Google Currents - Akses Berita dari Seluruh Dunia Melalui Aplikasi Majalah Elektronik Ini

10 May 2012 11:30 3047 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kebutuhan akan informasi akan terus berlangsung selama media penyiaran berita baik itu cetak, elektronik, dan internet terus memantau seluruh kegiatan ataupun fenomena yang terjadi di masyarakat. Hanya saja ...

Kebutuhan akan informasi akan terus berlangsung selama media penyiaran berita baik itu cetak, elektronik, dan internet terus memantau seluruh kegiatan ataupun fenomena yang terjadi di masyarakat. Hanya saja, perkembangan budaya membaca saat ini semakin mengalami penyesuaian. Jika dahulu orang harus terlebih dahulu membeli atau berlangganan sebuah media jurnalistik semacam koran atau majalah, saat ini mereka dituntut untuk dapat lebih berinteraksi melalui laman-laman penyedia berita di internet. Media televisi pun memberikan sumbangsih tersendiri.

Akses internet memberikan kesempatan tersendiri bagi publik untuk berinteraksi ataupun beropini terhadap berita yang terjadi saat ini. Orang-orang yang hidup di era teknologi informasi saat ini dapat dengan mudah mengakses berita dari perangkat teknologi mobile miliknya seperti smartphone atau tablet. Berangkat dari kebutuhan akan akses informasi secara langsung dari satu perangkat, Google membuat aplikasi majalah elektronik bernama Google Currents.

Teknologi informasi mengambil peran penting dalam hal ini. Aplikasi Google Currents memanfaatkan teknologi informasi seperti majalah elektronik untuk menautkan berbagai artikel yang diposting secara online oleh berbagai penyedia layanan berita. Jika dahulu hal tersebut dilakukan agar para konsumen terus berlangganan dengan peyedia berita, Google Currents memungkinkan Anda untuk memilih penyedia berita atau media mana saja yang akan terus Anda ikuti.

Belum banyak yang mengetahui kehadiran majalah elektronik hasil pengembangan Google Inc ini. Sejak dirilis pada bulan Desember 2011 silam, majalah elektronik ini telah mengalami banyak perubahan, baik disisi konten ataupun desain. Saat ini, aplikasi ini telah mendapatkan banyak pengguna internasional.

Salah satu keuntungan yang akan Anda dapat melalui Google Currents adalah ketersediaan informasi yang mencakup seluruh dunia. Artinya, Anda dapat membaca berbagai berita informasi dari dari berbagai sumber dan dapat memasukkan penyedia layanan berita lokal. Di dalamnya telah tersedia beragam pilihan penyedia informasi internasional seperti The Guardian, Forbes, TechCrunch dan lainnya. Di dalamnya Google telah melengkapi aplikasinya ini dengan ratuhan edisi artikel mendalam, video, pilihan foto yang berkuallitas, slideshow, peta, dan media sosial lainnya.

Google Currents memiliki tampilan aplikasi yang sangat nyaman untuk diakses. Google telah mendesain aplikasinya tersebut agar pembaca dapat dengan nyaman memilih berita dan membacanya. Pada halaman utamanya, Anda akan mendapati dua bagian terpisah. Bagian pertama berisi beberapa headlines news dari beberapa penyedia layanan berita.

Anda dapat mengakses headlines berita tersebut cukup dengan klik pada gambar yang tersedia. Sementara, untuk memilih penyedia berita yang hendak dipilih, Anda dapat memasuki fitur Library. Fitur tersebut berisi pilihan penyedia berita berdasarkan pemilihan pengguna. Anda dapat melakukan kustomisasi feed berita dengan mamasukkan ataupun menghapus beberapa edisi berita yang telah ada.

Ada berbagai kategori yang dapat Anda pilih di dalam penambahan penyedia layana berita. Anda dapat memilih berdasarkan segmentasi berita yang hendak diakses ataupun berdasarkan rekomendasi. News, Business, Design, Entertainment, Lifestyle, Science & Tech, dan Sport adalah beberapa opsi segmen berita yang dapat dipilih. Selain itu, Anda dapat memasukkan media berdasarkan pembaca Google Currents lainnya. Tidak hanya itu, aplikasi ini dapat secara otomatis mengganti edisi news feed jika Anda berpindah lokasi. Contohnya, jika Anda sedang berada di Jakarta, news feed yang Anda terima lebih banyak berisi berita dari Kompas daripada Koran The Star Malaysia.

Selain fitur berita yang dapat diakses berdasarkan edisi para penyedia layanan informasi, Anda dapat membaca topik-topik pembahasan terbaru yang sedang ramai dibahas media dalam fitur Trending. Google Currents akan menampilkan kolom-kolom berita yang sedang marak dibahas. Sementara, Anda pun dapat menambahakan tren berita terbaru berdasarkan beberapa pilihan seperti Top Stories, World, Business, Entertainment, Sports, Health, Technology, dan Science.

Google Current pun menyisipkan berita berupa feed. Oleh sebab itu aplikasi ini akan mengarahkan langsung kepada situs penyedia informasi tersebut. Berdasarkan kemampuannya menampung berbagai informasi dari penyedia layanan berita dari seluruh dunia, aplikasi majalah elektronik ini telah mendukung penggunaan sekitar 38 bahasa hanya dengan satu kali klik saja. Selain itu, Anda dapat menggunakan fitur Share Current untuk berbagi berita ke beragam pilihan jejaring sosial, email, messenger, dan lainnya. Agar dapat terus mendapatkan berita terbaru, Google Currents telah menambahkan fitur 'Dynamic Sync.' Di dalam fitur tersebut Anda akan mendapatkan informasi terbaru yang terus mengalami pembaharuan secara otomatis.

Untuk melayani banyak pengguna perangkat mobile saat ini, Google Currents dapat melakukan adaptasi secara otomatis agar dapat digunakan pada smartphone atau tablet berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan sinkronisasi lintas perangkat. Berdasarkan kemampuannya tersebut, pada tahun 2011 yang lalu New York Times, The Next Web, SlahGear dan lainnya memasukkan Google Currents sebagai 10 aplikasi Android terbaik.

Bagi pengguna Android yang tertarik menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store di sini. Sementara, bagi para pengguna perangkat iOS, Anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui iTunes di sini. [MS]

Introducing Google Currents

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel