Izin Proyek Ditolak, Umat Muslim Inggris Telan Pil Pahit

29 Oct 2015 20:40 1856 Hits 0 Comments
Izin proyek pembangunan mega mosque di London Timur mendapatkan penolakan dari pemerintah Inggris

Umat muslim Eropa harus kembali menelan kekecewaan, khususnya bagi umat muslim di Inggris, pasalnya rencana pembangunan mega masjid yang digagas oleh Jamaah Tabligh mendapatkan penolakan dari pemerintah setempat.

Rencanaya 'mega mosque' akan dibangun dengan kapasitas 9.300 jamaah di daerah London Timur, dan kabar yang beredar masjid ini lebih besar tiga kali lipat dari Katedral St Paul. Keputusan ini mengakhiri perjuangan umat muslim di Inggris selama 16 tahun, sebelumnya pemerintah setempat mencurigai bahwa dana untuk membangun masjid ini disokong oleh kelompok fundamentalis.

Dalam sebuah pernyataan seorang juru bicara pemerintah menegaskan bahwa keputusan ini didasarkan oleh kekhawatiran yang mencakup daerah pemukiman dan kekhawatiran tentang potensi terjadinya konflik antarumar beragama.

"Menteri saat ini memberhentikan banding atas penolakan izin perancanaan untuk pembangunan sebuah masjid di wilayah London. Keputusan ini didasarkan pada kekhawatiran yang mencakup penyediaan perumahan lokal dan berpotensi menjadi konflik," ungkap salah seorang juru bicara pemerintah, dilansir dari Ibtimes.co.uk.

Sebelumnya para pendukung telah mencoba merealisasikan rencana pembangunan masjid ini. pada tahun 2012 skema yang secara resmi disebut sebagai Abbey Mills Markaz ini ditolak oleh Dewan Newham.

Kontroversi atas rencana ini membuat beberapa ketegangan antara kelompok sayap kanan dan komunitas muslim. Pertanyaan juga diberikan kepada Jamaah Tabligh, sebuah kelompok yang berasal dari benua Asia. Oposisi mengklaim rencana tersebut mempromosikan Islam âultra konservatifâ yang diduga mendukung pergerakan para kelompok fundamentalis atau yang mereka sebut sebagai jihadis.

Dewan Newham awalnya juga menolak usulan itu pada tahun 2012. Dikatakan bahwa masjid itu terlalu besar dan akan berdampak pada bangunan bersejarah penting di dekatnya (Katedral St Paul). Tidak hanya mengenai bangunan bersejarah dan tentang lalu lintas, tapi pemerintah Inggris mengklaim bahwa rencana itu berpotensi menimbulkan ketegangan antarumat beragama.

Pada saat itu dewan mengatakan dalam sebuah pernyataan:"Kebijakan mengenai pembatalan pengembangan situs Abbey Millls didasari untuk pengembangan wilayah pemukinan dan fasitilas umum, untuk membantu menciptakan sebuah pusat layanan baru di dekat stasiun West Ham dan regenerasi daerah tersebut. Penciptaan pemukiman dan pekerjaan adalah prioritas bagi Dewan Newham. Ada juga kekhwatiran tentang ukuran bangunan yang diusulkan dan dampaknya pada daerah parkir lalu lintas dan di daerah setempat."

 

Gambar: via Ibtimes

Tags

About The Author

Nana 44
Ordinary

Nana

Karena, menulis itu menyenangkan...

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel