Cara Memaksimalkan Koneksi Modem EVDO CDMA

22 Jun 2012 15:30 22883 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Saat ini tren penggunaan internet di Indonesia sedang melonjak tinggi. Mulai dari penggunaan internet kabel di rumah hingga yang paling *booming* adalah penggunaan internet menggunakan modem USB stick di mana modem USB stick sendiri memiliki 2 jenis yang berbeda, yakni modem evdo cdma dan modem GSM.

Saat ini tren penggunaan internet di Indonesia sedang melonjak tinggi. Mulai dari penggunaan internet kabel di rumah hingga yang paling booming adalah penggunaan internet menggunakan modem USB stick di mana modem USB stick sendiri memiliki 2 jenis yang berbeda, yakni modem evdo cdma dan modem GSM. Koneksi tercepat memang diklaim dimiliki oleh modem evdo cdma yang notabene memiliki kekuatan 3 kali lebih cepat dibandingkan akses 3G.

Namun, meskipun diklaim 3 kali lebih cepat dibandingkan dengan 3G, terkadang koneksi internet dari modem ini menjadi melambat atau sering kita gunakan istilah lemot dalam bahasa sehari-hari. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus mengetahui bagaimana cara memaksimalkan atau mengatasi masalah tentang lambatnya koneksi internet Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Menggunakan Antena

Cara pertama untuk memperkuat sinyal pada modem berjenis evdo cdma, Anda bisa menggunakan antena tambahan yang bisa Anda tancapkan pada modem Anda. Biasanya pada setiap modem, Anda bisa menemukan lubang di mana lubang itu adalah tempat untuk menambatkan antena tambahan yang Anda miliki. Antena untuk modem sendiri memiliki jenis yang beragam, yang di antaranya:

  • Antena Wajanbolic. Jenis antena yang satu ini memang memiliki nama yang unik, karena memang antena ini memanfaatkan wajan sebagai reflektornya. Fungsi dan daya tangkap jenis antena satu ini cukup maksimal jika dibandingkan ketika Anda tidak menggunakan antena, karena antena jenis ini dapat menangkap sinyal lebih baik dan maksimal. Antena ini berguna atau sangat membantu Anda pada daerah yang bisa dikatakan miskin sinyal.

  • Antena Yagi. Antena Yagi atau sering disebut juga antena pengarah merupakan sebuah antena yang memiliki bentuk seperti antena televisi atau array pada umumnya namun berukuran sangat kecil karena memang penggunaannya dikhususkan untuk modem. Antena ini sangat mumpuni untuk menaikkan sinyal modem EVDO Anda. Jika di daerah Anda atau mungkin saat ini Anda berada di daerah pedesaan yang notabene sinyal EVDO atau 3G tidak terjangkau atau sangat minim, maka Anda bisa menggunakan antena ini untuk menangkap sinyal untuk modem Anda.

Namun penggunaan kedua antena ini tidak semudah yang Anda bayangkan atau hanya tinggal menancapkannya pada port antena modem Anda. Anda harus memiliki konektor untuk menghubungkan kedua antena ini agar antena untuk modem Anda dapat berjalan dengan semestinya. Konektor yang bisa Anda gunakan pun memiliki dua jenis yang berbeda di antaranya:

  • Konektor PCB Induktor. Jenis konektor ini merupakan konektor yang bisa Anda gunakan untuk modem yang tidak memiliki lubang atau port sebagai jalan untuk masuknya antena Anda. Untuk menggunakan konektor ini, Anda hanya tinggal menaruh PCB Induktor Anda pada bagian bawah modem Anda.

  • Konektor Pigtail. Konektor ini digunakan untuk modem yang memiliki port untuk jalan masuknya antena Anda. Jadi Anda tinggal memasukkan pigtail pada lubang modem Anda dan menghubungkan ujung pigtail yang lainnya ke antena modem Anda, dan antena modem Anda siap untuk digunakan.

Apabila koneksi modem Anda masih mengalami kendala atau masih menunjukkan kelambatan meskipun Anda sudah menggunakan antena ekssternal untuk modem Anda, maka Anda bisa mencoba cara lainnya, yakni menggunakkan beberapa software yang bisa meningkatkan kecepatan modem Anda. Ada beberapa jenis software yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan modem Anda, di antaranya:

  • cFosSpeed. Software pertama untuk membantu permasalahan koneksi internet Anda adalah cFosSpeed. cFosSpeed adalah sebuah software yang traffic shapping-nya bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan atau kecepatan internet Anda. Cara kerja dari software ini adalah meminimalisir ping yang memberikan efek pada koneksi internet Anda menjadi lebih cepat dari sebelumnya. cFosSpeed ini sering digunakan untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet via modem, ISDN, mobile, file sharing (P2P), games, streaming media, dan voip. Untuk mencoba software ini Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini.

  • Your Freedom. Software berikutnya yang mampu meningkatkan kemampuan koneksi internet Anda adalah Your Freedom. Nama software ini memang tergolong unik, namun software ini tak kalah unggul untuk meningkatkan performa dari koneksi Anda. Mekanisme dari software ini adalah melolosi koneksi Anda dari Firewallsm, Proxy dan konten filter yang lainnya. Software ini dapat membuat Anda menjadi anonymous pada Internet. Untuk mencobanya, Anda bisa langsung mengunduhnya secara gratis di sini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel