Tiga Alasan Utama yang Membuat Kamera Baru Nikon 1 AW1 Cocok Bagi para Traveler

19 Nov 2013 07:00 5910 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Nama Nikon memang sudah sejak lama terkenal tangguh dalam dunia fotografi. Berbagai keunggulan dimiliki oleh setiap produk dari perusahaan asal Jepang tersebut, untuk bersaing dengan kompetitornya di pasaran perangkat perekam foto dan video. Nah, termasuk juga salah satunya kamera baru Nikon bertajuk Nikon 1 AW1 yang baru saja diluncurkan.

Nama Nikon memang sudah sejak lama terkenal tangguh dalam dunia fotografi. Hingga saat ini, banyak kamera canggih dengan spesifikasi istimewa yang telah diihadirkannya. Berbagai keunggulan dimiliki oleh setiap produk dari perusahaan asal Jepang tersebut, untuk bersaing dengan kompetitornya di pasaran perangkat perekam foto dan video. Nah, termasuk juga salah satunya kamera baru Nikon bertajuk Nikon 1 AW1 yang baru saja diluncurkan.

Di Indonesia, kamera yang masih masuk dalam keluarga Nikon 1 ini sudah diperkenalkan di Waterboom Pantai Indah Kapuk, Jakarta, pada tanggal 2 November 2013 kemarin. Ternyata, ada banyak keunggulan yang dibawa kamera baru Nikon 1 AW1 ini. Salah satunya, kamera mirrorless ini memiliki kemampuan yang memungkinkan penggunanya untuk menukar-nukar lensa, atau disebut juga dengan kamera interchangeable, dengan berbagai lensa dari Nikon.

Kemudian, Nikon juga membekali kamera anyarnya ini dengan sejumlah fitur yang membuatnya sangat cocok digunakan para traveler. Di antaranya, built-in WiFi dan GPS untuk membantu proses geo-tagging, penggunaan bahan non-slip dari karet pada grip untuk memberikan kenyamanan saat memegang kamera, serta tombol navigasi yang cukup besar di bagian atas. Selain itu, masih ada lagi tiga alasan utama lainnya, yaitu sebagai berikut:

  • Tahan Air

Keunggulan utama dari kamera terbaru dari Nikon ini, sehingga cocok bagi para traveler, adalah kemampuannya yang tahan air. Kamera ini bisa dibawa menyelam hingga kedalaman 15 meter. Meskipun kemampuannya tersebut sama dengan milik Nikon COOLPIX AW110 yang bisa dioperasikan hingga 18 meter di bawah air dan Nikon COOLPIX S31 yang memiliki ketahanan hingga 5 meter di bawah air, tapi kamera Nikon 1 AW1 ini tetaplah menarik.

Pasalnya, kamera Nikon 1 AW1 ini merupakan kamera DSLM (Digital Single-Lens Mirrorless) dengan sistem interchangeable-lens (bertukar lensa) pertama di dunia yang tahan air. Makanya tidak heran jika peluncuran kamera ini di Indonesia dilaksanakan di lokasi Waterboom Pantai Indah Kapuk, Jakarta, dan salah seorang fotografer bawah air kenamaan, Hartono Hosea, mendapatkan kesempatan langsung untuk mengetes kemampuannya.

Untuk mendukung fitur waterproof tersebut, Nikon melengkapi kameranya ini dengan tiga opsi modus kreatif bawah air, yakni modus standart, scuba dan close-up. Fungsinya sendiri, modus standart untuk pengambilan gambar di sekitar pantai atau perairan dangkal, dan modus scuba untuk di area laut yang lebih dalam. Sedangkan, modus close-up digunakan untuk pengambilan gambar dengan model close-up saat berada di dalam air.

Kemudian, kamera yang bisa bertahan di dalam air hingga dua jam ini juga memiliki modus khusus untuk mengatur white balance, kontrol distorsi secara otomatis, dan kontrol lampu kilat bawaan, saat dibawa menyelam. Dengan dukungan pengaturan white balance di dalam air tersebut, hasilnya kamera ini mampu mengambil gambar yang lebih alami, serta tidak hanya didominasi oleh warna hijau dan biru saja, seperti pada kebanyakan foto bawah air.

  • Tahan Benturan

Sama juga seperti Nikon COOLPIX AW110 yang kuat saat jatuh dari ketinggian 2 meter dan Nikon COOLPIX S31 dengan ketahanan jatuh dari 1,2 meter, maka Nikon 1 AW1 juga memiliki kemampuan tahan benturan tersebut. Kamera ini masih bisa bekerja normal meski pernah jatuh dari ketinggian hingga 2 meter. Karena itu pula, kamera ini juga menjadi kamera DSLM dengan interchangeable-lens pertama di dunia yang tahan benturan.

  • Performa Tangguh

Tidak hanya itu, untuk melengkapi kemampuan tahan air dan benturan tersebut, kamera Nikon 1 AW1 ini juga dibekali dengan performa yang tangguh. Dengan sokongan prosesor gambar EXPEED 3A yang dipadukan dengan sensor CMOS 14,25 megapiksel, kamera ini mampu mengambil gambar dengan proses pengolahan yang lebih cepat, yakni dengan kecepatan 60fps pada resolusi penuh, dan 15fps dengan pengambilan secara berturut-turut.

Kemudian, kombinasi spesifikasi prosesor dan sensor kelas atas tersebut juga menghasilkan kemampuan merekam video dalam resolusi Full HD tanpa masalah pada kamera Nikon 1 AW1. Bahkan, kamera ini juga bisa mengunci fokus pada subyek bergerak dengan lebih cepat dan akurat. Ini bisa terjadi berkat teknologi AF Hybrid yang dimiliki kamera ini, yang mampu bekerja dengan menggabungkan pengunci fokus Phase Detection dan Contrast Detection.

Fitur ini tentunya sangat penting untuk mendongkrak kinerja fokus kamera, mengingat kebanyakan momen di dalam air sangatlah langka dan sulit terulang dengan kondisi yang minim cahaya di bawah air. Dengan keunggulan performanya itu pula kamera ini semakin pantas untuk dilirik oleh kalangan profesional dan pehobi fotografi yang suka melakukan traveling. Hartono sendiri sudah merasakan kemampuan kamera Nikon 1 AW1.

Uniknya lagi, ternyata kamera Nikon 1 AW1 merupakan made in Indonesia loh! Marketing Manager PT Nikon Indonesia, Sukimin Thio, mengakui bahwa kamera ini dibuat oleh anak-anak bangsa. Menurut Sukimin, Nikon bekerja sama dengan pihak ketiga dalam membuat kamera ini, meskipun ia tidak merincinya secara detail. Dan lebih hebatnya lagi, Nikon menyebut produk ini sebagai kamera mirrorless paling canggih yang pernah ditelurkannya.

Nah, jika Anda tertarik untuk meminangnya, kamera baru Nikon 1 AW1 ini sudah bisa didapatkan di berbagai toko kamera di seluruh Nusantara, seharga Rp 10,6 juta dengan lensa kit. Sebagai pelengkapnya, juga tersedia sejumlah lensa dan aksesori tahan air, seperti lensa 1 NIKKOR AW 10mm f/2.8 dan lensa 1 NIKKOR AW 11-27.5mm f/3.5-5.6 yang juga tahan guncangan, serta filter lensa AW 40.5 NC dan lampu kilat bawah air Speedlight SB-N10. [MAR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel