Andrew Darwis, Rahasia Dibalik Kesuksesan Kaskus

28 Jun 2012 09:15 6639 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kaskus yang memiliki slogan The Largest Indonesian Community, terus berevolusi dari portal berita, forum komunitas dan berubah jadi forum jual-beli (FJB). Selama ini, kemajuan dan pencapaian Kaskus tidak hanya dari bertambahnya jumlah member tetapi sejauh mana Kaskus bisa bermanfaat bagi usernya, salah satunya adalah kisah sukses beberapa Kaskuser yang menjual produk mereka di FJB.

Kaskus yang memiliki slogan The Largest Indonesian Community, terus berevolusi dari portal berita, forum komunitas dan berubah jadi forum jual-beli (FJB). Selama ini, kemajuan dan pencapaian Kaskus tidak hanya dari bertambahnya jumlah member tetapi sejauh mana Kaskus bisa bermanfaat bagi usernya, salah satunya adalah kisah sukses beberapa Kaskuser yang menjual produk mereka di FJB.

Manfaat yang disediakan kepada anggota Kaskus (Kasak-Kusuk), yang sejak awal telah diniatkan sebagai forum yang membebaskan semua anggota untuk berekspresi tersebut, adalah dengan menambah pengetahuan Kaskuser dengan thread-thread berkualitas, menjadikan Kaskus sebagai tempat untuk mengeluarkan gagasan & ide, member untuk beropini/ mengeluarkan pendapat. Mengajak Kaskuser untuk terus kreatif lewat berbagai forum yang ada.

Dan, untuk misi kedepan, masih banyak hal yang bisa dikembangkan Kaskus, seperti memperkaya content di website Kaskus, memperbanyak online activity, mengembangkan featured yang ada di Kaskus, melakukan serangkaian program kegiatan offline serta community engagement. Intinya berkeinginan mengembangkan lokal konten. Kaskus sebagai wadah untuk orang melakukan transaksi jual beli sudah memberikan terms of use nya. "Kami pun selalu mengingatkan kepada siapapun yang akan melakukan transaksi online tetap harus berhati-hati,” kata Andrew Darwis, Founder KasKus.

Dan, tambah lulusan Art Institute of Seattle, Amerika Serikat (2003), jurusan multimedia dan disain portal ini, apabila masih ada member yang melanggar tentu kami memberikan sanksi, kemudian member yang merasa terganggu dengan thread juga bisa melapor ke hansip (istilah Kaskus) untuk segera ditindak, Setiap forum juga memiliki moderator yang bertugas mengatur agar forum tetap nyaman. Berikut petikan wawancara Plimbi dengan pria kelahiran, 20 Juli 1979 dan anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Antonius Darwis dan Nancy Amidjoyo.

Apa pendapat Anda tentang akses informasi yang bebas?

Informasi merupakan suatu hal yang penting dan dibutuhkan, akses menuju informasi yang seluas-luasnya juga diperlukan, hanya saja edukasi terhadap informasi yang bermanfaat itu yang harus dilakukan.

Apa himbauan terhadap generasi muda yang ingin maju di bidang TI?

Intinya sebagai anak muda harus berani mencoba dan jangan cepat putus asa, karena bidang IT di Indonesia belum sebesar berbisnis di dunia nyata.

Regulasi manakah yang membuat TI Indonesia sulit berkembang?

Regulasi atau peraturan itu sangat penting, karena tanpa peraturan sudah tentu terjadi chaos. Apalagi di dunia TI yang sedang berkembang di Indonesia, jangan sampai terhambat oleh regulasi. Dalam membuat regulasi harus mengikut sertakan semua elemen dari pemerintah dan pelaku TI tersebut.

Tantangan KasKus untuk mempertahankan posisi sebagai situs forum komunitas?

Berusaha untuk selalu bisa memfasilitasi kebutuhan user yang sangat heterogen dan tetap menjadikan forum sebagai sarana yang nyaman untuk saling bertukar pendapat.

Bagaimana pandangan Anda terhadap kesenjangan digital di Indonesia?

Ya memang, kesenjangan infrastruktur dalam segi teknologi di Indonesia masih ada, itu juga dikarenakan negara Indonesia yang berbentuk kepulauan yah jadi belum semua merasakan fasilitas internet yang sama, tetapi sekarang kan trend nya sudah bergeser ke mobile, banyak sekali orang di daerah bisa online lewat handphone, dan Kaskus pun bisa diakses lewat mobile. [*dju]

Anda juga bisa bergabung di Komunitas Kaskus Paseban di sini

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel