Keliling Dunia Lewat Software Navigasi Nokia Maps 3D

6 Jan 2012 14:00 14784 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tampilan peta yang awalnya hanya berupa tampilan datar dua dimensi dengan rute jalan dan keterangan lokasi. Kini Anda bisa menikmati tampilan peta yang lebih menyenangkan dengan gambaran 3 dimensi.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tampilan peta yang awalnya hanya berupa tampilan datar dua dimensi dengan rute jalan dan keterangan lokasi. Kini Anda bisa menikmati tampilan peta yang lebih menyenangkan dengan gambaran 3 dimensi. Merujuk pada perkembangan produk 3D yang semakin canggih, Nokia pun berinisiatif mengembangkan sebuah software navigasi dengan tampilan 3D, yakni Nokia Maps 3D.

Setelah Google Maps merilis mesin navigasinya yang berbasis WebGL, Nokia pun telah melangkah satu tingkat diatasnya dengan membawa Google Earth 3D dengan gaya peta ke dalam webGL. Anda tidak hanya bisa mengelilingi bumi tapi juga dapat terbang ke suatu tempat dalam bentuk tiga dimensi melalui *browser*.

Langkah ini semakin mempertegasi posisi Nokia dalam dunia pemetaan digital dan memperketat persaingan di pasar *software* navigasi. Software navigasi terbaru dari Nokia secara garis besar memiliki kemampuan untuk melihat peta berikut faslitas *zoom* untuk melihat peta dengan lebih detail seakan Anda berada di lokasi tersebut. Model 3D dari beberapa kota besar di dunia dilengkapi dengan kualitas foto yang realistik.

Ditambah lagi Anda bisa membagi hasil pencarian rute yang dihasilkan *software* navigasi ini melalui jejaring sosial. Data 3D dari berbagai tempat di dunia ini diperoleh dari hasil kolaborasi dengan Nokia C3, penyedia *mapping* 3D yang menawarkan model-model dari dunia yang berkualitas realistik. Dengan adanya *software* navigasi ini Anda mempunyai opsi baru untuk menjelajahi beberapa kota di dunia secara virtual. Hingga saat ini, Nokia Maps 3D hanya bisa digunakan untuk melihat *landmark* dari kota-kota besar di dunia seperti London, New York, dan San Fransisco.

Secara detail aplikasi peta berbasis web ini sampai sekarang hanya mendukung 20 area metropolitan seperti San Fransisco, New York, Copenhagen, Milan, Madrid, Prague, dan lainnya. Namun kedepannya jumlah ini akan semakin berkembang. Untuk level sudut pandang jalan, Nokia Maps baru mencakup 5 kota saja antara lain Copenhagen, Helsinki, London, Oslo dan San Fransisco. Rencananya Nokia juga akan memperluas fitur Maps 3D ini pada ponsel.

Nah, jika Anda ingin merasakan sensasi *software* navigasi Nokia Maps 3D secara langsung cukup dengan mengaktifkan tampilan 3D pada pada browser peta maps.ovi.com, sebelumnya siapkan koneksi internet yang cepat untuk dapat menikmatinya dengan lancar. Untuk melihat format 3D dibutuhkan sebuah *plugin* yang kompatibel untuk *browser* pada PC, serta sistem operasi Mac OS X dan Windows. *Software* ini bisa Anda dapatkan di sini Video berikut adalah demo Ovi Maps 3D di Perancis menggunakan *browser* Google Chrome dari PC Windows 7. [RK]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel