Sparked.com - Ikuti Kegiatan Micro-Volunteering Secara Online

12 May 2012 14:00 3060 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Volunteer atau relawan adalah seseorang yang memiliki aktifitas untuk ikut meningkatkan kualitas hidup manusia. Bukan hanya dalam hal pemberian bantuan secara sukarela, tetapi kegiatan berbabis voluntarisme adalah membantu masyarakat luas melalui ketertarikan pribadi, kemampuan personal ataupun pengetahuan yang dimiliki...

Volunteer atau relawan adalah seseorang yang memiliki aktifitas untuk ikut meningkatkan kualitas hidup manusia. Bukan hanya dalam hal pemberian bantuan secara sukarela, tetapi kegiatan berbabis voluntarisme adalah membantu masyarakat luas melalui ketertarikan pribadi, kemampuan personal ataupun pengetahuan yang dimiliki oleh relawan. Hal inilah yang menjadi penilaian seorang relawan, yakni penghargaan terhadap kemanusiaan dibandingkan nilai-nilai yang dapat dihitung menggunakan uang. Seiring perkembangan teknologi, saat ini hampir setiap orang dapat menjadi seorang relawan. Kemunculan fenomena baru berupa Micro-volunteering memberika kesempatan kepada masyarakat yang lebih luas untuk ikut berpartisipasi.

Micro-volunteering merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang atau kelompok relawan tanpa bayaran, yang dilakukan secara online melalui perangkat yang terkoneksi dengan internet, termasuk penggunaan perangkat smartphone. Pekerjaan tersebut biasanya untuk membantu organisasi nirlaba, lembaga pendanaan, ataupun lembaga swadaya masyarakat. Micro-volunteering pun dapat dikatakan sebagai relawan virtual. Dengan cara terbaru ini, Anda tidak perlu melakukan proses screening ataupun mengikuti pelatian dasar. Maka, bagi Anda yang juga memiliki kegiatan yang padat masih dapat memberikan sumbangsihnya secara virtual. Salah satu situs yang dapat Anda akses untuk melakukan kegiatan micro-volunteering adalah Sparked.com.

Sparker.com berangkat dari keinginan menampung berbagai relawan untuk membantu lembaga-lembaga nirlaba. Anda dapat mendonasikan pengalaman dan kemampuan dibandingkan sejumlah uang. Dengan demikian Anda dapat membuat komitmen berdasarkan waktu dan tingkat ketertarikan terhadap suatu bidang. Sparked sebelumnya telah hadir dalam bentuk aplikasi mobile yang dikembangkan oleh Ben Rigby dan Jacob Colker pada tahun 2010 silam. Dengan aplikasi tersebut mereka menginginkan membuat kegiatan relawan menjadi lebih menyenangkan tapi masih memiliki aspek sosial yang dalam. Setelah aplikasi mobile, mereka mendirikan Sparked.com sebagai portal online para relawan yang didesain utnuk membantu perusahaan-perusahaan untuk memobilisasi keinginan para relawan. Situs ini memiliki koneksi dengan lembaga-lembaga nirlaba dengan para relawan yang memiliki potensi dan kemampuan menarik. Situs ini akan mendorong perusahaan seperti Kraft Foods, dan laonnya untuk mengucurkan dana untuk mengornasir kegiatan relawan.

Di laman awal situsnya, Sparked menggambarkan bahwa situsnya tersebut memang dikhususkan untuk para relawan yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi. "It's online volunteering..FOR BUSY PEOPLE (like you)" begitu tertulis di laman tersebut. Untuk memulai, klik Start. Setelah itu, Anda harus mengisi rincian informasi tentang diri Anda agar Sparked dapat menyesuaikan dengan tantangan yang akan disukai. Anda dapat mengisi hal-hal yang menjadi ketertarikan seperti kegiatan mengenai lingkungan, hak asasi, pendidikan, kesehatan, politk, kemiskinan, seni, keadilan, agama dan lainnya. Di sini Anda dapat memilih lebih dari satu bidang yang Anda sukai. Setelah memilih bidang-bidang yang menarik, Anda harus menginformasikan kemampuan apa saja yang Anda tawarkan. Ada berbagai pilihan bidang pekerjaan atau kemampuan yang mungkin saja menjadi pekerjaan Anda sehari-hari seperti desain, marketing, pengembangan web, sosial media, linkedin, mobile phones, blogging, penelitian, dan lainnya. Anda dapat memilih lebih dari satu kemampuan.

Setelah mengisi rincian informasi relawan, Sparked akan menghitung seberapa banyak orang yang memiliki ketertarikan yang sama dan berapa jenis tantangan yang cocok untuk Anda. Anda dapat mengedit kembali informasi relawan tersebut jika tidak ada tantangan kegiatan volunterisme yang cocok bagi Anda. Apabila telah yakin dengan informasi pribadi yang telah diisi, Anda dapat mendaftarkan diri ke dalam Sparked.com melalui akun Facebook atau mengisi terlebih dahulu form yang Anda. Setelah memasuki Sparked, Anda akan dihadapkan dengan berbagai tantangan kegiatan relawan yang tersedia. Pilihan kegiatan relawan tersebut telah dilengkapi dengan lembaga-lembaga yang membutuhkan bantuan. Situs ini memberikan opsi tantangan berdasarkan rekomendasi ataupun menilik dari kemampuan yang Anda miliki. Setelah memilih, Anda dapat membaca deskripsi kegiatan relawan yang dibutuhkan.

Sparked bekerja dengan mengorganisir para volunteer untuk mendonasikan waktu dan kemampuan mereka memlih lembaga nirlaba atau organisasi lainnya yang membutuhkan bantuan. Anda dapat melakukan pekerjaan copywriting, atau menjadi seorang koordinator sebuah media sosial untuk mendapatkan donasi melalui jejaring sosial sebagai contoh. Para relawan yang memilik kemampaun dan bidang yang sesuai akan mendapatkan pekerjaan yang disesuaikan dengan ketertarikannya di beberapa bidang. Tugas-tugas yang diberikan pun tidak terlalu sulit. Selain itu, Anda dapat mencari lembaga-lembaga nirlaba yang membutuhkan bantuan sesuai dengan kemampuan dan bidang yang dibutuhkan. Selain hadir dalam bentuk startup, Sparked pun dapat Anda temui dalam bentuk aplikasi untuk perangkat iOS. Aplikasi yang termasuk ke dalam kategori Productivity ini dikembangkan oleh pengembang The Extraordinaries dan dapat diunduh secara gratis melalui iTunes di sini. [MS]

 

Sparked.com Nonprofit Webinar

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel