Monitoring Perkembangan Kesehatan Balita Secara Online dengan KMS-Online

29 Jan 2012 11:00 8314 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Proses pertumbuhan balita memiliki sifat yang unik. Dalam tahap masa pertumbuhan, mereka akan berkembang secara fisik dan kecerdasan.

Proses pertumbuhan balita memiliki sifat yang unik. Dalam tahap masa pertumbuhan, mereka akan berkembang secara fisik dan kecerdasan. Balita akan berkembang dalam kecerdasan emosi, spritual, pikiran dan kreatifitas. Sementara bahasa, dan komunikasi pun tanpa disadari oleh orang tua ikut masuk ke dalam proses pertumbuhan balita.

Biasanya, setiap beberapa bulan Dinas Kesehatan akan melakukan pemeriksaan kesehatan bayi di Posyandu. Setiap proses pemeriksaan kesehatan balita, mereka akan diberikan Kartu Menuju Sehat (KMS). KMS adalah kartu yang berisi grafik pertumbuhan balita menggunakan perhitungan berdasarkan berat badan dan umur. Apabila KMS biasa diberikan saat melakukan cek kesehatan balita di Posyandu atau Puskesmas, sejak tahun 2009 ini grafik pertumbuhan balita dapat diakses secara online.

KMS-online.web.id adalah situs monitoring kesehatan bayi berbasis web yang dibuat agar orang tua dapat terbantu untuk mengetahui status gizi bayi dan balita. Metodenya tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan KMS biasa. Namun, karena dapat diakses online, fasilitas di dalamnya pun lebih kumplit dan efektif untuk dipergunakan. Orang tua dapat memantau bukan hanya kesehatan balita, tapi juga dapat mengetahui jadwal imunisasi, anjuran pemberian makanan, tahap perkembangan, serta rangsangan perkembangan untuk bayi dan balita.

Status Gizi

Untuk memulainya, Anda dapat mengunjungi situs kms-online (http://kms-online.web.id/). Situs yang dikembangkan oleh Javakedaton Indonesia ini memiliki tiga tahapan pemeriksaan. Pertama, pilih menu Status Gizi kemudian masukkan nama bayi/balita, isi kolom umur, lalu pilih jenis kelamin. Kemudian, masukkan berat badan anak dan gunakan titik sebagai pemisah (misalnya: 4.5). Setelah semua kolom terisi, Anda dapat langsung melihat hasil status gizi anak.

Di dalam hasil pemeriksaan kesehatan balita tersebut, Anda dapat mengetahui status gizi anak Anda dalam keadaan buruk atau tidak. Selain itu, Anda pun dapat melihat jadwal imunisasi, panduan pemberian makanan, tahap perkembangan bayi/balita, rangsangan perkembangan, dan juga tips kesehatan balita.

Berat Ideal (Terlentang)

Untuk tahapan kedua ini, Anda dapat memilih menu Berat Ideal (Terlentang). Masukkan nama bayi/balita Anda, tentukan panjang/tinggi tubuh yang diukur dalam posisi terlentang, pilih jenis kelaminnya, masukkan berat badan, lalu lihat hasil pemeriksaan yang telah dilakukan.

Menu ini dapat menunjukkan kepada Anda tentang status berat badan anak. Setelah proses pemeriksaan selesai, KMS-online akan menunjukkan apakah bayi/balita Anda memiliki berat yang ideal, atau malah kurus dan gemuk. Menu ini pun memberikan tips kesehatan balita mengenai berat ideal untuk sang anak.

Berat Ideal (Berdiri)

Menu ini dapat diakses seperti halnya menu Berat Ideal (Terlentang). Anda tinggal mengisi kolom-kolom yang ada, kemudian melihat hasil pemeriksaan. Setelah itu, Anda pun dapat membaca tips yang web ini berikan.

KMS Online sangat berguna bagi orang tua yang tengah memantau pertumbuhan kembang balita. Anda dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun, karena web ini pun hadir dalam versi mobile untuk Anda akses (http://kms-online.web.id/mobile/). Pertumbuhan gizi, tinggi dan berat anak dapat diukur dengan aplikasi yang telah KMS Online sediakan. Melalui pemeriksaan secara rutin, apabila balita mengalami gangguan pada pertumbuhannya, Anda dapat segera mendapatkan penanganan. [MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel