Tips Trik BlackBerry: Mengelola Data Menggunakan Web Browser Komputer Anda

17 Apr 2015 08:00 6998 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Untuk mengolah atau mengelola data pada ponsel bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya yang paling populer ialah menggunakan aplikasi *file manager* yang biasanya disediakan oleh pihak ketiga atau menggunakan aplikasi *file managar* yang sudah *built-in* pada ponsel. Seperti halnya yang akan di bahas pada kali ini yaitu pada ponsel BlackBerry.

Untuk mengolah atau mengelola data pada ponsel bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya yang paling populer ialah menggunakan aplikasi file manager yang biasanya disediakan oleh pihak ketiga atau menggunakan aplikasi file managar yang sudah built-in pada ponsel. Seperti halnya yang akan di bahas pada kali ini yaitu pada ponsel BlackBerry.

Jika hanya sekedar untuk mengirimkan data antar BlackBerry mungkin tidak menjadi masalah, namun jika melakukan transfer data amenggunakan komputer, Anda harus menggunakan kabel data untuk meyambungkan ponsel Anda dengan komputer. Jika dirasa menggunakan kabel terlalu merepotkan, kini Plimbi akan memberikan tips trik BlackBerry untuk melakukan transfer file tanpa menggunakan kabel, yang berarti Anda hanya perlu memanfaatkan koneksi nirkabel WiFi untuk melakukannya.

Dan berikut tips trik BlackBerry untuk mengelola data menggunakan web browser komputer Anda:

  1. Pada tips trik BlackBerry kali ini Anda akan tetap membutuhkan bantuan dari pihak ketiga sebelum Anda melakukan file transfer via jaringan WiFi. Anda membutuhkan aplikasi yang bernama FileScout, aplikasi ini bisa Anda dapatkan di sini. Aplikasi ini dibanderol dengan harga $3,99, namun Anda bisa menggunakannya dengan gratis selama 14 hari. Ketika Anda meng-install aplikasi ini, selama proses instalasi Anda akan mendapati bahwa FileScout meminta konfirmasi untuk terhubung dengan BBM, karena aplikasi ini juga merupakan salah satu BBM Connected yang harus dihubungkan ke BBM, maka pilih Connect.
  2. Setelah proses instalasi selesai, jalankan aplikasi tersebut, dan sebelum Anda dapat menggunakan fungsi file manager pada komputer Anda, Anda harus meng-install plugin terlebih dahulu via OTA (Over The Air). Karena plugin ini tidak tersedia secara bersamaan dengan aplikasi ini. Untuk mendapatkan plugin ini caranya adalah sebagai berikut:

    • Pergi ke Menu, lalu pilih Options.

    • Pilih WiFi Sharing Options.

    • Klik install Plugin OTA.

    • Setelah Anda klik Install Plugin OTA, secara otomatis ponsel Anda akan membuka browser yang mengarahkan Anda ke sebuah situs, klik situs tersebut dan klik Download untuk mengunduh file instalasi plugin.

    • Klik Yes untuk melakukan konfirmasi instalasi, lalu pilih Save untuk menyimpan pengaturan Application Permission.

    • Anda tinggal menunggu file tersebut selesai diunduh dan akan terinstalasi secara otomatis.

  3. Setelah semua langkah tadi Anda penuhi, langkah selanjutnya ialah melakukan transfer file melalui komputer dan BlackBerry Anda. Namun Anda harus memastikan bahwa ponsel dan komputer Anda berada pada jaringan WiFi yang sama.

  4. Jalankan aplikasi FileScout, pilih menu dan klik Start WiFi Server. Lalu aplikasi akan menampilkan URL yang harus Anda masukkan ke address bar web browser Anda.

  5. Jalankan web browser pada komputer Anda, lalu masukkan URL yang tersedia tadi. Setelah Anda memasukkan link URL tadi, Anda akan melihat tampilan file manager dari ponsel Anda. Untuk mengambil data pada ponsel Anda, Anda hanya perlu klik Save, sedangkan untuk memasukkan file ke dalam ponsel, Anda hanya tinggal membuka directory yang diinginkan, klik Open, lalu pilih Upload.

  6. Untuk mengakhiri koneksi antara ponsel dan komputer Anda, Anda hanya tinggal memilih Stop WiFi Server pada BlackBerry Anda.

Selamat Mencoba! [AS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel