Tips Memilih Smartphone Antara iPhone atau Android

4 Jan 2012 11:00 5379 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah Anda salah seorang yang berencana membeli *smartphone* tetapi masih bingung memilih antara iPhone atau Android? Simak tips di artikel ini.

Apakah Anda salah seorang yang berencana membeli smartphone tetapi masih bingung memilih antara iPhone atau Android? Ketika mencari sebuah *smartphone* baru, memilih iPhone atau Android bukan sesuatu yang gampang. Kedua ponsel tersebut menawarkan fitur yang hampir sama, dan sulit untuk membedakan keduanya.

Jika Anda melihat lebih dekat, dapat ditemukan beberapa perbedaan. Dari perbedaan inilah yang akan dijadikan panduan Plimbi untuk membantu Anda memutuskan apakah iPhone atau Android yang tepat untuk Anda gunakan. **Hardware** Pemenang : iPhone Perangkat keras inilah yang dapat dibedakan dengan jelas antara iPhone atau Android. Apple menawarkan pengguna sebuah pilihan saja berupa model apa yang Anda inginkan, bukan produsen ponsel dan model yang mana.

Sudah pasti, beberapa orang akan lebih suka memilih lebih dari satu pilihan. Sementara itu banyak kabar beberapa ponsel Android mudah panas ataupun membeku dan juga beberapa modelnya dikeluarkan dengan kualitas rendah. **Keterbukaan Platform** Pemenang : Android Fakta bahwa sistem operasi Android merupakan open source pasti disambut gembira banyak orang, tetapi bagi sebagian besar *end-user* yang lebih penting adalah kebebasan dalam hal apa yang dapat dijalankan pada suatu ponsel, apakah itu iPhone atau Android. Dan sampai sekarang Google belum menolak aplikasi-aplikasi yang illegal, sementara Apple sudah mulai memperketat kebijakannya.

**Multitasking** Pemenang : Seri Sangat melegakan bahwa akhirnya iPhone didukung dengan *multitasking* pada iOS 4. Sedangkan pada Android sendiri dukungan *multitasking* juga belum maksimal khususnya pada Android 2.2. Menurut Paseban, baik Android atau iPhone masih perlu mengembangkan *multitasking* pada perangkat-perangkat mereka selanjutnya. **Daya Tahan Baterai** Pemenang : iPhone Dikarenakan lebih banyak variasi *hardware* yang digunakan oleh Android, daya tahan baterai pada Android juga lebih bervariasi dan kebanyakan kurang dari iPhone.

Sementara itu, iPhone model-model awal memiliki baterai yang membutuhkan pengisian hampir tiap hari, tapi hal ini tidak berlangsung lama. Dengan model yang sekarang, Anda bisa berpergian dengan mudah tanpa membutuhkan pengisian baterai. Ponsel Android dapat menjalankan begitu banyak variasi Aplikasi untuk menghemat baterai, tetapi apakah ponsel tersebut membutuhkan pengisian baterai setiap hari atau tidak, tidak pernah terdengar jelas. **Gaming** Pemenang : iPhone Beberapa tahun lalu, video game khususnya mobile video game, hanya didominasi oleh Nintendo DS dan Sony PSP. Tetapi iPhone telah mengubah itu semua. iPhone menjadi pemain terbanyak di pasar mobile video *game* dengan puluhan ribu permainan yang ditawarkan.

Pada kenyataannya, pertumbuhan iPhone sebagai *platform game* dinilai beberapa pengamat akan menggantikan Nintendo dan Sony sebagai platform terkemuka dalam pengembangan *game*. Sementara itu, jika dibandingkan jumlah game pada Android Market saat ini masih belum ada apa-apanya dengan *game* yang sudah tersedia di App Store. Selain itu beberapa pembuat *game* tidak ingin membuat game versi Android dikarenakan kurangnya standar dari Google terhadap kemampuan perangkat mereka. **Sinkronisasi** Pemenang : Android iPhone bisa jadi merupakan perangkat yang hebat ketika dia berdiri sendiri, tapi yang mengejutkan adalah bahwa iPhone sangat tertinggal ketika harus melakukan sinkronisasi.

iPhone mengharuskan penggunanya untuk tersambung dengan iTunes yang ada pada komputer agar bisa melakukan sinkronisasi. Pada Android telah didukung dengan oleh sinkronisasi OTA (over-the-air) dengan akun Google. Bahkan jika suatu saat ponsel Android Anda hilang, cukup dengan memasukkan akun google pada perangkat baru Anda, dan Anda dapat merasakan seolah-olah menggunakan perangkat lama Anda. . [iPhone] **Kesimpulan** Skor keseluruhan diperoleh Android : 2 dan iPhone : 3 Tentu saja skor yang ditampilkan di atas sangat subjective, namun Anda boleh saja menambahkan penilaian sendiri.

Tips ini kami sajikan sebagai tambahan bahan pertimbangan Anda dalam menentukan perangkat iPhone atau Android yang akan Anda beli. Anda perlu memutuskan faktor terpenting yang Anda inginkan dan kemudian memilih ponsel yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Terus terang, menurut paseban kedua perangkat tersebut hampir berimbang secara keseluruhan. [RK]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel