1

5 Manfaat Menulis Artikel di Media Massa

27 Jul 2018 13:05 2834 Hits 0 Comments
Menulis dapat memberikan banyak manfaat loh!

Ada banyak manfaat yang kita dapat dari menulis, baik untuk diri sendiri maupun bagi orang lain yang membaca tulisan anda. Namun disini kita hanya akan membahas 5 saja dari banyak nya manfaat yang kita dapat dari menulis di media massa .

1.Berlatih Berpikir ( Olahraga Otak )

Dengan menulis,  kita akan membiasakan otak untuk terus berpikir dan berkembang.  Karena dalam menulis kita di tuntut untuk selalu mencari peluang, ide, gagasan maupun inspirasi yang terkadang dating secara tiba tiba.

Menulis  juga dapat menyalurkan energi positif yang ada pada diri kita, serta dapat mendorong individu individu berproses dewasa dalam pikiran yang positif serta dalam keimanan. Dan kita juga mampu menghayati apapun yang ada dalam ruang lingkup kehidupan setiap harinya.

2.Melatih Terampil Berbicara

Mungkin disini masih banyak yang belum mahir dalam hal berbicara terutama Bahasa inggris . Dan masih gugup ketika berbicara dengan seseorang apalagi di depan muka umum. Dari permasalahan kita tidak perlu menacri jauh jauh obatnya, cukup dengan hal yang sederhana dan gratis.Ya, menulis adalah salah satu hal yang dapat membuat anda mahir dalam berbicara. Sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan menulis mampu membantu kemahiran anak usia sekolah dasar (SD) dalam berbicara Bahasa inggris.

Dari hal yang di atas, menulis juga mengajak kita untuk berpikir apa yang akan kita sampaikan supaya diterima dengan baik dan enak di dengar.

3.Melatih Menuangkan Gagasan

Gagasan merupakan pesan dari dalam hati  atau pikiran seseorang yang hendak disampaikan kepada orang lain . Gagasan itu dapat berupa sebuah pengetahuan, pendapat, renungan, keinginan, emosi , perasaan dan banyak lagi yang lainya.

Semua orang pasti mempunyai sebuah gagasan , namun tidak semua orang bisa meluapkannya pada sebuah tulisan . Hal ini dikarenakan seseorang tersebut tidak suka menulis atau lebih mengutamakan lisan atau dalam lukisan. Akan tetapi gagasan hanya dapat terserap dengan sempurna ketika di luapkan dalam tulisan karena mampu dibaca berulang ulang dan dapat dibahas dengan bersama.

4.Karya Yang Bermanfaat

Sebuah karya ataupun dalam hal tulisan pastinya haruslah yang bermanfaat dan berguna bagi banyak orang . untuk itu kita harus menulis sesuatu yang menarik dan disukai oleh banyak orang , namun sekarang banyak penulis yang yang seakan jauh dari masalah yang sedang terjadi di lingkungannya , bahkan isinya hanya teori dari barat saja , memang itu menarik namun jika terlalu mengunggulkan dan terlalu condong ke peradaban barat itu rasanya kurang tepat.

5.Mendapatkan Honor / Penghasilan

Dengan menulis kita juga bisa mendapatkan penghasilan, walupun itu bukan tujuan utama dalam hal menulis, akan tetapi paling tidak itu akan menjadi sebuah pendukung bagi penulis.

Berbicara tentang uang memang lebih sentitif, dan bahkan banyak orang yang sudah menjadikan menulis sebagai pekerjaan sehari hari nya.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari menulis artikel di media massa akan tetapi itu hanya sedikit dari banyak nya manfaat menulis.

Tags

About The Author

Dodi wahyono 33
Ordinary

Dodi wahyono

Saya adalah seorang pelajar di SMK YPC TASIKMALAYA mengambil keahlian di bidang IT khusus nya di REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel