1

Ketidaksamaan Bidik Misi, SNMPTN, PMDK, serta SMBPTN

8 Jun 2016 22:35 1983 Hits 0 Comments
Emang ada ya ketidaksamaan dari bidik misi, SNMPTN, PMDK, maupun SMBPTN? Yups, inilah tepatnya untuk teman-teman dan ini perlu diperhatikan bagi Anda

Emang ada ya ketidaksamaan dari bidik misi, SNMPTN, PMDK, maupun SMBPTN? Yups, inilah tepatnya untuk teman-teman dan ini perlu diperhatikan bagi Anda yang telah tinggi akhir di Sekolah Menengah Atas.

Untuk teman-teman yang sudah di kelas 12 berarti itu SMA. Nah bila teman-teman ditingkat tersebut dan menginginkan untuk meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi baik swasta dan negeri tentu ada beberapa tes untuk masuknya, akan tetapi yang paling ketat proses penyeleksiannya adalah Perguruan Tinggi Negeri. 

SNMPTN, Bidik Misi, PMDK, serta SMBPTN pastinya bakal begitu familiar dengan nama-nama tersebut. Ke empat nama tersebut menjadi jalur proses penyeleksian masuk ke perguruan tinggi negeri. Sekian dari beberapa calon mahasiswa, mungkin saja masihlah bertanya-tanya apa ketidaksamaan dari jalur-jalur masuk perguruan tinggi itu?. Untuk itulah, disaat Anda membaca informasi ini, kami sudah membahas tentang ketidaksamaan bidik misi, snmptn, pmdk, smbptn dibawah ini. 

1. Bidik Misi

Bidik misi adalah bentuk pertolongan biaya yang berasal dari pemerintah untuk pendidikan yang berkelanjutan pada calon mahasiswa yang berprestasi.

Beasiswa pendidikan yang satu ini difokuskan pada mereka, siswa yang berprestasi maupun siswa yang kurang mampu, tetapi mempunyai prestasi serta menginginkan dalam meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi.

Hal semacam ini sebagai upaya untuk beasiswa yang memutus rantai kemiskinan dan hal inipun sebagai penghambat siswa untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi. Umumnya penyelenggaraan dalam beasiswa atau proses Bidik Misi, lebih dulu dibanding dengan ujian penerimaan mahasiswa baru. Diluar itu pula, Bidik Misi mempunyai prasyarat yang perlu dipenuhi oleh calon mahasiswa yaitu mahasiswa itu berkeinginan untuk merampungkan studinya di perguruan tinggi pilihan. 

2. SNMPTN

Mengenai SNMPTN atau yang diperpanjangkan singkatanya Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri, aktivitas untuk proses penyeleksian untuk mahasiswa baru yang diadakan dengan cara serempak oleh perguruan tinggi negeri di semua Indonesia. Walau hal tersebut, program SNMPTN diperuntukkan buat mereka yang mempunyai prestasi di bagian akademik sepanjang SMA sederajat. 

3. PMDK

Untuk PMDK atau yang lebih tepatnya Penelusuran Minat dan Kemampuan menjadi jalur masuk yang diadakan oleh dari masing-masing kampus maupun institute yang lebih spesifik untuk menyaring mahasiswa yang mempunyai bakat dan kemampuan dari akademik yang unggul dibanding calon mahasiswa umum.

Jalur masuk PMDK bukanlah sekedar yang bisa melihat variable nilai akademik yang dipunyai oleh calon mahasiswa, tetapi bakat yang dipunyainya. Mengenai saat penyelenggaraan PMDK bergantung pada jadwal yang telah disusun oleh kampus atau institute. Hal yang perlu di ketahui dari PMDK yaitu tidaklah semua kampus memakai sistem untuk PMDK sebagai jalur masuk ke perguruan tinggi mereka. Jadi untuk calon mahasiswa yang menginginkan masuk dengan jalur PMDK, maka sebaiknya dianjurkan untuk mencari info terlebih dulu kampus atau institute mana yang ingin dituju ataupun yang menawarkan jalur masuk PMDK. 

4. SBMPTN

Jangan lupa, baca juga yang nantinya perlu untuk Anda yaitu PENGUMUMAN SBMPTN.

Untuk SBMPTN merupakan proses penyeleksian masuk ke universitas yang diadakan oleh perguruan tinggi negeri dengan cara serempak dan telah dikoordinasi oleh berbagai Panitia seperti Panitia dari Pusat.

Mengenai SNMPTN dan SBMPTN yang membedakan hal tersebut adalah untuk kelulusan calon mahasiswa jalur SBMPTN ditetapkan oleh hasil ujian tercatat sepanjang sistem SBMPTN berjalan. Dengan kata lain, nilai-nilai yang diperoleh saat SMA sederajat bukanlah jadi referensi kelulusan. Tidak hanya info yang tersebut yang perlu di ketahui dari ketidaksamaan bidik misi, snmptn, pmdk, maupun smbptn. Akan tetapi, SNMPTN, PMDK, serta SBMPTN menjadi jalur masuknya yang benar-benar ujian tertulis. Sedangkan Bidik Misi adalah type beasiswa yang dapat diperoleh saat calon mahasiswa telah sukses dan lulus dengan persyaratan khusus seperti nilai yang baik dari sekolah. 

Tags

About The Author

Shelvi 37
Ordinary

Shelvi

Good looking, humble, & simple
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel