Tips dan Trik Sebelum Mengunduh dan Membeli Aplikasi Kamera Android

23 May 2012 18:00 3386 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Android merupakan salah satu perangkat yang memberikan andil tersendiri terhadap fenomena kemunculan aplikasi kamera Android yang menjamur saat ini. Terlebih setelah masuknya raksasa aplikasi kamera, Instagram, ke dalam sistem operasi tersebut.

Sebuah perangkat mobile seperti smartphone rasanya kurang menyenangkan jika tidak dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi menarik di dalamnya. Salah satu fitur yang wajib hadir di dalam perangkat Anda saat ini adalah aplikasi kamera. Terhitung ada ratusan aplikasi kamera yang dapat Anda unduh baik secara gratis ataupun berbayar. Setiap pengembang tentunya mengklaim bahwa produk buatannya memilki kelebihan yang tidak akan didapatkan pada produk lain. Namun, dari sebagian besar pengembang hanya sedikit yang mampu benar-benar memberikan layanan maksimal kepada para penggunannya. Android merupakan salah satu perangkat yang memberikan andil tersendiri terhadap fenomena kemunculan aplikasi kamera Android yang menjamur saat ini. Terlebih setelah masuknya raksasa aplikasi kamera, Instagram, ke dalam sistem operasi tersebut.

Dari ratusan aplikasi kamera Android yang berada di Google Play, tentunya akan menjadi hal yang pelik menentukan aplikasi mana yang harus Anda unduh dan digunakan. Instagram memang masih menjadi pilihan terbaik, namun bagaimana dengan aplikasi yang lainnya? Ada dua macam aplikasi yaitu versi gratis dan berbayar yang masih membutuhkan pilihan untuk melakukan upgrade agar mendapatkan versinya secara penuh. Namun, sebuah penilaian tentang bagus atau tidaknya sebuah aplikasi tentunya dapat dijawab secara relatif. Setiap pengguna memiliki seleranya masing-masing. Namun, secara umum Anda dapat mengikuti beberapa tips sebelum mengunduh dan membeli aplikasi kamera Android yang satu ini.

Membaca Ulasan Aplikasi

Sebelum memutuskan untuk mengunduh dan membeli aplikasi, ada baiknya Anda terlebih dahulu membaca beberapa ulasan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mencari ulasan melalui mesin pencari seperti Google. Beberapa ulasan pasti memiliki pertentangannya tersendiri mengenai penilaian suatu aplikasi. Ada beberapa pihak pengulas yang benar-benar mendeskripsikan sebuah aplikasi lengkap dengan kritik di dalamnya. Tapi, ada pula yang memujinya terlalu berlebihan. Oleh sebab itu pemilihan ulasan akan memberikan Anda perbandingan lebih baik. Selain itu, Anda pun dapat membaca ulasan ataupun komentar yang tertera pada laman aplikasi di dalam Google Play Store. Beberapa pengguna akan membahasnya dengan lebih singkat. Maka, Anda dapat menilai dari pada pengguna lainnya secara langsung bagaimana sebuah aplikasi kamera bekerja pada perangkat Android miliknya. Memperhatikan rating (dalam bentuk bintang) pun dapat menjadi pertimbangan.

Melihat Produk Aplikasi Lainnya dari Pengembang yang Sama

Anda dapat melihat dan memperbandingkan produk-produk aplikasi dari pengembang yang sama. Biasanya satu pengembang aplikasi tidak hanya memproduksi satu produk saja. Selain itu, biasanya mereka memiliki bidang spesialisasinya tersendiri. Sebagai contoh, pengembang Fingersoft yang mengembangkan aplikasi kamera Android, Cartoon Camera banyak memproduksi aplikasi kamera dan telah memiliki rating yang baik dari para penggunannya. Perbandingan produk-produk dari pengembang yang sama dapat menjadi opsi yang dapat dicoba sebelum Anda mengeluarkan kocek untuk sesuatu hal yang bisa saja Anda sesali kelak.

Gratis Vs Berbayar

Aplikasi kamera Android gratis mungkin menjadi primadona para pengguna perangkat tersebut. Tidak perlunya pengguna untuk mengeluarkan uang agar dapat menggunakan fitur-fitur menarik di dalamnya tentunya sangatlah menggiurkan, dan bahkan menjadi hal yang candu. Namun di beberapa kasus Anda masih harus behadapan dengan iklan-iklan yang mengganggu jalannya aplikasi. Itulah kelebih aplikasi versi berbayar. Di dalamnya Anda tidak akan menemukan iklan-iklan yang acapkali membuat geram. Tapi, tidak berarti di dalam versi berbayar Anda akan menemukan aplikasi yang sempurna. Ada beberapa aplikasi yang mewajibkan penggunakan membayar konten-konten tambahan seperti efek, filter, bingkai foto dan lainnya.

Tanyakan Kepada Forum dan Komunitas

Android dikenal memiliki banyak forum dan komunitas untuk mendiskusikan perangkat dan sistem operasi buatan Google tersebut. Di Indonesia sendiri ada banyak forum dan komunitas pengguna Android yang dapat dimanfaatkan untuk bertanya mengenai aplikasi-aplikasi yang dinilai baik untuk digunakan.

Beli, Unduh, dan Coba

Tips berikut mungkin menjadi pilihan terakhir untuk memutuskan baik atau tidaknya sebuah aplikasi. Apabila Anda terlalu dipenuhi oleh berbagai referensi dan merasa cukup frustasi untuk menentukan pilihan, tak ada salahnya untuk membeli aplikasi berbayar terlebih dahulu. Tapi, tentunya hal ini harus dilakukan dengan beberapa opsi. Setelah Anda melakukan observasi dengan membaca beberapa ulasan, memperbandingkan produk-produk dari pengembang yang sama, dan juga mempertimbangkan fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi berbayar dan gratis, Anda dapat mengunduhnya dan mencoba secara langsung kemampuan aplikasi tersebut. Fitur-fitur tersebut biasanya dapat Anda baca terlebih dahulu di dalam deskripsi aplikasi di laman Google Play Store dan juga melihat kemampuannya berdasarkan ulasan pengguna melalui video di YouTube. [MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel