Apa Aplikasi Terpopuler Untuk Handset Saat ini?

13 Feb 2012 11:00 5235 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ekosistem aplikasi mobile berkembang sangat pesat saat ini. Dan dua OS (operating system) yang memicu hal ini adalah Android dan iOS. Lalu apakah aplikasi terpopuler pada kedua platform tersebut?

Ekosistem aplikasi "mobile" berkembang sangat pesat saat ini. Dan dua OS "operating system" yang memicu hal ini adalah Android dan iOS. Lalu apakah "aplikasi terpopuler" pada kedua "platform" tersebut? Berikut jawaban dari Chomp, perusahaan pengembang situs "search engine" aplikasi "mobile", khususnya aplikasi Android dan iOS. Sebagai catatan, data berikut adalah *trend* sepanjang tahun 2011. Chomp menemukan bahwa game tidak menjadi aplikasi terpopuler lagi di Android. Data menunjukkan game Android mengalami penurunan "download".

Hal ini berbeda dengan data aplikasi iOS dimana game justru mengalami kenaikan jumlah *download*. Secara statistik tercatat, hingga Desember 2011, "download" game di App world memiliki angka 36.1%, sementara Android Market sebesar 22%. Berikut grafik naik-turunnya game sepanjang pertengahan kedua 2011:

Lalu apa yang menjadi "aplikasi terpopuler" di Android? Aplikasi "entertainment". Untuk memberikan Anda gambaran, Netflix, Talking Tom, Crackle and Flixster, adalah jenis dari aplikasi "entertainment". Berikut grafik naik-turun nya aplikasi berkategori game, "utilities", dan "entertainment" untuk perangkat Android sepanjang pertengahan kedua tahun 2011:

Sementara pada "platform" iOS, aplikasi musik and "fitness" mengalami kenaikan popularitas. Tetapi aplikasi berkategori "utilities* masih menjadi aplikasi terpopuler. Berikut grafik naik-turun nya aplikasi berkategori "utilities*, musik, dan *fitness* iOS sepanjang pertengahan kedua tahun 2011

Chomp pun mengeluarkan daftar dari 10 aplikasi terpopuler Android dan iOS. Berikut daftar aplikasi terpopuler versi Chomp: **10 aplikasi terpopuler Android**

1. Pandora 

2. Facebook

3. Lookout Mobile Security

4. Zedge Ringtones

5. Advanced Task Killer 6. Handcent SMS

7. Dolphin Browser

8. The Weather Channel

9. TuneIn

10. GasBuddy

"10 aplikasi terpopuler iOS"

1. Angry Birds 

2. Facebook

3. Dropbox

4. IMDb

5. Pandora

6. Angry Birds Seasons

7. SoundHound 8. Netflix

9. Angry Birds Rio

10. Instagram Daftar ini memberikan gambaran lebih jelas tentang perbedaan penggunaan dari kedua *platform* Android dan iOS.

Meskipun aplikasi "entertainment" menjadi kategori aplikasi terpopuler, pengguna Android masih berfokus pada aplikasi berkategori "tools and utilities". Mulai dari "mobile" anti-virus dan *task killers*, hingga aplikasi yang bisa menggantikan fungsi aplikasi bawaan Andaroid, seperti Handcent SMS atau the Dolphin "web browser".

Sementara pada iOS, meskipun aplikasi terpopuler berada pada kategori *utilities*, pengguna lebih berfokus pada *having fun*, dengan tiga Angry Birds, aplikasi musik dan foto, serta Netflix menduduki posisi teratas. Satu-satunya aplikasi *utilities* yang berada di daftar tersebut adalah Dropbox. Secara keseluruhan, data statistik aplikasi terpopuler Chomp ini memberikan gambaran tentang bagaimana umumnya pengguna Android dan iOS memfungsikan perangkat *mobile* mereka. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel