Benarkah Ikon Android ada Hubungannya dengan Karakter Game Gauntlet?

6 Feb 2012 17:00 4450 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dua tahun berselang, tepatnya pada bulan Agustus 2005, Google mengakuisisi Android Inc. dan terus mengembangkan sistem operasi untuk *mobile phone*. Tetapi tahukah Anda darimana asal-usul ikon Android tersebut?

Pada bulan Oktober 2003, perusahaan Android Inc. didirikan oleh beberapa pegawai perusahaan IT & Communication di California, Amerika Serikat. Perwujudan Android ini memiliki misi agar mobile device dapat lebih peka terhadap preferensi dan lokasi pemilik. Dua tahun berselang, tepatnya pada bulan Agustus 2005, Google mengakuisisi Android Inc. dan terus mengembangkan sistem operasi untuk mobile phone. Tetapi tahukah Anda darimana asal-usul ikon Android tersebut?

Jika Anda sempat merasakan kejayaan game-game Atari pada dekade 90-an, mungkin game yang satu ini masih melekat diingatan Anda, Gauntlet: The Third Encounter. Karakter utama pada game tersebut bernama Android. Makhluk berwarna abu-abu seperti robot ini memiliki dua antena di atas kepalanya. Matanya yang bulat, dan dua tangannya yang terjatuh mengindikasikan bahwa ikon Android yang saat ini digunakan berbagai merek smartphone dan tablet ini terinspirasi dari karakter game Gauntlet. Namun, Google Inc. dan Android Inc. belum menyatakan secara resmi darimana ikon Android tersebut berasal hingga saat ini.

Game yang dapat dimainkan di Atari Lynx ini sebenarnya sempat beredar, meskipun terbilang cukup singkat sekali mereka singgah di pasaran. Mungkin saja, sang desainer ikon Android dulunya adalah seorang penggemar permainan ini. Karena pada kenyataanya dua ikon Android ini memiliki banyak sekali kemiripan. Pertama, mereka sama-sama memiliki dua antena di atas kepala. Kedua, matanya sama-sama berbentuk bulat. Ketiga, bentuk tubuhnya hampir serupa. Yang membedakan dua karakter tersebut adalah ikon sistem operasi Android yang memiliki tubuh berwarna hijau dan lebih rampung. Tetapi, karaker Android di game Gauntlet ini telah lahir jauh sebelum si robot hijau ini muncul.

Memang bukan suatu hal yang mengejutkan jika Anda menemukan banyak ikon yang terinspirasi dari berbagai game. Setiap desainer berhak menciptakan sebuah karya seperti ikon, asal tidak menjiplak secara keseluruhan karakter yang pernah dibuat. Walaupun pada kenyataanya si hijau Android merupakan cucu dari Android Gauntlet, hal tersebut tidak menjadi masalah yang cukup pelik. Dan hanya Google Inc. serta perancang ikon Androidnya saja yang mengetahuinya. Namun, beda halnya jika suatu saat pemilik hak atas ikon Android Gauntlet menuntut Google Inc. dan Android Inc. untuk membayar royalti karena telah menggunakan ikonnya tanpa izin. Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana rupa bentuk tokoh pada game Gauntlet, berikut cuplikan videonya. [MS]

 

Android Logo Has Been Stolen from Atari Game "Gauntlet"

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel