Aware2 - Teknologi Kamera Canggih Berkualitas Gigapiksel!

26 Jun 2012 16:00 3544 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kamera canggih Aware2 merupakan kamera multi-gigapiksel yang diciptakan oleh sekelompok peneliti Duke University di North Carolina, Amerika Serikat. Seperti apakah kamera tercanggih ini?

Perkembangan teknologi kamera telah menunjukkan tren yang sangat positif. Setiap produsen kamera terus berpacu dengan teknologi modern yang ada agar dapat memberikan fitur maksimal bagi para penggunanya.

Sedangkan sebagian dari mereka yang tidak dapat bertahan dan beradaptasi dengan kecanggihan serta kebutuhan akan teknologi yang mumpuni, tak ayal berjatuhan. Selain kamera DSLR, poket digital, dan lainnya rupanya kamera perangkat mobile pun telah menjadi produk konsumsi massal yang masif dipergunakan. Hanya saja, hampir seluruh kamera tentunya memiliki kualitasnya tersendiri.

Ada perangkat mobile yang telah dilengkapi dengan kualitas lensa yang baik, ada pula yang tidak menghiraukan salah fitur utama tersebut. Begitupun dengan DSLR. Namun kali ini Anda pasti akan tercengang melihat spesifikasi kamera bernama Aware2.

Kamera canggih Aware2 merupakan kamera multi-gigapiksel yang diciptakan oleh sekelompok peneliti Duke University di North Carolina, Amerika Serikat.

Kamera ini merupakan prototipe yang diciptakan oleh para ahli dari Duke University yang mampu mengambil gambar dengan kualitas resolisi sebesar 50 gigapiksel! Kemampuannya tersebut menjadikan Aware2 mampu menampilkan tingkat rincian foto sangat baik. Program pembuatan kamera ini memiliki tujuan untuk membangun ruang yang lebih besar, kemampuan video, serta foto berkualitas melalui kamera berkualitas gigapiksel dengan dukungan dana yang kecil.

Seperti yang telah diketahui, desain lensa monolitik tradisional yang biasa digunakan pada kamera saat ini harus mampu meningkatkan bukaan lensa. Selain itu kerumitan serta pengurangan ruang penglihatan lensa sebagai proses peningkatan skala gmabar pun menjadi bagian dari kemampuannya. Di samping itu bentukan desain perangkat elektronik yang digunakan saat ini tidaklah didesain untuk dapat menganalisa besaran skala gambar.

Oleh sebab itu para peneliti dari Duke University menerima tantangan tersebut untuk menciptakan kamera Aware ini. Kamera canggih ini telah didesain menggunakan desain multiskala yang menggabungkan desain lensa optikal monosentris dan mikrokamera. Desain tersebut dibuat agar dapat menjelajahi kemampuan desain multiskala yang disatukan dengan lensa monosentris.

Hal tersebut dilakukan agar dapat menjangkau defraksi atau penguraian sinar yang terbatas. Desain lensa multiskala ini ditujukan agar kamera mendapatkan koneksi yang inheren antara ukuran aperture dan penyimpangan geometris yang kerap terjadi pada kamera berlensa tradisional. Dengan mengambil kemampuan mengambil gambar dari optik berskala kecil, lensa multiskala ini dapat sangat efektif untuk meningkatkankan ruang penglihatan kamera dan ukuran gambar dengan bantuan beberapa elemen dalam lensa. Hasil gambar-gambar terpisah yang diambil menggunakan opsi kamera ini akan disatukan pada saat proses membuat satu gambar dengan ruang yang begitu luas.

Setiap mikrokamera yang terdapat pada Aware2 ini telah temasuk sebuah lensa kamera berukuran 14MP, mekanisme fokus dan juga interface HiSpi untuk melakukan transmisi data. Aware2 sebagai kamera canggih saat ini memang sangat menggiurkan untuk digunakan, terlebih untuk para pekerja fotografi. Hanya saja saat ini Anda harus berbesar hati.

Pasalnya Aware2 belum akan diproduksi untuk kepentingan komersial. Hal itu dikarenakan para peneliti Duke University ini mengembangkan proyek Aware2 yang didanai oleh DARPA yang tidak memiliki aspek komersial di dalamnya. Selain itu dalam hal ukuran, kamera ini memiliki ukuan kamera yang sangat besar. Proses pengambilan gambarnya pun tidak semudah seperti yang dilakukan menggunakan kamera DSLR. Setiap pengguna kamera ini akan diberikan sebuah area sebuah tempat untuk mengambil gambar. Kemudian setelah setiap gambar telah terambil, citra yang telah diambil tersebut akan disatukan secara bersamaa agar menjadi sebuah foto.

Oleh sebab itu, proses pengambilan gambarnya akan berlansung ckup lama. Pihak penyandang dana proyek ini ingin menggunakan teknologi kamera ini untuk beberapa tujuan. Salah satu tujuan dibuatnya kamera multiskala ini adalah agar mampu menghasilkan citra yang memiliki kualitas resolusi gigapiksel, atau bahkan lebih dari gigapiksel.

Sementara untuk prototipe kamera Aware2 yang ada saat ini, kamera tersebut telah dapat diskalakan untuk menangkap gambar berskala 2, 10 hingga 40 gigapiksel. Sedangkan untuk protitpe lanjutan dari Aware2, yakni Aware10 kemungkinan akan mampu mengambil gambar mulai dari 5 hingga 10 gigapiksel. Kemampuan kamera ini memang dapat atau bahkan telah mengejutkan industri kamera saat ini.

Hal ini dikarenakan rata-rata kamera digital yang beredar di pasaran saat ini hanya memiliki kualitas resolusi antara 8 hingga 10 megapiksel saja. Namun, menilik dari ukuran kamera, Aware2 memang masih memiliki ukuran yang sangat besar. Wajar saja, Aware2 masing menggunakan komponen-komponen elektronik sangat besar. Selain itu kamera inipun ternyata membutuhkan sistem pendingin khusus. Kamera Aware2 memiliki berat sekitar 93 kg hanya mampu menghasilkan citra foto hitam-putih saja.

Apabila teknologi kamera ini akan disebarkan kepada publik yang lebih luas, tentunya bidang fotografi saat ini akan terbangun. Pasalnya kemampuan kamera ini mampu memberikan penggunannya dan meda untuk menciptakan beragam produk berkualitas seperti film dan lainnya berkualitas gigapiksel. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel