Adu Tablet Samsung Galaxy Tab 10.1 Vs Asus Eee pad Slider SL 101

29 Mar 2012 11:30 2968 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kemuculan tablet tablet dari vendor ternama maupun lokal meramaikan daftar tablet yang beredar di dalam negeri. Pada rubrik kali ini Paseban menghadirkan dua buah tablet yang memiliki besaran layar yang sama dan dari vendor Android tablet ternama, Samsung dan Asus. Samsung dengan tablet andalannya Samsung Galaxy Tab 10.1, sementara Asus mengeluarkan salah satu produknya Asus Eee pad Slider SL 101.

Kemuculan tablet tablet dari vendor ternama maupun lokal meramaikan daftar tablet yang beredar di dalam negeri. Pada rubrik kali ini Paseban menghadirkan dua buah tablet yang memiliki besaran layar yang sama dan dari vendor Android tablet ternama, Samsung dan Asus. Samsung dengan tablet andalannya Samsung Galaxy Tab 10.1, sementara Asus mengeluarkan salah satu produknya Asus Eee pad Slider SL 101.

Dimensi

Perbedaan telah nampak pada desain. Asus memiliki keunggulan berupa keyboard fisik QWERTY tambahan. Samsung pun memiliki hal yang sama, namun Anda harus membelinya secara terpisah. Namun kelebihan yang dimiliki oleh Asus menjadikan kelemahan bagi Asus pula. Keunggulan Asus berimbas pada bobot dan dimensi Asus. Asus memiliki dimensi yang lebih tebal dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab 10.1, begitu pula dengan bobotnya. Asus memiliki dimensi 273 x 180.3 x 17.3 mm dengan bobot 960 gram. Sedangkan Samsung Galaxy Tab 10.1 memiliki dimensi 256.7 x 175.3 x 8.6 mm dengan bobot 565 gram. Untuk masalah dimensi, Samsung Galaxy Tab 10.1 terlihat jelas lebih unggul dibandingkan dengan Asus.

Layar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa kedua tablet ini memiliki lebar layar yang sama. Sama-sama memiliki layar 10 inci. Keduanya pun menanamkan teknologi layar anti gores. Samsung Galaxy Tab 10.1 dan Asus sama sama menggunakan Gorilla Glass. Kejernihan dan ketajaman kedua tablet bongsor ini sama sama terlihat mumpuni. Asus membawa teknologi LED Backlight WXGA 1280 x 800 IPS Corny Gorilla Glass, sedangkan Samsung Galaxy Tab 10.1 membawa teknologi LCD TFT WXGA Corny Gorilla Glass. Untuk kategori layar, kedua tablet ini sama seimbang. Tidak ada yang unggul, tidak ada yang mengalah pula pada kategori ini.

Performa

Apabila pada layar kedua tablet ini memiliki kesamaan, kali ini dalam urusan performa kedua tablet ini pun sama-sama memboyong prosesor dual-core, chipset yang sama, yakni Nvidia Tegra 2 dan mempunyai kecepatan yang sama pula, yaitu 1Ghz. Namun perbedaan akan terlihat apabila kita mengujinya pada aplikasi benchmarking. Pada saat dilakukan test dengan menggunakan Quadrant Standart, Asus memperoleh skor 1673, sedangkan Samsung Galaxy Tab 10.1 memperoleh skor 2355. Jadi apabila kita mengacu pada skor Quadrant, Asus yang lebih unggul dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab 10.1.

Kamera

Untuk urusan pengambilan gambar, Asus memiliki jumlah piksel yang lebih baik daripada Samsung Galaxy Tab 10.1, yakni 5MP. Sedangkan Samsung Galaxy Tab 10.1 hanya memiliki kamera 3.2 MP. Namun, kamera Asus tidak dilengkapi dengan LED flash, sementara Samsung Galaxy Tab 10.1 telah melengkapinya. Sementara untuk kamera depan, Samsung Galaxy Tab 10.1 dibekali dengan kamera 2MP, sedangkan Asus hanya mampu meraih 1.2 MP saja. Jadi bisa dibilang Samsung Galaxy Tab 10.1 lebih unggul dibandingkan dengan Asus, meskipun memiliiki kamera 5MP dan tak LED Flash.

Baterai

Kemampuan baterai kedua tablet ini sama-sama berkekuatan 7000mAh, dan memiliki kinerja baterai yang berimbang. Samsung Galaxy Tab 10.1 dan Asus memboyong baterai Li-Polymer 7000 mAh atau 25 Wh.

Kesimpulan

Memang sulit memilih di antara kedua tablet yang memiliki kesamaan di hampir semua aspek, namun juga masih terdapat kekurangan yang bisa dibilang sangat tipis. Keputusan tetap pada pilihan Anda untuk memiliih salah satu dari kedua tablet ini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel