Cara Merawat iPad dan Tabet Agar Tidak Cepat Rusak

6 Jun 2012 13:00 15668 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

iPad adalah merupakan sebuah produk gadget komputer tablet yang diproduksi oleh perusahaan terkenal yaitu Apple Inc. (AI). iPad sendiri memiliki bentuk tampilan (interface) yang hampir mirip dengan iPod Touch dan iPhone, yang membedakannya dengan iPod dan juga iPhone adalah hanya iPad memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan ...

iPad adalah merupakan sebuah produk gadget komputer tablet yang diproduksi oleh perusahaan terkenal yaitu Apple Inc. (AI). iPad sendiri memiliki bentuk tampilan (interface) yang hampir mirip dengan iPod Touch dan iPhone, yang membedakannya dengan iPod dan juga iPhone adalah hanya iPad memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut serta memiliki fungsi dan fitur tambahan seperti yang ada pada sistem operasi Mac OS X. Fungsi utama dari iPad adalah sebagai e-Reader atau membaca file-file ebook secara digital, namun demikian iPad juga bisa dijadikan sebagai multimedia di mana Anda bisa menggunakan koneksi internet, mendengarkan musik, menyaksikan file video dan juga beberapa fitur unggulan lainnya dari iPad.

iPad sendiri menggunakan sistem operasi iPhone yang telah dimodifikasi. Dengan menawarkan ruang penyimpanan data mulai dari 16GB, 32 GB sampai 64GB, dengan kapasitas ruang penyimpanan dengan ukuran tersebut itu artinya Anda bisa menyimpan ratusan file serta ribuan lagu di iPad.

Nah, pesaing dari iPad bisa dibilang gadget milik Samsung yakni Samsung Galaxy Tab, Samsung Galaxy Tab sendiri merupakan sebuah komputer tablet yang menggunakan sistem operasi Android yang diproduksi oleh Samsung pada tanggal 2 September 2010 di IFA Berlin kemarin.

Pernahkah terpikir ketika Anda baru saja membeli perangkat seperti iPad atau Tablet dari toko resminya, namun baru dipakai beberapa kali gadget tersebut sudah mulai menampilkan gejala-gejala rusak? Anda tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi. Kali ini Plimbi akan mencoba untuk sedikit memberikan tips dan cara merawat iPad & Tablet yang baik agar awet serta bisa dipergunakan dengan jangka waktu yang lama.

Berikut ini adalah tips cara merawat iPad & Tablet kesayangan Anda
- Jangan menyentuh layar LCD pada iPad dan Tablet ketika tangan Anda kotor dan berminyak. LCD menjadi bagian paling vital pada gadget ini. Layar harus dijaga dan dirawat dengan baik jika ingin gadget tetap normal.

  • Jangan membersihkan layar iPad atau Galaxy Tab dengan kain biasa atau bahkan Anda sering membersihkannya dengan menggunakan kaos baju Anda, hilangkan kebiasaan buruk tersebut.

  • Cara membersihkan iPad & Tablet yang benar adalah menggunakan alat penghembus udara khusus untuk menghilangkan kotoran seperti debu-debu, lakukan hal tersebut dengan hati–hati, Andapun bisa mengusapnya dengan tisu khusus untuk lensa atau LCD.

  • Berikan lapisan pelindung khusus pada LCD iPad dan juga Tablet Anda untuk menghindari goresan pada layar LCD Anda.

  • Berikanlah sarung pelindung (cover body) pada iPad dan Tablet dari bahan jenis karet ataupun kulit, agar ketika jatuh tidak mengalami kerusakan yang serius dan menghindari dari benturan keras lainnya.

  • Jauhkan dari kelembaban dan panas yang tinggi serta sinar matahari langsung, hal tersebut dapat merusak kualitas komponen LCD .

  • Jangan melakukan pengisian baterai sampai terlalu lama, Hindari proses pengisisan jika Baterai sudah penuh (full). Jangan juga Anda melakukan pengisian sampai menunggu baterai mati total. Jika dibiarkan dalam kondisi full saat mengisi baterai, baterai iPad & Tablet Anda akan cepat bocor dan tidak awet.

  • Pastikan Anda hanya mengunduh berbagai macam aplikasi iPad dan juga Tab anda hanya di situs resminya. Untuk iPad Anda bisa mengunjungi Apple Store dan untuk Tablet Android dapat mengunjungi Google Play Store.

  • Perhatikan koneksi internet Anda saat melakukan proses pengunduhan, Jika koneksi kurang bagus, aplikasi program yang Anda telah download tersebut bisa memungkinkan proses download tadi tidak sempurna atau ukuran file-nya tidak sesuai dengan ukuran file aslinya. Jika hal tersebut terjadi dan saat proses instal aplikasi pada iPad & Tablet akan mengakibatkan program menjadi crash atau tidak dapat merespon perintah. Hal seperti ini bisa mengakibatkan kerusakan pada ruang penyimpanan pada iPad & Tablet serta sistem operasi yang ada pada gadget Anda tersebut.

Nah, demikianlah sedikit wawasan mengenai cara merawat iPad & Tablet. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan referensi mengenai hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika Anda memiliki gadget iPad dan Tablet tersebut, Semoga bermanfaat. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel