Tips Menjaga Mata dalam Menggunakan Gadget Android

1 Mar 2012 15:00 5290 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Masalah besar yang timbul ketika Anda menggunakan handphone Android, tidak lain dan tidak bukan adalah kesehatan mata Anda yang setiap harinya menatap layar gadget Android Anda tersebut. Maka dari itu, simak tips menjaga mata berikut ini.

Keberadaan gadget Android memang tidak bisa terbendung keberadaanya, perkembangannya semakin pesat saja akhir-akhir ini. Apalagi pergerakan "smartphone" yang memiliki sistem operasi Andorid dengan keberadaan lebar layar sebesar 4,3 inci banyak di gemari oleh kebanyakan pengguna smartphone di dunia. Dengan lebar layar 4,3 inci pengguna akan dimanjakan dengan kepuasaan dalam mengakses konten yang di gemarinya. Mulai dari bermain "game", mengakses gambar dan musik, mengerjakan urusan kantor dan yang terkhir tentu saja berinternet ria.

Dengan keasyikan mengakses konten-konten menarik yang ada tersebut, terbersit sedikit masalah besar jika Anda sebagai pengguna tidak sehat dalam menggunakan gadget Android yang dimiliki. Masalah besar yang timbul tidak lain adalah kesehatan mata Anda yang setiap harinya menatap layar besar gadget Android Anda. Jika Anda tidak sejenak mengistirahatkan mata, bisa timbul efek yang fatal di kemudian harinya. Sedikit informasi bagi Anda yang suka berlama-lama di depan layar gadget, Anda akan merasakan kelelahan yang cukup menguras karena kondisi otot mata menjadi mudah lelah.

Hal ini disebabkan oleh radiasi dari LCD backlit yang dipergunakan sebagian perangkat gadget Android dan perangkat platform lainnya seperti blackberry, Kindle, Xbox, iPhone maupun iPad Berikut ini adalah "tips menjaga mata" agar Anda bisa menghindari nyeri pada saat menggunakan gadget Android atau perangkat lainnya:

"Sering mengedipkan mata" Tips menjaga mata ini dirasa penting karena saat Anda berinteraksi dengan layar gadget yang memiliki radiasi tinggi, kondisi mata Anda akan kering dengan sendirinya. Dengan mengedipkan 2-3 kali mata normal bisa sedikit memberikan penyegaran dan pembasahan di kelopak mata. Jangan sampai Anda terlalu fokus dengan apa yang ada tanpa menghiraukan kondisi mata, karena mata memiliki tingkat kelelahan yang bervariasi tergantung kondisi apa yang ada di depannya. Rumus 20/20/20 Rumus dalam "tips menjaga mata" setiap 20 menit ini yaitu Anda bisa melihat obyek 20 kaki dengan waktu 20 detik mengarah ke obyek yang difokuskan.

Hal ini adalah tips yang sangat berguna untuk kembali memfokuskan dan me-"refresh" kondisi mata Anda yang lelah. Dengan menggunakan cara 20/20/20 ini bisa sedikit mengurangi kelelahan yang akan dirasakan. Melihat sesuatu benda dengan jarak jangkauan 20 kaki dari kondisi mata normal selama 20 detik sudah cukup untuk memfokuskan lagi kondisi mata Anda yang lelah dengan radiasi LCD blacklit tersebut.

Sesuaikan kecerahan dan kondisi pencahayaan di ruangan Dengan pengaturan pencahyaan ruangan, maka Anda sedikitnya sudah mengurangi bahaya radiasi secara langsung ke arah mata Anda. Jangan dianggap remeh nantinya karena pengaruh radiasi ke arah mata secara langsung akan mengakibatkan kondisi lensa mata berubah, dan akhirnya Anda harus menggunakan kacamata berlensa silinder untuk dapat melihat lagi. Tentu kerugian akan semakin timbul dengan hal sepele seperti pengaturan pencahayaan tersebut. [AR]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel