Ricoh GXR A16 24-85mm - Kamera Ricoh Terbaik dengan Kualitas Bersaing dengan Merk Ternama

29 Nov 2013 22:00 3167 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Produk kamera Ricoh akhir-akhir ini memang masih kurang begitu populer dibandingkan beberapa brand terkenal seperti Nikon, Canon, FujiFilm, Sony, Samsung maupun BenQ. Namun bukan berarti produk mereka cukup buruk untuk dimiliki. Terbukti seri Ricoh GXR A16 24-95mm cukup mumpuni dan memiliki banyak fitur unggulan didalamnya.

Kamera Ricoh GXR A16 24-85mm merupakan sebuah kamera yang diperkenalkan sebagai Four Thirds Mirrorless yang memiliki resolusi sensor hingga 16.2 Megapiksel. Kamera sama seperti layaknya Mirrorless lain, yakni memiliki lensa meskipun bentuknya serupa dengan poket. Fitur utamanya adalah kemampuan 4X Digital Zoom dan 3.5X Optical Zoom.

Ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang masih malas menggunakan DSLR karena bobot dan bentuknya yang lebih besar. Kualitas Ricoh GXR dijamin tidak kalah dengan berbagai seri DSLR Entry Level, karena dar segi harga memang setara. Seperti apa kelengkapan desain, fitur dan performa dari Ricoh GXR A16 24-85mm ini? simak review Kamera Ricoh GXR A16 24-85mm selengkapnya di bawah ini:

  • Desain

Sebuah desain dari kamera Mirrorless yang sangat mengagumkan dan lain dari pada yang lain. Kesan kokoh dan tidak murahan hadir dalam Ricoh GXR ini. Dengan warna hitam doff desain bagian belakang kamera dibalut dengan bahan magnesium alloy, bukan lagi plastik. Bahkan yang lebih unik lagi, terdapat karet grip disisi kanan untuk kenyamanan pegangan tangan. Komposisi tombol dan desain bisa dibilang tidak sederhana. Ricoh menempatkan cukup banyak tombol pengoperasian, tidak seperti desain Mirrorless pada umumnya. Pada bagian kanan atas, terdapat tombol zoom in dan zoom out, tuas Adjustment, tombol Play, OK, navigator (plus Fn1 dan Fn2), Timer/Delete, dan Display. Sedangkan diatas layar LCD terdapat 3 tombol yang jarang ada pada kamera Mirrorless pada umumnya, yakni Direct, Open Flash, dan setting LCD.

Melihat ke bagian atas Anda akan menemukan bulatan Mode Shooting dengan pilihan selayaknya DSLR sungguhan, diantaranya adalah Manual, Shutter Priority, Aperture Priority, Program, Auto, Scene dan lain-lain. Pastikan Anda bisa secara leluasa dengan adanya Mode Shooting yang lengkap tersebut. Masih kurang? Anda bisa mengatur diafragma dengan tuas khusus. Padahal fitur tersebut biasanya hanya ada pada DSLR semipro ke atas. Secara keseluruhan, Ricoh GXR A16 ini memiliki dimensi hingga 71.4 mm × 70.5 mm × 93.3 mm dan berat totalnya mencapai 350g.

  • Fitur

Hampir pasti bisa setara dengan DSLR Entry level dan juga memiliki fitur semipro. Kamera ini memiliki beberapa ragam AutoFocus, diantaranya adalah Contrast AF-based multi and spot AF, MF, Snap, dan infinity. Sedangkan untuk jarak fokus normal diperkirakan berkisar antara 25 cm. Menguji kreativitas dengan kecepatan rana, Ricoh GXR mampu menyediakan Shutter Speed dari angka maksimal 1/3200 detik dan minimal 180 detik. Anda harus heran, mengapa sebuah Mirrorless mampu memberikan Shutter Speed hingga selama itu, dan belum termasuk tambahan Bulb. Padahal umumnya DSLR hanya mampu mencapai 30 detik. Sedangkan untuk fitur sensivitas cahaya ISO, Ricoh membekali dengan angka minimum 200 dan maksimum 3200, serta tersedia opsi Auto dan Auto-Hi.

Fitur lainnya, adalah ketersediaan pilihan White Balance yang cukup lengkap mulai dari Auto, Outdoors, Fluorescent Lamp, Multi-P AUTO, Incandescent Lamp 1, Incandescent Lamp 2,  Manual Settings, , Cloudy dan Detail; white balance bracketing. Untuk penggunaan flash, Anda bisa meminimalisir efek mata merah dengan Anti Red-eye, selain opsi Flash On, Flash Synchro dan Manual. Tidak puas dengan Built in flash? Anda bisa memasang flash eksternal karena diatas kamera terdapat Hot Shoe yang siap menampung flash eksternal Anda untuk hasil lebih baik.

  • Lensa

Ricoh GXR A16 tentu menggunakan produk asli lensa Ricoh dengan panjang fokal 35 mm camera dan equivalent: 24-85 mm. Sayang, tidak tersedia diafragma konstan karena yang tersedia terbesar hanya mencapai f/3.5 – f/5.5. Lensa ini didesain menggunakan 11 elements dalam 9 groups, termasuk dengan 3 elements optik aspherical.

  • Performa

Tentu saja hasil cukup tajam untuk sebuah kamera Mirrorless, meski dari segi warna masih kalah dengan DSLR. Selain itu, kelemahan lain dari Ricoh GXR adalah ketidakmampuan menghasilkan HDR karena keterbatasan sensor. Selain itu, noise mulai terasa mengganggu mulai pada angka 800. Setidaknya Anda masih bisa menggunakan kamera ini untuk kebutuhan fotografi ringan.

  • Harga dan Kesimpulan

Saat ini Ricoh GXR A16 24-85mm dibanderol dengan harga yang cukup lumayan, mencapai Rp 8,3 jutaan untuk pasaran Indonesia. Produk kamera Ricoh akhir-akhir ini memang masih kurang begitu populer dibandingkan beberapa brand terkenal seperti Nikon, Canon, FujiFilm, Sony, Samsung maupun BenQ. Namun bukan berarti produk mereka cukup buruk untuk dimiliki. Terbukti seri Ricoh GXR A16 24-95mm cukup mumpuni dan memiliki banyak fitur unggulan didalamnya. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel