1

Perubahan Apple di tangan Tim Cook

5 Nov 2011 17:00 3907 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tim Cook berjanji bahwa Apple Inc tidak akan berubah ketika ia mengambil alih kemudi perusahaan dari Steve Jobs pada bulan Agustus silam. Namun tentunya ada yang berbeda sejak Apple di pegang oleh pria berusia 50 tahun ini.

Tim Cook berjanji bahwa Apple Inc tidak akan berubah ketika ia mengambil alih kemudi perusahaan dari Steve Jobs pada bulan Agustus silam. Namun tentunya ada yang berbeda sejak Apple di pegang oleh pria berusia 50 tahun ini.

Seperti yang kita ketahui, Apple telah memiliki kesuksesan yang luar biasa ketika dijalankan selama beberapa dekade terakhir. Oleh karenanya, Tim Cook hanya membuat perubahan kecil sejak ia mengambil alih jabatan sebagai CEO Apple permanen.

Dalam beberapa pekan terakhir, Tim Cook telah mengepalai hal-hal administratif yang tidak pernah membuat tertarik Jobs sebelumnya, seperti promosi dan struktur pelaporan perusahaan.

Menurut orang-orang yang akrab dengan urusan tersebut, CEO mereka yang baru, juga lebih komunikatif dengan karyawan dibanding pendahulunya, ia mengirim berbagai email ke seluruh perusahaan, dan menangani karyawan Apple sebagai "Tim".

Ini sungguh menarik untuk dicatat bahwa, sejak awal, Cook menjelaskan kepada karyawan melalui memo bahwa Apple tidak akan berubah. Dan ia jelas bersungguh-sungguh berusaha mengangkis setiap kekhawatiran bahwa Apple akan jatuh tanpa Jobs. Dan itu tentunya hal yang baik, karena jika ia menghabiskan seluruh waktunya bertanya "Apa yang akan Steve lakukan?" maka 100% ia akan menghancurkan Apple. Bahkan Jobs tidak ingin Cook melakukan hal itu.

Selain itu, Cook nampaknya memiliki beberapa pendapat yang berbeda dari Steve Jobs pada hal-hal yang bersifat operasional, dan ia telah mencurahkan perhatian lebih pada struktur perusahaan perusahaan. Diantaranya, ia mempertimbangkan untuk menggunakan dana Apple sebesar lebih dari $ 80 miliar dalam bentuk tunai untuk membayar dividen atau membeli kembali saham. Kemudian ia menyetujui program non-profit. Yang sebelumnya Jobs tampak menentang pemberian uang Apple untuk amal.

Cook telah merestrukturisasi divisi pendidikan besar Apple yang menyimpang dari struktur keseluruhan organisasi perusahaan, dan memutuskannya menjadi lengan penjualan dan pemasaran serta menempatkan grup penjualan di bawah Chief Marketing yakni Phil Schiller. Dia juga mempromosikan Eddy Cue sebagai senior vice president untuk cloud service, dan memberinya kontrol atas iAds.

Satu perbedaan lain Cook dengan Jobs, Cook adalah "bukan produk visioner," rekan-rekannya dan teman-teman sering mengatakan hal tersebut. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel