Tips Trik Fotografi Menggunakan Kamera iPhone

25 Jun 2012 12:30 7376 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ketika membahas tentang tips dan trik tentang memaksimalkan penggunaan kamera pada iPhone memang tidak akan kekurangan bahan ataupun. Karena memang saat ini fotografi ponsel sedang menjadi tren, maka **tips trik fotografi** untuk ponsel pun dirasa perlu untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk mengambil objek gambar menggunakan ...

Ketika membahas tentang tips dan trik tentang memaksimalkan penggunaan kamera pada iPhone memang tidak akan kekurangan bahan ataupun. Karena memang saat ini fotografi ponsel sedang menjadi tren, maka tips trik fotografi untuk ponsel pun dirasa perlu untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk mengambil objek gambar menggunakan kamera ponsel Anda terutama iPhone. Pada artikel kali ini Plimbi akan memberikan tips trik fotografi untuk penggunaan kamera pada iPhone dengan yang dimana akan mengulas tentang bagaimana menangkap objek foto menggunakan gaya paparazzi, back up koleksi foto Instagram Anda, mengambil foto saat sedang membuat sebuah foto dan masih banyak lagi yang akan Plimbi ulas pada artikel kali ini.

Kamera pada iPhone dan ponsel pintar yang lain telah secara tidak langsung menggantikan peran dari kamera saku yang selalu menemani Anda dalam menangkap momen terbaik di tengah kegiatan Anda. Berikut tips yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menggunakan kamera ponsel untuk menangkap sebuah objek foto.

Metode Paparazzi

Dengan menggunakan metode ini, Anda dituntut untuk tetap membiarkan aplikasi kamera pada ponsel Anda terus terjaga, jadi Anda hanya tinggal Å“menembak objek Anda pada saat mendapatkan momennya. Biarkan aplikasi kamera pada iPhone Anda terus terbuka atau membiarkannya pada kondisi sleep merupakan cara yang cepat untuk menangkap gambar menggunakan metode Paparazzi ini. Namun jika Anda menggunakan built-in kamera pada iPhone Anda, maka Anda dapat menggunakan metode flip up ikon kamera pada lock screen ponsel Anda untuk memberikan akses cepat kepada kamera Anda, atau lakukan dengan biasa, yakni dengan menggeser papan kunci, dan ketika ponsel Anda terbuka, maka akan secara otomatis kamera Anda juga akan terbuka dan siap untuk digunakan.

Menggunakan Aplikasi Quick Shoot

Untuk membantu mengambil momen terbaik pada foto Anda, ada baiknya Anda juga menginstal aplikasi Quick Shoot yang bisa Anda dapatkan pada iTunes Apps Store. Aplikasi ini dapat menangkap gambar lebih cepat dibandingkan dengan kamera built-in yang terdapat pada iPhone Anda. Ada 2 aplikasi quick shoot yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi terbaik untuk kategori quick shoot yang diantaranya:

Fast Camera ($0.99)

Aplikasi satu ini memiliki kemampuan yang dapat menangkap gambar hingga lebih dari 800 gambar dalam satu menit. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk mengambil objek yang bergerak. Untuk mendapatkan aplikasi ini Anda bisa langsung menuju ke link ini.

SuperFast Camera ($0.99)

Aplikasi quick shoot kamera berikutnya adalah SuperFast Camera. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memilih beberapa pengaturan yang berada pada aplikasi ini yang diantaranya regular camera shooting, Anti-shake mode dan Time cam. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda menangkap objek yang bergerak dan Anda bisa menyeleksi hasil tangkapan dari kamera untuk memilih yang terbaik. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa langsung menuju ke link ini.

Mengambil Foto Saat Merekam Video

Untuk mengambil foto disaat Anda sedang merekam sebuah video bisa dibantu dengan aplikasi yang bernama QuickPix. QuickPix adalah satu satunya aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengambil foto bersamaan dengan pada saat Anda merekam sebuah video tanpa harus mengganggu pengambilan atau perekaman video tersebut. Aplikasi ini disediakan pada iTunes Apps Store yang dilepas dengan harga $0.99. Untuk Anda yang tertarik memilikinya, Anda bisa langsung mengunduhnya di sini.

Simpan Sebelum Melakuakn Editing

Seperti kita ketahui bahwa Instagram tidak menyimpan hasil foto kita yang telah ditambahkan filter. Ada baiknya Anda mengatur agar hasil foto original Anda sebelum Anda menambahkan filter dan mempostingnya pada Instagram. Anda bisa menemukan pengaturan ini pada menu pengaturan Instagram pada ponsel Anda.

Unduh Foto Instagram Anda

Ada baiknya Anda melakukan back up pada foto Instagram Anda ke dalam komputer untuk kepentingan Anda di masa mendatang. Anda bisa menggunakan aplikasi bernama InstaBackup. Aplikasi ini hanya tersedia untuk para pengguna Mac saja. Anda bisa mendapatkan aplikasi yang sebelumnya Anda harus menebusnya dengan harga $0.99. Untuk mendapatkannya, Anda bisa menuju ke link ini.

Upload ke Dropbox

Selain Anda melakukan back up foto Anda ke dalam komputer Anda, tak ada salahnya juga untuk mengunggahnya ke akun Dropbox Anda jika media penyimpanan pada komputer Anda terbatas.

Retouch

Untuk menghilangkan objek yang tidak Anda inginkan pada saat Anda selesai menangkap objek Anda, Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bernama TouchRetouch HD. Aplikasi ini mampu menghilangkan objek yang tidak Anda inginkan dan dalam sekejap objek yang tidak Anda inginkan keberadaannya akan otomatis hilang. Cara ini sepuluh kali lebih mudah dibandingkan menggunakan eraser tool pada Photoshop. Aplikasi ini sendiri dihargai sebesar $0.99, untuk Anda yang menginginkan aplikasi ini, Anda bisa langsung menuju ke link ini.

Exposure dan Focus Lock

Pada kamera bawaan iPhone, Anda bisa memanfaatkan exposure dan focus lock untuk mendapatkan gambar detail dari objek yang Anda foto. Fokus juga sangat berpengaruh terhadap gambar yang Anda ambil. Semakin tajam fokusnya, maka semakin bagus pula gambar yang Anda ambil.

Emotish

Memotret diri sendiri merupakan salah satu ajang untuk melatih kreativitas Anda, yang dimana Anda sebagai subjeknya. Untuk memaksimlkan penggunaan kamera iPhone Anda untuk mengambil self potratit, maka Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Emotish, aplikasi ini mengundang Anda untuk mengambil foto diri Anda sendiri sesuai dengan perasaan Anda sekarang, seperti classy, comfy, conked, creepy, blissful, dan lain sebagainya. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di sini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel