Tambahan Berbagai Macam Sensor pada Update Windows 8

13 Feb 2012 08:30 4167 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seperti yang kita semua ketahui, untuk kategori teknologi mobile, Microsoft saat ini sedang menggarap Windows 8 sebagai platform bagi tablet PC ataupun kemungkinan smartphone. Dan kabar terbaru yang muncul blog resmi Microsoft adalah, mereka sedang update Windows 8 untuk menjadi lebih baik.

Seperti yang kita semua ketahui, untuk kategori teknologi "mobile", Microsoft saat ini sedang menggarap Windows 8 sebagai "platform" bagi "tablet" PC dan "smartphone". Dan kabar terbaru yang muncul "blog" resmi Microsoft adalah, mereka sedang "update* Windows 8" untuk menjadi lebih baik.

"Update" windows 8 dari Microsoft ini berfokus pada pengembangan sensor yang bisa memberikan pengalaman berbeda terhadap pengguna dalam mengoperasikan sebuah "tablet" PC. Tidak tangung-tanggung dalam menggarap "update" Windows 8, "operating system" yang sampai saat ini masih dalam versi beta, ini Microsoft menggarap baik dari sisi "hardware" maupun "software".

Dari sisi "hardware", Microsoft sedang mendesain beberapa sensor untuk mendukung "update" Windows 8" tersebut, di antaranya "ambient light sensor", "accelerometer, magnetometer, dan gyroscope". Selain mendesain sensor tersebut, Microsoft juga menggandeng pihak lain untuk mendukung penerapan sensor tersebut kepada sebuah *tablet* PC.

Microsoft mengungkapkan mendesain sebuah sensor lebih mudah apabila desain tersebut hanya untuk satu perangkat saja. Tetapi "update" Windows 8 nantinya akan berjalan pada berbagai macam bentuk perangkat, menggunakan berbagai macam "hardware" dari berbagai macam pabrikan. Oleh karena itu Microsoft menjadikan pabrikan Windows "hardware" untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan "update" Windows 8 ini. Sekaligus mengeluarkan "guide line" dan "Windows Certification Kit" atas hardware yang kompatibel dengan "update" Windows 8. Dari sisi "software", "update" Windows 8 akan mampu memanfaatkan sensor-sensor tersebut untuk fitur seperti *automatic screen rotation" dan "adaptive brightness" (tingkat kecerahan yang bisa berubah secara otomatis menyesuaikan tingkat cahaya yang ada pada lingkungan sekitar).

Karena "tablet" PC sengaja dibuat untuk keperluan "mobile" dan digunakan pada lingkungan yang berbeda-beda dengan "ambient" cahaya yang berbeda pula, layar yang memiliki sensor "adaptive brightness" bisa membantu kenyamanan penglihatan pengguna sekaligus untuk menghemat konsumsi baterai. Microsoft juga memperhatikan dari sisi pengembang aplikasi pihak ketiga. Microsoft menyatakan pengembang aplikasi akan dapat menggunakan sensor Application Programming Interface (API) Microsoft untuk menciptakan aplikasi "metro style" bagi "update" Windows 8. Microsoft juga menawarkan kepada pengembang aplikasi dukungan atas sensor "fusion", yang memungkinkan pengembang aplikasi untuk memanfaatkan beberapa sensor terbaru tersebut secara bersamaan apabila penggunaan sensor secara masing-masing dirasa belum cukup. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel