1

Koneksi Internet WiFi 5G dari Broadcom Segera Hadir

12 Jan 2012 13:00 4108 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kabar baik bagi Anda yang menyukai koneksi Internet cepat, karena Broadcom akan menghadirkan koneksi Internet WiFi sangat cepat, 5G generasi kelima teknologi WiFi.

Kabar baik bagi Anda yang menyukai koneksi Internet cepat, karena Broadcom baru saja meluncurkan chip 802.11ac sebagai chip pertama yang memiliki kecepatan hinga Gigabite. Chip terbaru ini sanggup menghadirkan koneksi Internet WiFi sangat cepat karena ia didasarkan pada generasi kelima teknologi WiFi.

Generasi kelima teknologi WiFi, atau lebih populer dengan nama 5G WiFi ditujukan untuk penanganan bandwith yang lebih tinggi seperti layanan streaming film HD. Broadcom mengklaim bahwa chip 802.11ac tiga kali lebih cepat koneksinya serta dayanya lebih efisien hingga enam kali lebih baik daripada 802.11n.

Produk koneksi Internet WiFi berkecepatan Gigabite milik Broadcom ini antara lain BCM4360, BCM4352, BCM43526 dan BCM43516, serta masih banyak lagi yang sedang digarap dengan partner terpercaya Broadcom.

Kenapa teknologi terbaru koneksi Internet WiFi berkecepatan Gigabite ini dinilai sangat menarik? Berikut alasannya:

"¢ Koneksi sangat cepat. Standar kecepatan yang dimiliki chip ini adalah hingga 3,6Gbps. Tentu saja hal ini berbeda jauh dengan koneksi Internet WiFi saat ini yang menggunakan chip 802.11n yang hanya berkepatan maksimal 600Mbps.

"¢ Dirancang untuk video. Teknologi koneksi Internet WiFi ini menggunakan 5 Gigahertz Band. Gigahertz jenis ini memiliki saluran yang lebih luas untuk memberikan kapasitas lebih, yang berarti saluran dapat membawa data lebih banyak data seperti stream High Definition (HD) video dan bahkan mungkin stream video 3D.

"¢ Dirancang untuk beberapa perangkat dan bisa melakukan streaming secara bersamaan. Saluran yang lebih luas tersebut juga berarti bisa mendukung beberapa perangkat untuk mengirim banyak data secara bersamaan. Contoh, di satu rumah terdapat beberapa pengguna yang sedang melakukan streaming video HD, memainkan game online dan konferensi video secara bersamaan.

"¢ Daya lebih efisien. Saluran yang lebih luas memungkinkan lebih banyak data untuk melakukan perjalanan melalui jaringan koneksi Internet WiFi, yang berarti proses download hanya akan memakan waktu lebih sedikit. Oleh karena itu, switch otomatis antara posisi aktif dan standby suatu perangkat, berpengaruh terhadap penggunaan daya yang menjadi lebih hemat.

"¢ Sinyal lebih bagus. Dari segi jarak jangkauan secara teknis tidak mengalami perubahan dibandingkan chip lama. Tetapi adanya beamforming technology yang pada dasarnya ia mengkompres sinyal, seperti sinar laser yang dikompres lebih kecil untuk membuatnya lebih kuat membuat sinyal koneksi Internet WiFi bisa lebih kuat bahkan saat harus menembus beton.

Rencananya, Broadcom akan mulai memperkenalkan produk berteknologi koneksi Internet WiFi tercepat ini pada pertengahan tahun, dan akan muncul pada berbagai macam perangkat dari ponsel, laptop, hingga router WiFi. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel