Empat Cara Blog Menghasilkan Uang

21 Jun 2012 17:00 3317 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Karena semakin berkembangnya blog dewasa ini, maka banyak yang menjadikan blog itu merupakan sebuah ladang bisnis asalkan kita tahu bagaimana cara blog menghasilkan uang secara otomatis. Menulis sebuah blog populer, menjadi terkenal dan kemudian hidup dari Internet dari pulau -Neverland-â„¢ adalah mimpi umum yang menyerang banyak para blogger. Dengan munculnya ...

Menulis sebuah blog populer, menjadi terkenal dan kemudian hidup dari Internet dari pulauœNeverland adalah mimpi umum yang menyerang banyak para blogger. Dengan munculnya sistem manajemen konten seperti WordPress yang membantu Anda membuat sebuah blog dengan tampilan yang profesional layakanya sebuah website dan Anda bisa membuatnya hanya dalam waktu yang singkat penuh dengan fitur canggih. Karena makin berkembangnya blog dewasa ini, maka banyak yang menjadikan blog itu merupakan sebuah ladang bisnis asalkan kita tahu bagaimana cara blog menghasilkan uang secara otomatis.

Pada artikel kali ini Plimbi akan memberikan sebuah tips tentang bagaimana cara blog menghasilkan uang untuk Anda. Karena makin pesatnya perkembangan blog di tanah air, maka tak dipungkiri blog yang Anda buat bisa memberikan penghasilan tambahan kepada Anda meskipun hanya dengan menulis atau melakukan hobi blogging Anda. Berikut ulasannya.

Banner Iklan

Bentuk yang paling umum dari monetisasi website hari ini adalah iklan online. Iklan online tidak pernah memiliki persepsi publik tertentu yang baik, dimulai dari injeksi JavaScript berbahaya untuk video autoplaying, konten blocking popup dan pelacakan aktivitas pengguna. Dan akhirnya banyak pengguna yang mengandalkan Adblock untuk menjadikan kegiatan berselancarnya menjadi nyaman. Jaringan iklan besar seperti Google Adsense sangat mudah diterapkan dan dapat menghasilkan pendapatan yang cukup memuaskan yang sebanding dengan jumlah pengunjung. Jika Anda ingin lebih mengontrol iklan dan mengundang pengunjung melalui iklan Anda tersebut, maka Anda bisa memanfaatkan jaringan BuySellAds yang sangat cocok digunakan oleh para blogger. Namun yang perlu Anda ingat buatlah iklan yang sopan, dan mampu menarik perhatian pengunjung.

Afiliasi Pemasaran

Afiliasi Pemasaran mengacu pada praktek dalam menghubungkan produk atau jasa dalam pertukaran untuk memberikan Å“balas jasa ketika ada seorang pengguna mendaftar atau membeli barang dengan blog Anda sebagai perantaranya, biasanya hal ini melibatkan penggunaan link yang telah diatur sedemikian rupa untuk melacak pengguna, dan beberapa program seperti Amazon bahkan akan menempatkan cookie di browser pengguna dalam jangka waktu beberapa hari, sehingga Anda akan mendapatkan bayaran ketika pengguna melakukan pembelian secara tidak langsung atau pengguna membeli item tambahan dari Anda di mana Anda hanya memasang link yang langsung mengarahkan pengguna kepada penyedia barang yang sesungguhnya. Untuk melakukan afiliasi pemasaran ini, Anda harus banyak belajar terlebih dahulu, karena langkah ini memang tergolong sulit dan akan membingungkan bagi Anda pengguna blog baru.

Donasi dan Flattr

Flattr adalah cara mudah untuk menerima bayaran berjenis micropayment di mana tanpa harus meminta rincian pembayaran pengguna. Penempatan tombol Flattr sendiri sama penempatannya seperti penempatan tombol Facebook, Twitter dan Google+. Dengan mengklik tombol Flattr ini, maka artikel Anda mendapat penghargaan dari pembaca dan otomatis menambah jumlah pemasukkan ke dalam rekening Flattr dan pada akhir bulan dana mereka dibagi secara merata ke semua situs mereka. Mengingat bahwa pengguna jasa ini masih sedikit dan jumlah yang diberikan dari satu kali klik tombol Flattr kurang dari satu dollar, Anda tidak harus berharap mendapatkan jumlah yang besar dengan menggunakan jasa ini. Namun jika Anda merupakan blogger yang telah memiliki reputasi dan memiliki banyak follower, maka tak ada salahnya Anda mencoba layanan ini dengan hanya menambaahkan tombol Flattr pada halaman blog Anda.

Pantau Trafik Blog Anda

Salah satu hal yang dapat mendukung Anda untuk menghasilkan uang dari blog Anda adalah dengan cara memantau trafik dari pengunjung blog. Semakin ramai blog Anda dikunjungi, maka semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan uang dari blog Anda. Yang tentunya Anda juga harus membuat tulisan yang menarik dan berguna bagi orang lain dan jika bisa menjadi rujukan bagi setiap orang yang menginginkan sebuah informasi terkini. Hal ini juga dapat mempengaruhi laju trafik kunjungan pada blog Anda. Jika blog Anda masih menjangkau angka kurang dari 1000 per harinya, maka hal ini bisa dikatakan masih belum mencukupi. Jika Anda masih belum mengerti bagaimana cara menghitung trafik lalu lintas dari blog Anda, maka Anda bisa menggunakan Google Analytics di mana fitur ini merupakan alat untuk menghitung lalu lintas trafik untuk sebuah halaman web. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel