Cara Instal Game di HP iPhone, Android, dan Java

9 Jun 2012 17:00 8707 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada banyak HP yang tersedia di pasaran. Beberapa dari HP ini dilengkapi dengan sistem operasi. HP yang tidak dilengkapi dengan sistem operasi biasanya mendukung platform Java. Sehingga anda masih bisa menginstal game Java di HP anda. Agar tulisan ini menjadi ringkas, Paseban akan membatasi bahasan cara instal game di HP hanya untuk iPhone, Android, dan ...

Ada banyak HP yang tersedia di pasaran. Beberapa dari HP ini dilengkapi dengan sistem operasi. HP yang tidak dilengkapi dengan sistem operasi biasanya mendukung platform Java. Sehingga anda masih bisa menginstal game Java di HP anda. Agar tulisan ini menjadi ringkas, Paseban akan membatasi bahasan cara instal game di HP hanya untuk iPhone, Android, dan HP dengan platform Java.

iPhone Apple App Store adalah tempat dimana anda bisa menemukan beragam aplikasi yang tersedia untuk iPhone termasuk game. Untuk menginstal game dari Apple App Store, jalankan aplikasi App Store yang ada di Springboard. Ketika aplikasi App Store sudah berjalan, anda akan melihat daftar featured applications.

Ada beberapa menu selain Featured yang ada di bagian bawah layar. Pilih Search dan ketikkan nama game yang ingin diinstal. Jika anda tidak yakin game apa yang ingin dicari, pilih saja Categories dari menu untuk menampilkan daftar kategori aplikasi iPhone.

Anda akan menemui beberapa kategori yang bisa dipilih. Karena ingin mencari game, klik saja kategori Games. Untuk melihat keterangan dari game, klik saja nama game yang ditampilkan.

iPhone akan menampilkan halaman Info untuk game tersebut. Untuk game yang tersedia secara gratis, anda akan menemui tombol Free di sebelah kanan atas halaman Info.

Jika sudah yakin ingin menginstal game tersebut, klik saja tombol Free. Segera setelah anda mengklik, maka tombol tersebut akan berubah menjadi berwarna hijau dengan teks Install.

Tekan tombol Install untuk memulai instalasi game. iPhone akan meminta informasi akun Apple ID anda. Masukkan saja informasi tersebut dan berikan password untuk otentifikasi. Jika informasi yang dimasukkan sudah benar, tekan tombol OK.

Game yang sudah berhasil diinstal akan muncul di Springboard. Apple ID adalah akun yang digunakan untuk berbagai layanan Apple, seperti Apple App Store, iTunes Music Store, iCloud, dll. Satu Apple ID yang sama bisa digunakan untuk semua layanan dari Apple.

Jika anda belum mempunyai Apple ID, maka terlebih dahulu anda harus mendaftar agar bisa menginstal game dan aplikasi lainnya di iPhone.

Android Google Play adalah tempat dimana anda bisa menemukan berbagai aplikasi dan konten multimedia untuk HP Android. Beragam aplikasi Android tersedia di Google Play termasuk game.

Untuk menginstal game pada HP Android anda, pergilah ke situs Google Play.

Ketikkan nama game yang ingin di instal pada search bar yang tersedia pada bagian atas halaman Google Play. Anda juga bisa memilih game dari Categories tab yang ada di sebelah kiri halaman. Jika sudah menemukan game yang ingin diinstal, klik saja game tersebut untuk menampilkan halaman Description. Jika sudah yakin itu adalah game yang ingin anda instal, tekan saja tombol Free yang ada di halaman Description.

Seandainya game tersebut adalah game berbayar, maka tombolnya akan bertuliskan Purchase bukan Free. HP Android anda akan bertanya apakah anda ingin mengizinkan game tersebut diinstal. Tekan Yes untuk mengizinkan.

Tidak berapa lama setelah itu, anda akan melihat game yang sudah terinstal pada HP Android anda.

Java Seandainya anda menggunakan HP selain dari iPhone dan Android, maka anda bisa menginstal game berbasis Java. Tentu saja HP anda juga harus mempunyai dukungan platform Java agar bisa memainkan game tersebut. Mobile9 adalah situs yang menyediakan beragam konten untuk HP anda termasuk game Java. Untuk cara instal game di HP Java, pertama-tama buka situs mobile9.

Klik saja tautan select your device yang ada dibawah tombol Register A Free Acccount untuk menentukan tipe HP anda. Ketikkan tipe HP anda di kotak Device Name dan tekan tombol Select untuk melanjutkan. Pada sebelah kiri halaman yang muncul, anda akan menemukan menu kategori konten yang disediakan di mobile9. Mobile9 menggabungkan game dalam satu kategori yang sama dengan aplikasi.

Pilih Apps dari menu tersebut untuk membuka halaman aplikasi yang sesuai untuk HP anda. Mobile9 akan menampilkan beberapa aplikasi populer.

Untuk mencari game anda bisa mengganti filter dari dropdown menu dari halaman aplikasi. Ganti All dengan Games untuk menampilkan semua games yang disediakan oleh mobile9 sesuai dengan tipe HP anda.

Klik judul game yang anda sukai untuk menampilkan halaman Description. Tekan tombol Download from Device untuk menginstal aplikasi tersebut di HP anda. [PN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel