Tips Meningkatkan Keamanan Password iPhone

25 Mar 2012 18:00 4455 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menurut hasil survei dari Cnet.com bahwa diketahui banyak pengguna iPhone yang memasang passcode yang amat sederhana yaitu -1234-. Apakah Anda termasuk kategori pengguna iPhone yang seperti ini? Jika iya, maka Anda harus mengubah kebiasaan tersebut. Karena secara tidak langsung keamanan password Anda akan dipertaruhkan dengan keberadaan passcode yang tidak aman ini. Begitu pula dengan data-data yang ada pada ponsel tersebut, dijamin ketenangan Anda akan sedikit terganggu jika keamanan password yang Anda gunakan tidak aman dari segala pembobolan.

Menurut hasil survei dari Cnet.com bahwa diketahui banyak pengguna iPhone yang memasang passcode yang amat sederhana yaitu "1234”. Apakah Anda termasuk kategori pengguna iPhone yang seperti ini? Jika iya, maka Anda harus mengubah kebiasaan tersebut. Karena secara tidak langsung "keamanan password" Anda akan dipertaruhkan dengan keberadaan passcode yang tidak aman ini. Begitu pula dengan data-data yang ada pada ponsel tersebut, dijamin ketenangan Anda akan sedikit terganggu jika keamanan "password" yang Anda gunakan tidak aman dari segala pembobolan. Sebenarnya keberadaan passcode ini difungsikan vital untuk menjaga data-data penting dan bersifat pribadi pada "iPhone" yang Anda miliki. Orang lain tidak bisa sembarangan membuka dan mengakses data-data privasi yang Anda miliki.

Tetapi kalau passcode yang Anda gunakan masih standart "1234” dipastikan data Anda cepat dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Menjawab permasalahan tersebut, kali ini Plimbi akan membahas bagaimanan cara memaksimalkan perlindungan "keamanan password" iPhone kesayangan Anda. Agar nantinya tidak ditemui lagi pembobolan data-data privasi pada iPhone yang Anda miliki. Anda harus mengantisipasi tindakan tidak bertanggung jawab yang kemungkinan dilakukan oleh orang lain. Berikut tips dan trik yang bisa Anda pergunakan untuk menjaga keamanan password iPhone yang dimiliki. Salah satu cara paling ampuh yang biasa dipergunakan oleh pengguna iPhone adalah mempergunakan non simple passcode. Non simple passcode yaitu sebuah kode keamanan yang berisikan Password code yang rumit, perpaduan angka, simbol dan huruf. Dengan perpaduan ketiga elemen ini, dijamin keamanan password Anda akan semakin maksimal. Akan tetapi penggunaan non simple passcode ini juga berimbas tidak baik untuk Anda pengidap penyakit "pelupa”, karena dengan perpaduan kode keamanan password yang rumit tersebut bisa dipastikan akan cepat lupa dan tidak ingat. Oleh karenanya untuk tetap berhati-hati mengingat passcode yang sudah dibuat, atau kalau memang dibutuhkan salinan passcode Anda bisa menyimpannya pada aplikasi khusus pengunci catatan *private*. Untuk pengaturan sederhananya, Anda bisa melakukan langkah seperti di bawah ini :

1. Standar passcode untuk iPhone dengan 4 digit code lock Pada pengaturan awal ini, Anda akan dihadapkan pada pengaturan awal *passcode* iPhone. Anda diminta untuk memasukkan passcode standar iPhone yaitu "1234”. Setelah Anda memasukkan kode passcode standar tersebut, Anda pun bisa berlanjut ke pengaturan selanjutnya.

2. Masuk ke menu Settings > General > Passcode lock > off Langkah selanjutnya adalah masuk ke menu settingg dan pilih general. Pada menu general ini akan muncul banyak pengaturan. Anda bisa merujuk ke tab passcode lock dan pilih off. Hal ini berguna untuk men-nonaktifkan passcode lock pada iPhone tersebut untuk beralih kepada non simple passcode.

3. On-kan Passlock Sebelum men-tab Passlock dalam posisi on, sebelumnya tab ‘simple passcode’ di posisi off Nah, untuk proses pembuatan passcode  baru Anda diminta untuk mengembalikan posisi passcode yang di off-kan tadi. Anda bisa mengembalikan posisinya pada kondisi on. Sesaat Anda mengembalikan posisi on passcode tadi, pada saat itu juga Anda diminta untuk mengetikkan passcode baru dengan non simple passcode.

Dengan catatan tab simple passcode pada menu tersebut harus di posisi off. Dan pada saat itu juga Anda bisa mengetikkan password keamanan dengan perpaduan kombinasi huruf, angka dan simbol. Jika semuanya sudah selesai, Anda pun bisa mempergunakan password keamanan tersebut untuk menjaga privasi iPhone yang Anda miliki. Dan satu saja yang harus diperhatikan, jangan sampai Anda terlupa dengan kombinasi password keamanan yang Anda ketikkan tadinya. [AD]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel