Canon EF 70-300mm f/4-5.6L - Lensa Kamera Terbaik dengan Kualitas Menjanjikan

29 Nov 2013 11:45 20882 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi Anda pengguna DSLR Canon, lensa putih hitam agaknya menjadi lensa-lensa idola. Selain dikenal sebagai lensa berkualitas, juga harganya cukup mahal. Salah satu Tele terbaik yang dimiliki Canon adalah Canon EF 70-300mm f/4-5.6L IS USM. Meski lebih banyak orang yang lebih memilih Canon EF 70-200mm f/2.8.

Bagi Anda pengguna DSLR Canon, lensa putih hitam agaknya menjadi lensa-lensa idola. Selain dikenal sebagai lensa berkualitas, juga harganya cukup mahal. Salah satu Tele terbaik yang dimiliki Canon adalah Canon EF 70-300mm f/4-5.6L IS USM. Meski lebih banyak orang yang lebih memilih Canon EF 70-200mm f/2.8. Lupakan dahulu mengenai keterbatasa bukaan Canon EF 70-300 f/4-5.6L jika dibandingkan dengan EF 70-200mm f/2.8. Lensa kamera terbaik ini juga dianggap cepat dan berkualitas bagus, setidaknya jika dibandingkan dengan lensa berspesifikasi sama dari produk third party.

Canon EF 70-300mm f/4-5.6L IS USM secara resmi masuk dalam kategori lensa Telephoto zoom. Tentu lensa kamera terbaik ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai fotografi outdoor, baik itu wildlife, candid, dan lain-lain. Jangkauan dari 70mm sampai 300mm dianggap sangat fleksibel untuk pemotretan jarak jauh. Atau setidaknya cukup mampu untuk kebutuhan fotografi olahraga. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

Desain

Canon EF 70-300 f/4-5.6L secara eksklusif dihadirkan dengan warna putih hitam selayaknya lensa-lensa Tele Canon lain. Meski demikian, ukuran standar lensa ini dianggap tidak terlalu panjang. Total dimensinya mencapai 3.5 x 5.6 in, 2.31 lbs. atau sekitar 89 x 143mm, dengan berat total hingga 1050g. Lensa ini terlihat kurang menarik jika tidak memakai aksesoris lens hood, karena terlihat seperti “buntung”.

Pada bagian ujung atau body belakang optik terlihat cincin merah yang menandakan bahwa lensa ini masuk dalam kategori L series, sebagai lensa paling berkualitas milik Canon. Dua karet berwarna hitam melingkar, yang satu ada dibagian tengah body lensa dan yang satu berada dibelakang cincin merah. Uniknya, tulisan spesifikasi berada pada sekitar cincin merah, bukan dibagian belakang body seperti produk lensa lainnya. Panjang fokal berurutan tertulis dari angka 70, 100, 135, 200 dan 300mm.

Fitur desain lain adalah scale distance dibagian belakang body lensa untuk kemudahan monitoring pengguna dalam menentukan fokus. Sedangkan dibagian samping Anda akan menemukan tuas AutoFocus dan Manual Focus, serta tuas Stabilizer. Canon hanya menyediakan satu fitur Image Stabilizer dalam lensa ini, karena untuk dua fitur ini memungkinkan lensa akan tersedia sangat mahal. Untuk melengkapi optik depan lensa ini, Anda membutuhkan filter berukuran 67mm.

Fitur

Sebagai lensa Tele berkualitas, tentu fitur AutoFocus dihadirkan dengan cukup baik dan cepat mampu mengunci dengan baik. Tidak pula dengan dukungan fitur Ultrasonic yang membuat motor AF tetap hening, dan dianggap tidak menganggu pengguna. Dibalut dengan 19 elemen dan 14 grup, ditambah dengan tambahan  2 elemen kaca Ultra Low Dispersion ( UD ) yang nantinya mampu memberi kualitas gambar lebih baik serta dapat mengurangi chromatic aberration. Elemen UD ini pula yang mampu menggabungkan mekanisme fokus ketajaman tetap terjaga, baik dipakai dengan panjang fokal terpendek maupun terpanjang dari lensa ini. Setidaknya tidak ada degradasi yang terlalu mencolok, meskipun tetap ada perbedaan kualitas sedikit menurun pada penggunaan panjang fokal 70mm dengan penggunaan 300mm. Sistem IS meskipun hanya satu, namun dianggap mampu menahan kestabilan gambar saat kamera mengalami sedikit goncangan.

Dengan ukuran yang bisa memanjang saat dilakukan zooming, maka Canon menyertakan tambahan Tripod Collar untuk pemasangan pada Tripod. Anda juga tidak perlu khawatir akan kesolidan body lensa, karena Canon EF 70-300 f/4-5.6L sudah didukung dengan Fluorine coating yang mampu mejaga lensa tetap kuat dari benturan dan noda. Dijamin Anda bisa membersihkan lensa dari kotoran maupun bekas jari dengan mudah tanpa membekas, meskipun lensa ini berwarna putih.

Performa

Ketajaman menjadi jaminan utama, terutama pada penggunaan panjang fokal 70mm sampai 135mm. Bahkan Anda masih bisa mendapatkan gambar dengan ketajaman yang menurun tidak terlalu parah meski dilakukan Croping hingga 100%. Dengan warna yang natural, lensa ini juga mampu memberikan pencitraan yang soft khas Canon. Mengenai distorsi, kemungkinan hanya ada Distorsi Barrel pada panjang fokal maksimal yang sebenarnya juga hampir tidak terlihat.

Penggunaan dan Kompabilitas

Anda bisa memasang lensa  Canon EF 70-300 f/4-5.6L IS USM pada berbagai kamera DSLR Canon, baik APS-C maupun Full Frame. Lensa ini cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan fotografi dengan objek jarak jauh, baik itu sports, wildlife, candid, portrait dan lain-lain. Penggunaan tripod untuk hasil maksimal sangat dibutuhkan.

Harga dan Kesimpulan

Canon EF 70-300 f/4-5.6L IS USM saat ini dibanderol dengan harga mencapai Rp 14 jutaan untuk pasaran Indonesia. Tapi dengan harga semahal itu, kualitasnya sangat menjanjikan, apalagi sekelas Canon. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel