Pico Projector, Proyektor Mini Kemampuan Maxi

5 Jan 2012 13:00 6615 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kebutuhan akan LCD proyektor yang ringan dan mudah dibawa kemanapun sudah sangat mendesak, sehingga banyak produsen yang menciptakan sebuah proyektor mini. Salah satu proyektor impian tersebut adalah pico projector.

Kebutuhan akan LCD proyektor yang ringan dan mudah dibawa ke manapun sudah sangat mendesak, sehingga banyak produsen yang menciptakan sebuah proyektor mini. Salah satu proyektor impian tersebut adalah Pico Projector.

Pico Projector adalah proyektor terkecil yang ada saat ini. Dengan ukuran mulai dari sebesar ponsel hingga setebal buku tulis. Bahkan, beberapa ponsel dan kamera juga sudah bisa diintegraiskan dengan proyektor mini ini. Biasanya Pico Projector ini dikenal juga sebagai proyektor genggam, proyektor saku, proyektor mobile atau nano proyektor.

Pico Projector adalah sebuah teknologi baru yang menerapkan penggunaan proyektor pada perangkat mobile. Ini adalah salah satu akibat dari banyaknya perangkat portable yang berkembang seperti ponsel, PDA, kamera digital, yang memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar untuk menangani bahan presentasi tetapi tidak dapat mengakomodasi tampilan di layar. Proyektor mini ini melibatkan perangkat keras yang diperkecil dan perangkat lunak yang dapat memproyeksikan tiap gambar digital ke permukaan terdekat seperti dinding. Alat ini pun bisa diintegrasikan pada smartphone Anda.

Pada tahun 2008, Microvision menciptakan inovasi terbaru yaitu prototype proyektor mini dengan kemampuan untuk memproyeksikan gambar besar ke layar lebar seperti dinding dan sebagainya. Alat inilah yang dinamai dengan Pico Projector atau lebih dikenal dengan PicoP. Alat ini terdiri dari 3 lens laser LED (warna hijau, biru, dan merah), MEMS scanner optik dan elektronika. Keseluruhan unit PicoP ini berukuran panjang kurang dari 10 milimeter, dengan kemampuan menampilkan gambar ataupun video. Proyektor laser ini mempunyai gambar dengan resolusi 850 x480 pixel yang setara dengan kualitas DVD.

Cara Kerja

PicoP ini bekerja dengan menembakkan sinar laser melalui sebuah cermin getar, yang kemudian akan memantulkan sinar untuk menghasilkan piksel yang memberi bentuk pada suatu gambar. Dari piksel warna tersebut diperoleh dengan kombinasi pengaturan laser merah, biru dan hijau. Intensitas dari tiap sumber cahaya yang bervariasi dapat menghasilkan corak bayangan dan warna yang lengkap.

Proyektor mini dari microvision ini dilepas ke pasaran dengan kisaran harga antara IDR 1.000.000 untuk model lama, dan IDR 9.000.000 untuk proyektor terbaru yang menggunakan teknologi laser. Sebagian besar dijual antara IDR 2.000.000 - 4.000.000 dengan harga ini sudah termasuk tas, tripod beberapa kabel dan baterai. Anda mungkin juga bisa menemukan remote control dan kartu memori tambahan.[RK]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel