Cara Menggunakan iPad untuk Membuat Musik

16 Mar 2012 09:00 6409 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak hal yang telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan musik dari iPad. Dan semakin banyak musisi yang melakukan pekerjaan membuat musiknya menggunakan iPad, dengan tambahan perangkat iRig. Untuk mendapatkan ide yang lebih baik dari apa yang dilakukan para musisi di luar sana dengan iPad mereka, pada artikel cara menggunakan iPad untuk membuat musik ini Paseban juga menghadirkan aplikasi musik untuk iPad yang biasa digunakan oleh para musisi.

Banyak hal yang telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan musik dari iPad. Dan semakin banyak musisi yang melakukan pekerjaan membuat musiknya menggunakan iPad, dengan tambahan perangkat iRig. Untuk mendapatkan ide yang lebih baik dari apa yang dilakukan para musisi di luar sana dengan iPad mereka, pada artikel cara menggunakan iPad untuk membuat musik ini Paseban juga menghadirkan aplikasi musik untuk iPad yang biasa digunakan oleh para musisi. Seperti yang kita tahu, iPad memiliki kemampuan untuk hadir sebagai sebagai alat komposisi untuk membuat musik.

Hal ini karena, kualitas suara dari banyak aplikasi musik untuk iPad sungguh menakjubkan, iPad jelas memiliki kapabilitas yang cukup untuk memutar *music sample* yang kompleks dan menjadi virtual synthesizers, meskipun saat ini iPad memiliki batasan pada ruang media penyimpanan dan kemampuan multitasking jika dibandingkan Mac atau Windows PC. Namun tetap saja cara menggunakan iPad untuk menghasilkan musik terbilang bagus. Meskipun jika Anda terbiasa membuat musik menggunakan perangkat dan software desktop PC, tentu Anda tidak bisa menyangkal daya tarik sebuah perangkat yang bisa dibawa kemana saja, langsung bisa digunakan, berat kurang dari satu setengah pon.

Inspirasi bisa Anda dapatkan di mana saja, secara tiba-tiba, dan apabila tidak segera dituangkan umumnya Anda akan lupa, dengan cara menggunakan iPad, Anda dapat segera menuangkan inspirasi ide musik yang dapatkan di mana saja. Inilah yang menjadi daya tarik utama cara menggunakan iPad membuat musik. Selain sebagai alat untuk membuat musik secara independen, iPad juga bisa menjadi perangkat tambahan bagi sistem rekaman pada desktop PC Anda. Contoh dengan meng-install aplikasi AC-7 Core ( Anda bisa mendapatkannya di sini seharga $7.99), Anda bisa mengubah iPad Anda menjadi control surface bagi DAW(Digital Audio Workstation) desktop PC Anda. Langkah ini adalah awal cara menggunakan iPad untuk membuat musik.

AC-7 Core kompatible dengan DAW umum seperti: Apple's Logic, Pro Tools, MOTU's Digital Performer, Cubase/Nuendo, Cakewalk Sonar, Reaper, Ableton Live, Propellerhead Reason/Record, Sony Vegas/Acid Pro, FruityLoops Studio, Presonus Studio One, Adobe Audition, Mackie Tracktion, Final Cut Pro. Dan memiliki kemampuan yang sama dengan perangkat Mackie Control Universal Pro seharga $1.100.

Seperti yang Plimbi sebutkan, iPad masih belum sempurna untuk menggantikan fungsi desktop PC sebagai alat untuk membuat musik. Tetapi, cara menggunakan iPad untuk membuat musik sangat mungkin untuk dilakukan saat ini, dengan tambahan beberapa aplikasi yang akan dibahas berikut.

Virtual Synthesizers Beepstreet Sunrizer BeepStreet Sunrizer untuk iPad menawarkan virtual analog synthesizer dengan sample suara yang meyakinkan seharga $4.99. Anda bisa mendapatkan BeepStreet Sunrizer [di sini](http://itunes.apple.com/us/app/sunrizer-synth/id443663267?mt=8 "BeepStreet Sunrizer"). Moog Music Animoog Moog Music Animoog untuk iPad memang tidak akan memuaskan pengguna yang terbiasa menggunakan *hardware synthesizer* sebenarnya.

Namun sebagai virtual synthesizer yang bisa Anda bawa dan langsung bisa digunakan, aplikasi ini cukup untuk memberikan suara bernuansa Moog. Anda bisa mendapatkan Moog Music Animoog seharga $29.99 di sini. Reactable Systems Reactable Mobile Reactable Systems Reactable Mobile cukup mumpuni untuk digunakan dalam cara menggunakan iPad untuk membuat musik ambient dan electronic secara mobile. Anda bisa mendapatkan Reactable Systems Reactable Mobile seharga $9.99 di sini. Recording Environments Apple Garageband Apple GarageBand untuk iPad membawa seluruhnya kemampuan mendalam rekaman audio Mac OS ke tablet Apple. Dan aplikasi ini masih menduduki posisi terfavorit meskipun aplikasi rekaman lainnya telah melampaui kemampuan GarageBand. Anda bisa mendapatkan Apple GarageBand seharga $4.99 di sini.

Blip Interactive Nanostudio Blip Interactive NanoStudio untuk iPad mungkin tidak memiliki taji dan memiliki kemampuan yang masih perlu banyak pengembangan, tetapi aplikasi ini menawarkan cara menggunakan iPad untuk membuat musik dengan menyenangkan. Anda bisa mendapatkan Blip Interactive NanoStudio seharga $14.99 di sini. IK Multimedia Sampletank Anda yang biasa berkutat dengan musik digital pasti sudah tidak awam dengan nama IK Multimedia, dan perusahaan ini telah menghadirkan aplikasi untuk membantu Anda dalam cara menggunakan iPad untuk membuat musik bernama IK Multimedia SampleTank. Software SampleTank memang telah lama hadir untuk desktop PC, dan kali ini IK Multimedia menghadirkannya ke iPad dengan tampilan dan kemampuan yang sangat mirip, menawarkan *sound sample* yang bagus untuk Anda gunakan dalam membuat musik.

Image Line FL Studio Mobile HD Image Line FL Studio Mobile HD untuk iPad adalah aplikasi recording audio yang memiliki kualitas sama seperti GarageBand, hanya saja aplikasi dikhususkan bagi para musisi yang membuat musik techno. FL Studio juga telah hadir lama pada desktop PC, dan kini hadir untuk iPad seharga $19.99. Anda bisa mendapatkan Image Line FL Studio Mobile HD di sini. Paseban yakin kumpulan aplikasi diatas hanyalah sebagian kecil dari aplikasi yang bisa membantu pengguna membuat musik menggunakan iPad.

Apabila Anda memiliki rekomendasi aplikasi untuk membuat musik lainnya, baik untuk iPad ataupun platform tablet PC lainnya, please share with us in the comments below. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel