa manual tidak cocok dengan mode yang mengandalkan perintah secara Auto. Bedanya dengan lensa manual lawas, Voigtlander Color Skopar 20mm bisa diatur bukaannya dari dial pada body kamera. Selain itu fitur focus confirm yang biasanya ditampilkan dalam bentuk titik hijau juga dapat Anda lihat untuk ketepatan yang lebih baik. Voigtlander Color Skopar 20mm f/3.5 SL-II sebagai lensa prime memiliki bukaan konstan maksimal mencapai f/3.5. Tampaknya memang lebih cocok disebut wide angle prime yang fungsinya serba guna. Sering dijumpai bahwa lensa ini banyak digunakan untuk fotografi landscape dan arsitektur.

Performa

Performa ketajaman dapat sangat maksimal jika Anda mampu mengatur ring fokus secara tepat. Warna yang sangat natural dan Anda bisa melakukan fokus jauh yang sangat memuaskan. Dengan elemen optik berkualitas tinggi, memungkinkan lensa menjadi minim dengan flare yang mengganggu. Mungkin yang menjadi masalah disini adalah adanya distorsi yang agak sedikit terlihat jika diperhatikan secara seksama. Namun ini bukan berarti buruk karena lensa wide umumnya memiliki distorsi yang khas.

Kesimpulan dan Harga

Voigtlander Color Skopar 20mm f/3.5 SL-II saat ini diproduksi untuk DSLR Nikon dan Canon, sesuai dengan mount. Namun sepertinya memang lebih maksimal jika dipasang pada kamera Full Frame meskipun dapat juga dipasangkan pada kamera APS-C. Voigtlander Color Skopar 20mm cocok digunakan untuk fotografi landscape, arsitektur, interior, maupun portrait. Mungkin umumnya pembelinya adalah orang-orang yang sangat menyukai lensa manual. Lensa ini relatif sangat mahal, mengingat pada umumnya lensa manual dijual dengan harga ratusan ribu, Voigtlander Color Skopar 20mm justru dibanderol dengan harga mencapai Rp 6.3 jutaan. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel