Panasonic HC-V720 - Handycam dengan Daya Rekam HD dan Wi-Fi Remote Control

10 Feb 2014 22:00 4831 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Handycam Panasonic HC-V720 adalah camcorder di kelas midrange dengan dukungan lensa 26x zion, 5.1-channel internal microphone, Wi-Fi, dan video capture 1080p60.

Handycam Panasonic HC-V720 adalah camcorder di kelas midrange dengan dukungan lensa 26x zion, 5.1-channel internal microphone, Wi-Fi, dan video capture 1080p60. Rentang zoom yang diperagakan oleh handycam Panasonic ini tidak mengesankan seperti beberapa camcorder Panasonic di kelas yang sama, tetapi tambahan fitur antusias seperti aksesori dan dukungan untuk mikrofon eksternal mungkin bisa menutupi kekurangannya ini. Handycam Panasonic HC-V720 menangkap rekaman yang lebih baik dibandingkan camcorder lain di kelas yang sama. 

Desain dan Fitur

Handycam Panasonic HC-V720 memiliki dimensi yang besar dibandingkan camcorder lain di kelasnya. Memiliki dimensi sebesar 2,7x2,4x4,9 inci dan berat yang mencapai 277 gram. Tali tangan standar terletak di sisi kanan kamera, bersandingan dengan port input daya (dapat ditutupi oleh flap geser jika tidak digunakan). Tombol record adalah di bagian belakang, di sebelah kanan baterai, dan di bagian atas Anda akan menemukan kontrol yang terdiri dari mode switch, tombol foto, zoom rocker, dan tombol yang disediakan untuk Anda beralih dari modus iAuto dan stabilisasi gambar.

Ada beberapa port di sisi kiri camcorder, di bagian dalam panel yang ditutupi oleh LCD ketika ditutup. Ini terdiri dari Mini HDMI dan port mini USB, input mic, dan sebuah output A/V. Di sana ada tombol untuk memulai mode Wi-Fi dan untuk menyalakan dan mematikan handycam Panasonic ini. Ada juga sebuah saklar untuk mengeluarkan asesoris (terletak di belakang, di atas baterai), untuk menghemat ruang ketika itu tidak digunakan. Tidak ada built in memori, tetapi ada slot kartu SD. Sebuah kartu 16GB dapat menampung video berdurasi 83 menit dari kualitas rekaman 1080p60 dan baterai dapat bertahan selama sekitar 75 menit dengan daya yang penuh.

Lensa di desain dengan zoom 26x yang melingkupi sebuah 28-728mm (setara 35mm) yang memiliki field of view pada apertur variabel f/1.8-3.5. Sebuah zoom digital memperluas hingga jangkauan 50x (1.400 mm) dengan hanya sedikit drop-off dalam kualitas video. Stabilisasi optik melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menjaga rekaman stabil, bahkan ketika Anda melakukan zoom in. V720 cepat untuk fokus, bahkan pada zoom maksimum sekalipun.

V720 tidak memiliki kontrol fisik manual, tetapi Anda dapat memiliki pilihan untuk menonaktifkan operasi otomatis dan mengambil kendali eksposur dan fokus dengan pengaturan Anda sendiri. Anda harus melakukannya dengan menggunakan menu yang ditampilkan dengan teknologi sentuh. Menyesuaikan white balance, kecepatan shutter, dan iris menggunakan menu dalam tampilan sentuh dapat dilakukan dengan cepat, tetapi penggunaan kontrol manual akan cepat membuat Anda letih.

LCD panel yang dibawa oleh unit ini hanya sebesar 3 inci yang membawa teknologi kaca sentuh. Layar LCD ini memiliki resolusi 461 ribu warna yang sangat memadai untuk memantau dan menyempurnakan rekaman selama dan setelah penangkapan.

Unit ini juga dibekali dengan kanal Wi-Fi built in, dan ada sejumlah fungsi yang tersedia. Camcorder ini bekerja dengan aplikasi gratis Panasonic Image App untuk iOS atau Android. Anda dapat menggunakan ponsel Anda atau tablet Anda untuk melakukan kontrol jarak jauh, atau untuk melihat rekaman yang direkam. Anda juga akan dapat melihat rekaman yang disimpan pada camcorder, dan pilih highlights untuk menarik dan berbagi video ke jaringan sosial. Fitur Wi-Fi lain yang ditanamkan pada unit ini meliputi UStream, pemantauan rumah melalui Web, dan pemutaran nirkabel ke HDTV yang kompatibel.

Kualitas Video

V720 ini menggunakan sensor gambar yang besar untuk camcordernya. V720 memiliki chip 1/2.3-inch, ukuran yang sama yang ditemukan di kamera point-and-shoot. Kualitas video terasa lebih baik, karena luas permukaan video tersebut direkam lebih besar. Lensa zoom tidak memiliki banyak jangkauan, tapi rekaman yang dihasilkan memiliki lebih banyak detail. Rentang dinamis yang ditampilkan perangkat ini sangat mengesankan, V720 ini mampu menangkap rincian bahkan pada langit senja sekalipun.

Untuk penggunaannya sebagai kamera digital, unit ini tidak terlalu bisa diAndalkan, pasalnya foto yang dihasilkan tidak memiliki detail yang Anda harapkan dari sebuah kamera kompak. Lensa camcorder ini dioptimalkan untuk menangkap video 1080p.

Harga dan Kesimpulan

Panasonic HC-V720 adalah camcorder yang mengesankan, terutama jika Anda mempertimbangkan harga. Fitur yang dibawanya memang bukan fitur di tingkat pro, tapi kualitas video yang ditampilkan berada di atas rata-rata perangkat yang sama di kelasnya, dan ada built-in Wi-Fi untuk remote control dan live streaming. Untuk kisaran harga,  perangkat ini sendiri bisa Anda dapatkan dengan rentang harga sebesar Rp 6,7 jutaan. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel