10 Produk Terbaru Google di Ajang I/O 2016

7 Oct 2016 22:06 5688 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Google merilis teknologi apa saja yang di perkenalkan Google I/O 2016

Google selalu mengadakan sebuah event besar di setiap tahunnya, salah satunya adalah Google I/O, tahun ini event tersebut diselenggarakan di Shoreline Amphitheatre, California, Amerika Serikat pada tanggal 10-18 Mei lalu. Pada event tahunan ini, Google selalu ditunggu oleh para pecinta teknologi mengenai produk terbaru dari google yang segera dirilis. Dari ajang tahun ini, Plimbi meringkas teknologi apa saja yang di perkenalkan Google I/O 2016, Kita simak masing-masing ulasannya di bawah ini :

1. Google Home

Google Home merupakan sebuah speaker kecil yang memiliki mikrofon didalamnya. Fungsi utama dari Google Home ini adalah untuk speaker dan ia sudah terhubung dengan berbagai layanan yang dibuat oleh Google. Dari Google Home, kamu bisa memainkan musik, video dan uniknya Google Home juga dilengkapi dengan fitur Google Assistant yang mendukung perintah menggunakan suara.

2. Google Assistant

Google Assistant, merupakan layanan baru untuk membuat orang bisa berdialog atau mengobrol dengan mesin. Di balik Google Asisstant terdapat mesin kecerdasan buatan yang memroses jawaban sesuai konteks pertanyaan. Contohnya, seperti ditunjukkan oleh Sundar selaku CEO dari Google, kata-kata "what's playing tonight?" akan dijawab dengan rekomendasi film yang sedang tayang di bioskop.

3. Android N

Pada Google I/O 2016 kemarin, Google resmi meluncurkan versi Android terbarunya yaitu Android 7.0. Sayangnya, pada saat event I/O 2016, Google belum memberikan julukan pada Android terbarunya tersebut. Tapi pada senin (22/8) , akhirnya google memberikan julukan yang unik bagi Android terbarunya ini, yaitu Android Nougat.

4. Daydream

Headset virtual reality (VR) ini bisa dikatakan sebagai penerus Google Cardboard. Bedanya, Daydream cenderung lebih canggih dan memiliki remote pengendali. Namun secara garis besar, masih ada beberapa kesamaan yang belum diubah. Pengguna tetap harus menyematkan sebuah ponsel yang akan dipakai sebagai medium penglihatan serta layar pada Daydream VR.

5. Firebase Analytics

Fitur yang satu ini berguna bagi para pengembang aplikasi. Firebase Analytics merupakan platform yang bisa membantu mereka menemukan bug, mengukur kinerja aplikasi serta menghubungkan dengan akun AdWords. Pengembang aplikasi juga bisa menyimpan berbagai data di dalam layanan cloud Firebase. Fitur ini bisa dipakai di Android dan iOS.
 

6. Google Allo

Aplikasi Chatting bernama Allo ini akan memiliki fitur bertukar pesan dan akan diperkuat dengan Google Assistan, Sehingga Allo bisa lebih cerdas dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan aplikasi pesan singkat lainnya seperti Line dan BBM.

7. Google Duo

Google Duo ini dikatakan sebagai aplikasi chatting melalui format video yang mendukung end-to-end enskripsi layaknya WhatsApp. Serta tetap mulus walaupun pada koneksi lambat, aplikasi Chatting Google Duo ini rencananya akan diluncurkan pada musim panas tahun ini dan dapat di install pada perangkat Android maupun iOS.

8. Android Wear 2.0

Android OS untuk Smartwatch ini diperkenalkan juga oleh Google di Ajang I/O 2016 kemarin. Fitur terbaru yang ada di Android Wear 2.0 ini adalah membuat data dari aplikasi apapun yang akan muncul disetiap tampilan layar utama di Smartwatch, lalu hadir juga fitur pengenalan latihan otomatis yang disebut Automatic Exercie dan sebuah keyboars QWERTY. 

9. Android Instant Apps

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh Android Instant Apps ini adalah sobat Plimbi bisa mencoba terlebih dahulu aplikasi yang akan di download melalui Playstore. Sobat plimbi bisa mencoba aplikasi baru tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu dengan menggunakan fitur steaming melalui Android Instant App ini.

10. Android Auto

Android Auto, merupakan OS yang digunakan untuk mobil pintar. Google juga mengumumkan sejumlah perbaikan dan update terbaru dari OS ini. Android Auto terbaru ini memungkinkan pengemudi bisa melihat beragam notifikasi yang muncul pada aplikasi Waze, notifikasi yang muncul seperti notifikasi kecepatan kendaraaan dan peringatan kecelakaan.

About The Author

Syamsul Ma'arief 34
Ordinary

Syamsul Ma'arief

Graphic Designer - Keep Farmed and Carry Hard.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel