Samsung Akan Menjadi Produsen Chipset Apple A12 7nm Untuk iPhone Generasi Berikutnya?

20 Jul 2017 08:56 1513 Hits 1 Comments
Kesepakatan ini menjadi keuntungan lain untuk Samsung setelah kehilangan kesepakatan untuk membuat chipset flagship Snadragon 845 dari Qualcomm

Chipset Flagship untuk tahun 2018 dari Qualcomm adalah Snapdragon 845 dan kabarnya Samsung tidak bertugas untuk membuat chipset flagship tersebut. Namun, itu bukan kerugian berarti bagi Samsung, karena Samsung memiliki tugas untuk memproduksi chipset lain.
Seperti yang telah dilaporkan The Korea Herald, Samsung telah menyepakati kerasama dengan Apple untuk membuat chipset Apple A12 &nm untuk iPhone yang akan meluncur pada tahun 2018. Tentu ini menjadi "kemenangan lain" untuk Samsung yang kehilangan kesempatan untuk membuat chipset Snapdragon 845, dimana kesempatan tersebut diambih alih oleh TSMC. Bahkan TSMC juga bertugas membuat chipset Apple A11 10nm.
Lalu mengapa Qualcomm tidak lagi mengandalkan Samsung lagi untuk membuat chipset terbarunya?

Alasan mengapa Qualcomm tidak lagi mengandalkan Samsung untuk membuat chipset terbarunya dikarenakan Samsung sendiri yang belum siap untuk membuat chipset 7nm. Namun, karena iPhone generasi terbaru biasanya dirilis pada kuartal ke-3, Samsung akan memiliki waktu cukup banyak untuk mempersiapkan produksi chipset 7nm.
 Samsung juga baru saja membeli beberapa mesin UV ekstrim khusus untuk membuat chip a12 7nm milik Apple. Pengujian pun dilakukan dan akan segera selesai. Produksi akan dimulai setelah Apple memberikan persetujuan.

Meskipun Samsung mendapatkan kesepakatan dengan Apple lagi, tetap saja hilangnya kesepakatan dengan Qualcomm merupakan kerugian yang besar, mengingat dimana 40% dari penjualan Samsung Foundry tahun lalu berasal dari Qualcomm. Ada kabar lain bahwa Samsung bisa saja mendapatkan kesepakatan untuk memproduksi chipset 10nm mid-range. Selain itu, beberapa produsen smartphone juga tahun depan akan melepaskan handset dengan chipset snapdragon 835.
 Sebelum memulai produksi chipset A12 7nm, Samsung terlebih dahulu akan memproduksi chipset Exynos 8nm, kemudian disusul transisi ke chipset 7nm A12.

Tags

About The Author

Ari 35
Ordinary

Ari

Siswa SMK YPC

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel