xPrintServer - Cara Mudah Print File PDF via WiFi

19 Jan 2012 18:30 6161 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di masa modern ini, banyak orang yang sudah mulai bekerja menggunakan *gadget* miliknya untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Jika Anda pengguna iPhone, kini sudah ada solusi cepat untuk melakukan print file PDF via WiFi yang akan membantu pekerjaan Anda.

Di masa modern ini, banyak orang yang sudah mulai bekerja menggunakan "gadget" miliknya untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Terlebih, sekarang sudah banyak beredar "smartphone" dan "tablet" yang diluncurkan dengan beberapa aplikasi penunjang pekerjaan kantor. Selain itu, spesifikasi dari perangkat-perangkat elektronik tersebut pun sudah sedemikian canggih. Dengan kondisi tersebut, menyimpan sebuah file penting ke dalam sebuah "tablet" atau "smartphone" menjadi hal yang lumrah.

Namun dalam hal mencetak atau melakukan "print file PDF" serta file penting lainnya dari "smartphone" atau "tablet" terbilang suatu hal yang susah-susah gampang. Hal ini didasarkan pada kelemahan perangkat itu sendiri, di mana tidak semua "smartphone" atau "tablet" mampu melakukannya. Atau bahkan tidak semua "printer" mendukung semua jenis perangkat. Namun kini Anda bisa melakukannya hanya dengan menggunakan sebuah alat bernama xPrintServer. xPrintServer merupakan sebuah alat yang bisa membantu Anda untuk melakukan print file PDF atau file lainnya melalui jaringan WiFi dari "smartphone" atau "tablet" yang Anda miliki.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mencetak file yang baru saja diunduh dan tersimpan di "tablet" atau "smartphone". Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda tinggal menghubungkan xPrintServer ke sebuah jaringan komputer melalui "port" USB. Selanjutnya, Anda bisa mencetak segala jenis file yang terdapat pada "smartphone" atau "tablet" Anda. Tentunya, sebelumnya Anda harus memastikan terlebih dahulu sudahkah terdapat sebuah "printer" yang terpasang di jaringan komputer tersebut atau belum. Sayangnya, xPrintServer ini hanya bisa melakukan "print file PDF" dan file penting lain dari perangkat iOS.

Jadi untuk "smartphone" atau "tablet" yang menggunakan OS Android atau BlackBerry, Anda tidak bisa memakai xPrintserver ini. Terlepas dari itu semua, yang lebih menariknya lagi adalah bahwa alat ini telah mendukung berbagai merk printer, seperti HP, Brother, Epson, Canon, Dell, Lexmark hingga Xerox. Alat yang membantu Anda untuk melakukan print file PDF via WiFi dari iPhone atau iPad ini dibuat oleh sebuah perusahaan bernama Lantronix. xPrintServer ini pun mudah untuk digunakan karena tidak memerlukan sebuah "driver", "software" maupun aplikasi tambahan lain.

Selain itu, ukurannya yang juga cukup kecil menjadikannya mudah untuk dibawa ke mana-mana. Bagi Anda yang menggunakan iPhone atau iPad, jika ingin menggunakan xPrintServer Anda diharuskan untuk menggunakan perangkat iOS versi 4.2 atau di atasnya. Hal ini diakibatkan karena iOS versi tersebut sudah menunjang "AirPrint" dan layanan "wireless printing" untuk iPad dan iPhone. AirPrint sendiri sudah lama diluncurkan oleh Apple, tetapi sayangnya hanya sedikit "printer" yang menunjang layanan tersebut.

Alat yang merupakan generasi pertama ini dijual dengan harga $149,95. Bagaimana menurut Anda mengenai "gadget" xPrintServer ini? Jika Anda tertarik untuk membeli alat yang bisa membantu Anda dalam melakukan print file PDF via Wifi ini, Anda bisa mengecek situs resmi perusahaannya, Lantronix di alamat ini .

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel