Apa yang Bisa Anda Lakukan dengan Handphone Bekas Anda?

23 Feb 2012 09:00 6701 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perkembangan teknologi handphone sangat pesat saat ini, apalagi dengan berubahnya tren smartphone yang makin menggaris bawahi dan mempertebal istilah handphone jadul. Masyarakat berbondong-bondong meninggalkan handphone bekas mereka dan upgrade ke smartphone.

Perkembangan teknologi handphone sangat pesat saat ini, apalagi dengan berubahnya tren smartphone yang makin menggaris bawahi dan mempertebal istilah handphone jadul. Masyarakat berbondong-bondong meninggalkan handphone bekas mereka dan upgrade ke smartphone, karena memang ia memiliki fitur dan fungsi yang lebih lengkap layaknya membawa PC (Personal Computer) di genggaman.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan dengan handphone bekas Anda? berikut Plimbi hadirkan beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan:

Jual Handphone Bekas

Menukar handphone bekas menjadi uang adalah pilihan yang paling umum akan dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Terdapat dua pilihan cara untuk menjual handphone bekas Anda. Cara pertama, paling mudah dan cepat, dan Anda tidak keberatan menjual handphone bekas Anda dengan harga murah, tentu saja dengan datang ke counter handphone atau pusat penjualan handphone dan menjualnya.

Tetapi apabila ingin mendapatkan harga yang lebih layak untuk handphone bekas Anda, cara menjual langsung ke pengguna adalah pilihan yang paling baik. Untuk melakukan hal ini Anda tidak perlu repot-repot menjajakan handphone bekas Anda, karena sekarang telah terdapat banyak sarana untuk menjual handphone bekas secara online dan gratis.

Tukar Tambah Handphone Bekas

Program tukar tambah handphone bekas ini makin marak bermunculan saat ini, dan umumnya diadakan oleh operator seluler. Seperti contoh program Smartfren di mana Anda bisa menukar handphone bekas Anda dengan produk handphone bundling operator ponsel ini.

Operator ponsel XL Axiata dan Axis juga pernah mengadakan program semacam ini, di mana Anda bisa tukar tambah handphone bekas Anda dengan smartphone BlackBerry.

Daur Ulang Handphone Bekas

Cara ini bisa menjadi cara paling ramah lingkungan yang bisa Anda lakukan dengan handphone bekas Anda. Sebuah ponsel berisi berbagai macam piranti elektronik seperti timah yang kebanyakan untuk menyolder komponen, arsenik, dan brominan sejenis senyawa atom dengan nomor 35 di mana akan menjadi limbah bumi dan membahayakan kesehatan. Makin banyaknya produk handphone berkeliaran, makin banyak pula sampah atau limbah yang dihasilkan. Namun kini telah muncul teknologi baru di mana limbah handphone bekas ini ternyata bisa juga didaur ulang.

Setiap bagian dari sebuah handphone dapat didaur ulang. Elemen logam di sebuah ponsel dan aksesorisnya dapat didaur ulang menjadi bahan baku seperti logam besi, sementara elemen plastik dapat didaur ulang menjadi plastik karet. Manfaat dari daur ulang handphone bekas ini adalah, jika semua orang yang memiliki handphone di seluruh dunia (4,6 miliar orang) menyumbangkan satu handphone bekasnya, maka akan mengurangi bahan baku sebanyak 370.000 ton serta mengurangi gas rumah kaca yang setara dengan 6 juta kendaraan bermotor.

Apabila Anda ingin mendaur ulang handphone bekas Anda, Anda bisa mengikuti program Nokia Give and Grow. Dalam program ini, Anda bisa menyumbangkan satu handphone bekas untuk didaur ulang dan satu bibit pohon akan ditanam, satu tindakan untuk dua manfaat. Nokia menyediakan Drop Box untuk program ini yang tersebar di seluruh Nokia Care Center Indonesia. Untuk mengetahui lokasi Nokia Care Center tersebut, klik link ini. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel