Virtual Xbook - Situs Penyajian Layanan Baca Buku Digital dan Online Karya Anak Negeri

26 Mar 2012 16:00 3853 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di dunia maya sebenarnya sudah banyak yang menyediakan layanan yang berhubungan dengan dunia buku, baik buku digital, tempat untuk menerbitkan buku hingga toko e-Book. Di dasari dari minat baca dan menghargai karya-karya original baik tulisan ataupun gambar di dalam masyarakat dihadirkanlah suatu terobosan baru yaitu Virtual Xbook.

Di dunia maya sebenarnya sudah banyak yang menyediakan layanan yang berhubungan dengan dunia buku, baik buku digital, tempat untuk menerbitkan buku hingga toko e-Book. Di dasari dari minat baca dan menghargai karya-karya original baik tulisan ataupun gambar di dalam masyarakat dihadirkanlah suatu terobosan baru yaitu "Virtual Xbook". Diprakarsai oleh seorang anak muda bernama Ivan Faizal, terciptalah sebuah layanan baca buku yang mudah dan murah. Dia melihat adanya peluang karena semakin banyaknya perangkat digital e-Book reader serta tren iPad yang menghadirkan cara baru dalam membaca buku. Diikuti dengan minat para pengarang pemula yang semakin tinggi, dikembangkanlah Virtual Xbook di mana pengguna bisa membaca, membeli, menyewa bahkan menerbitkan karya tulisnya sendiri. Tidak hanya buku saja yang disediakan, tetapi juga komik digital, e-skripsi, makalah *online*, jurnal-jurnal sampai majalah pun bisa Anda temukan di sini.

Untuk mencoba layanan Virtual Xbook caranya mudah, Anda bisa login dengan akun jejaring sosial, kemudian akan tampil halaman awal di mana Anda dapat melihat pilihan menu dari koleksi buku, komik, majalah atau karya ilmiah. Seorang penulis atau penerbit yang sudah mendaftar di Virtual Xbook cukup mengangsurkan karyanya kemudian melakukan kontrak terlebih dulu dengan perusahaan ini. Proses berikutnya adalah digitalisasi materi. Untuk format buku, Virtual Xbook tidak melayani penataan letak ataupun desain buku.

Berkaitan dengan konten, tentu saja hal-hal yang berbau pornografi dan SARA dilarang di sini. Bahkan jika ada buku yang mengundang kontroversi tidak segan-segan untuk di *banned*. Untuk proses pembelian dan penyewaan buku berbayar dilakukan menggunakan sistem poin, di mana pengguna dapat membeli paket poin tertentu yang nantinya digunakan sebagai alat pembayaran. Anda bisa membeli poin ini dengan transfer antar Bank, Indosat i-Pay, PayPal atau membeli paket voucher yang telah disediakan Virtual Xbook.com. Dengan Xbook reader yang unik Anda dapat membaca berbagai koleksi dari Virtual Xbook. Harga yang ditawarkan di Virtual Xbook bisa lebih murah 30-40 %, bahkan pembaca dapat menyewa buku selama satu hingga empat minggu. Layanan buku digital ini siap melayani Anda 24 jam, kapanpun dan dimanapun. Dari segi desain, interface situs ini masih kurang maksimal, ada beberapa grid yang kurang pas, serta pengaturan tata letak yang tidak rapi termasuk pemanfaatan ruang kosong yang belum maksimal. Begitu pula dengan fitur pencarian yang masih butuh perbaikan, karena fitur ini adalah faktor penting dalam layanan buku digital.

Namun ide dari Virtual Xbook sendiri terbilang menarik dengan memperkenalkan sebuah cara baru dalam membaca. Dan yang terpenting Anda tidak perlu membuang-buang waktu lagi untuk mengunduh, cukup dengan online saja buku yang Anda inginkan tampil sesuai formatnya. Kabar baiknya, kedepannya Virtual Xbook tengah mengembangkan untuk versi *smartphone* dan iPad. [RK]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel