Tips Untuk Android - Cara Berbagi Koneksi Internet via Samsung Galaxy S II

28 Apr 2012 11:00 10824 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Selain Anda bisa mengubah ponsel Android Anda sebagai modem bagi laptop atau komputer Anda, Anda juga bisa mengubah ponsel Android Anda sebagai *port* WiFi atau Hotspot bagi *device* lain yang membutuhkan koneksi internet, bahkan lewat ponsel Android pun Anda bisa berbagi koneksi internet.

Kecanggihan dan kecantikan ponsel pintar Android tidak hanya terletak pada desain ataupun fitur dan performa yang cepat dan prosesor yang kuat. Android Anda bisa melakukan hampir apa saja sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satunya seperti yang akan dibahas pada tips untuk Android satu ini. Selain Anda bisa mengubah ponsel Android Anda sebagai modem bagi laptop atau komputer Anda, Anda juga bisa mengubah ponsel Android Anda sebagai port WiFi atau Hotspot bagi device lain yang membutuhkan koneksi internet, bahkan lewat ponsel Android pun Anda bisa berbagi koneksi internet.

Untuk mengubah Samsung Galaxy S II Anda sebagai port untuk WiFi atau Hotspot dan berbagi koneksi internet, Anda akan menggunakan metode tethering atau mobile tethering. Pengertian dari tethering sendiri ialah proses mengubah ponsel Anda, seperti Samsung Galaxy S II Anda menjadi sumber daya internet atau pemancar sinyal jaringan internet nirkabel seperti modem atau WiFi Router untuk memberikan akses internet kepada device yang membutuhkan jaringan ini seperti laptop, PDA, tablet, dan perangkat lainnya yang mendukung koneksi internet nirkabel. Namun tidak semua ponsel Android mendukung metode tether dan berbagi koneksi internet ini.

Tethering hanya mendukung ponsel Android yang minimal berjalan pada Android 2.2 Froyo. Untuk device yang berjalan di bawah sistem Android froyo 2.2 tidak bisa atau tidak mendukung untuk menggunakan metode ini. Sebelum menggunakan Samsung Galaxy S II Anda sebagai modem atau WiFi Router bagi device lain, pastikan jika service internet yang diberikan oleh operator Anda tidak membebani biaya besar atau menggunakan biaya yang besar untuk digunakan banyak orang. Paseban sarankan untuk mengganti kartu Anda terlebih dahulu menggunakan kartu modem GSM yang tidak membebani biaya Anda. Karena modem GSM cenderung memberikan biaya yang murah untuk hitungan per megabytes. Berikut langkah langkah untuk menjadikan Samsung Galaxy S II Anda sebagai sebuah modem atau WiFi Router dan berbagi koneksi internet:

1. Pergi ke menu Settings atau Pengaturan dari layar utama Samsung Galay S II Anda.

2. Di dalam menu Settings atau Pengaturan, pilih menu Wireless and Network.

3. Di dalam menu Wireless, 10 Kali Lebih Cepat Dibanding WiFi and Network, Anda arahkan ke bawah dan pilih menu Tethering and Portable Hotspot.

4. Dua pilihan akan diberikan kepada Anda, yang diantaranya: USB tethering, dan Portable WiFi Hotspot Settings.

5. Pilih menu Portable WiFi Hotspot Settings.

6. Tekan tombol OK ketika sebuah pop-up muncul untuk mengingatkan Anda bahwa menggunakan pengaturan ini akan memakan banyak daya baterai Anda.

7. Sekarang Anda akan diminta untuk membuat jaringan SSID. setelah Anda membuat jaringan SSID, simpan jaringan yang Anda buat.

8. Lalu Anda akan diminta untuk membuat password untuk melindungi jaringan SSID Anda.

9. Setelah Anda memberikan password terhadap jaringan Anda, kini ponsel Anda sudah menjadi WiFi Router bagi gadget lain.

Demikian tadi tips untuk Android menjadi WiFi Router bagi gadget lain. Semoga tips untuk Android ini bermanfaat bagi Anda. Dan selamat berbagi koneksi internet. [PY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel