Kecanggihan Teknologi Otomotif Di Balik Gagang Setir Mobil Formula 1

1 Aug 2013 20:00 33144 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Kecanggihan teknologi pada masa kini telah merambah ke berbagai sector, termasuk ke dalam sector otomotif. Salah satu bukti dari kecanggihanotomotif saat ini dapat dilihat dengan jelas pada mobil Formula 1.

Kecanggihan teknologi pada masa kini telah merambah ke berbagai sector, termasuk ke dalam sector otomotif. Salah satu bukti dari kecanggihanotomotif saat ini dapat dilihat dengan jelas pada mobil Formula 1. Mobil yang sering disebut sebagai jet darat itu merupakan sebuah gambaran nyata bagaimana kecanggihan teknologi komputer dipadukan dengan teknik otomotif kelas dunia. Hasilnya, sebuah mobil formula 1 dapat dipacu hingga kecepatan 300 km/jam hanya dalam beberapa detik saja.

Pada kesempatan kali ini, Paseban akan mengulas salah satu sisi kecanggihan dari mobil formula 1, yaitu kecanggihan yang ada di gagang setirnya. Tidak seperti mobil biasa yang biasanya hanya dilengkapi dengan tombol klaskson, pada mobil formula 1 ini terdapat berbagai macam jenis tombol beserta berbaga macam fungsinya yang pasti akan membuat bingung orang yang baru melihatnya. Penasaran dengan kecanggihan setir tersebut? Simak ulasan Paseban berikut ini.

Bentuk serta tata letak setir mobil formula 1 berbeda-beda setiap pembalapnya. Gambar di atas merupakan tampilan gagang setir yang dipakai oleh tim McLaren Mercedes. Walaupun berbeda-beda setiap timnya, namun secara garis besar setiap setir memiliki fungsi yang sama. Mari kita telusuri apa saja fungsi tombol yang terdapat pada gagang setir tersebut.

Tombol Hijau 'N'

Mari kita mulai dengan tombol yang paling jelas. Tombol hijau besar bertuliskan N  di sebelah kiri merupakan petunjuk untuk netral. Tombol ini akan membuat mobil formula 1 kembali ke dalam posisi netral.

Tombol Hijau '+10'

Tombol hijau ‘+10' digunakan oleh pembalap ketika ia ingin melihat berbagai data dalam mobilnya, tombol tersebut bisa membuka 10 halaman sekaligus.

Switch Berwarna Merah

Di pinggir kemudi, terdapat switch merah yang bisa diputar dan bertuliskan angka di atasnya. Fungsi switch tersebut adalah untuk transmisi mobil. Tombol ini memungkinkan pembalap menyesuaikan pengaturan transmisi mobil dengan cepat, menyesuaikan cengkeraman mobil dan menyesuaikan kekuatannya.

Lipstick Merah

Terdapat sebuah switch berwarna merah yang terlihat seperti lipstik sebenarnya adalah switch radio. Alat ini digunakan oleh pembalap untuk berbicara dengan timnya di pit stop, baik untuk menerangkan kondisi mobil ataupun kondisi lintasan yang ada.

Tombol kuning bertuliskan ‘OT’

Tombol kuning bertuliskan ‘OT’ merupakan tombol yang digunakan untuk meningkatkan kinerja mesin saat akan digunakan untuk menyalip pembalap lainnya di mana OT merupakan kepanjangan dari ‘over take’.  Tombol ini biasanya dioperasikan bersamaan dengan DRS dan KERS, di mana kedua fitur tersebut akan sangat membantu pembalap untuk menyalip mobil yang ada di depannya.

Tombol putih bertuliskan 'X'

Walaupun tampak mempunyai fungsi yang canggih, tetapi sebenarnya tombol 'X' putih hanya berfungsi untuk menerima dan mengaktifkan halaman data pengemudi.

Sekarang kita menuju ke sebelah kanan atas di mana terdapat berbagai macam fungsi kontrol pada bagian ini.

Tombol Hijau '+1'

Tombol ini memungkinkan pembalap membolak-balikan halaman data dashboard satu per satu.

Tombol Kuning 'P'

Tombol ini adalah pit lane speed limiter. Dengan menekan tombol ini, maka kecepatan mobil akan merosot ke kecepatan 80km/jam untuk menghindari sanksi saat melaju di pit. Namun dalam balapan biasanya pembalap dilarang untuk mengaktifkan fitur ini.

Switch Berwarna Hijau

Switch bertuliskan nomor ini digunakan untuk mengontrol Kinetic Energy Recovery System (KERS). Tombol ini digunakan untuk menyimpan energi kinetik sebagai listrik dan dapat digunakan untuk kinerja ekstra pada mobil. Pembalap dapat menentukan berapa banyak energi yang disimpan mobil dengan tombol ini. Energi yang tersimpan kemudian dapat dilepaskan dengan tombol OT.

Tombol Merah

Tombol ini digunakan untuk mengontrol Drag Reduction System (DRS). Sistem tersebut menggerakkan sayap belakang untuk mengurangi hambatan udara dan meningkatkan kecepatan pada lintasan lurus. Fitur ini hanya dapat dipakai di lintasan lurus karena akan membuat mobil tidak stabil jika dipakai di tikungan. Oleh karena itu dalam sebuah balapan biasanya hanya ada 2 zona di mana DRS dapat digunakan.

Bergeser ke bagian bawahnya, terdapat beberapa tombol penting lain yang sangat menunjang kinerja pembalap.

Tombol Biru Bertuliskan Confirm

Tombol ini digunakan ketika suara bising mesin menghalangi pendengaran Anda saat berkomunikasi dengan kru pit. Menekan tombol itu dapat berarti bahwa pembalap telah menegaskan bahwa ia telah mendapat pesan tanpa harus menjawabnya.

Tombol Drinks

Mengendarai mobil F1 merupakan pekerjaan yang melelahkan dan tombol ini dapat melegakan dahaga para pembalap. Tombol itu dapat mengeluarkan air dalam hitungan sepermilidetik.

Tombol Ban

Tombol besar yang tampak mengesankan di bagian bawah gambar ini adalah tombol untuk mengatur fungsi ban. Pembalap menyesuaikan tombol ini untuk memberitahu komputer ban apa yang dipasang pada mobil sehingga dapat mengubah penyetelan yang sesuai.

Itulah berbagai macam fungsi futuristic yang ada pada gagang setir F1. Sebagai informasi, harag untuk satu gagang setir tersebut ditaksir sekitar 400 juta rupiah. Tertarik untuk membelinya? [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel