Gaze - Teknologi Software Pengontrol Gadget via Gerakan Mata

13 Jan 2012 08:00 4905 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sampai saat ini perkembangan teknologi informasi masih digemparkan dengan Siri atas keberhasilannya menghadirkan kontrol suara, tetapi kini ada salah satu produk bernama Gaze ciptaan Tobii, yang juga mampu mengontrol perangkat komputer maupun laptop dengan gerakan mata.

Sampai saat ini perkembangan teknologi informasi masih digemparkan dengan Siri atas keberhasilannya menghadirkan kontrol suara untuk mengoperasikan produk Apple iOS. Tetapi salah satu produk yang ikut dipamerkan dalam acara tahunan terbesar dalam bidang IT, CES (Consumer Electronics Show), bernama Gaze ciptaan Tobii, vendor terkemuka di dunia eye tracking dan eye control.

Gaze ini merupakan sebuah teknologi software yang memungkinkan komputer untuk mengetahui persis di mana pengguna melihat, selain itu juga mampu merubah perhatian penggemar IT kedepannya.

Selain Gaze, salah satu teknologi software yang diberi nama Senseye juga sebelumnya menggemparkan dunia teknologi di mana teknologi software ini memiliki kemampuan untuk mengontrol ponsel hanya dengan sebuah gerakan mata yang teridentifikasi.

Perbedaannya dengan Gaze adalah, teknologi eye-tracking yang dimiliki Gaze memungkinkan Anda untuk mengontrol komputer tanpa menggunakan tangan, tetapi dengan pandangan. Terlihat cukup besar perbedaannya, Gaze untuk komputer sedangkan Senseye ditujukan untuk ponsel.

Perkembangan teknologi informasi terbaru ini berfungsi dan didemonstrasikan oleh Microsoft Windows 8 dengan Metro Interface miliknya. Dan seperti yang Anda tahu, Windows 8 Metro Interface yang masih belum rilis secara resmi ini akan mendukung perangkat PC, Tablet PC, maupun Windows Phone.

Pada video yang Plimbi sajikan di bawah, dapat disimpulkan bahwa Gaze adalah sebuah perangkat kompak berbentuk persegi panjang kecil yang berada di bawah layar laptop dan bisa mendeteksi gerakan mata Anda menggunakan sensor khusus.

Untuk mengaktifkan Gaze, Anda bisa melakukannya dengan menekan trackpad sekali, dan dalam beberapa detik Gaze akan menemukan pupil mata Anda dan menghitung titik pandangannya menggunakan algoritma matematika. Gaze juga dilengkapi dengan fitur had movement box di mana pengguna tetap bisa menggerakkan kepala saat menggunakan perangkat dengan perkembangan teknologi informasi terbaru ini, dan secara otomatis sensor akan mencari lagi dimana letak pupil mata Anda tersebut.

Dalam hal ketepatan, Tobii mengatakan bahwa sensor memiliki ukuran seperempat inci, oleh karena itu untuk ukuran objek yang lebih kecil, seperti ikon atau teks Anda bisa menggunakan trackpad atau mouse.

Secara teori, Tobii mengkonfirmasi bahwa perkembangan teknologi informasi Gaze juga bisa diimplementasikan pada tablet PC, tetapi target pasar Gaze saat ini hanyalah PC dan laptop, dengan beberapa alasan tertentu.

Tobii mengatakan bahwa Gaze tidak dijual langsung kepada konsumen, tetapi bekerja sama dengan vendor laptop untuk menyematkan perangkat eye-control ini di dalam produk laptopnya. Apabila Anda ingin mengetahui lebih detail tentang Gaze, Anda bisa mengunjungi situs resmi Tobii di link ini http://www.tobii.com/gaze-interaction. [RY]

 

Tobii demo of an eye controlled natural user interface

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel