Prediksi Teknologi Mobile Yang Akan Naik Daun di Tahun 2012 - Perang Mobile Chips

3 Jan 2012 12:00 2916 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam dunia teknologi *mobile*, Anda pasti pernah mendengar *chipset smartphone* dengan nama NVIDIA Tegra, Samsung Exynos, Qualcomm Snapdragon, Texas Instrument OMAP, Marvell Hummingbird, atau Broadcom dalam spesifikasi sebuah *smartphone* atau *tablet* PC. Semua *chipset* tersebut berbasis pada lisensi CPU ARM milik ARM Holding, perusahaan semiconductor dan *software* multinational Inggris yang bermarkas besar di Cambridge.

Melanjutkan artikel Prediksi Teknologi Mobile Yang Akan Naik Daun di Tahun 2012 sebelumnya (selengkapnya klik di sini, kebanyakan industri teknologi saat ini beralih ke ranah teknologi *mobile*.

Dan yang terjadi pada 2012 nanti adalah terjadi pertempuran intens *mobile chips* antara ARM, yang saat ini mendominasi, melawan Intel yang akan mulai memasuki teknologi mobile.

**Mobile Chip: ARM vs Intel** Dalam dunia teknologi *mobile*, Anda pasti pernah mendengar *chipset smartphone* dengan nama NVIDIA Tegra, Samsung Exynos, Qualcomm Snapdragon, Texas Instrument OMAP, Marvell Hummingbird, atau Broadcom dalam spesifikasi sebuah *smartphone* atau tablet* PC.

Semua *chipset* tersebut berbasis pada lisensi CPU ARM milik ARM Holding, perusahaan semiconductor dan software multinational Inggris yang bermarkas besar di Cambridge. Sementara Intel, produsen CPU sistem dominan lainnya, tidak tercium kehadirannya dalam ruang teknologi *mobile*.

Ini adalah situasi yang akan berubah pada tahun 2012. Intel sudah lama ingin menerapkan "Intel Inside" pada ponsel. Dan upayanya memasuki dunia teknologi *mobile* mulai terlihat jelas saat perusahaan *semiconductor* yang bermarkas besar di California, USA, ini menunjukkan Medfield—CPU untuk *smartphone* dan *tablet* PC hasil pengembangan dari CPU Atom yang telah populer untuk *netbook*—pada bulan Desember 2011.

Intel sejauh ini sangat terkenal dalam merancang *chip* yang menekankan kinerja atas efisiensi daya. Dengan kata lain tantangan Intel untuk memasuki ranah teknologi *mobile* adalah, prosesor mereka memiliki spesifikasi yang impresif tetapi akan menyedot banyak daya baterai.

Medfield dirancang Intel untuk mengubah semua itu. Kekurangan Atom yang tidak memiliki *system-on-a-chip* (SoC), sehingga ia tidak bisa efisien seperti ARM, telah disempurnakan pada Midfield. Sehingga Midfield dengan SoC akan sesuai dengan kebutuhan *low-power smartphone* dan *tablet* PC. Yang menjadi pertanyaan adalah mampukah Intel sukses masuk ke dunia teknologi *mobile* dan menggeser, atau setidaknya berada sejajar, dominasi ARM.

Karena nama-nama besar seperti Texas Instruments, Qualcomm, Motorola, Marvell, Nvidia, Samsung dan perusahaan lain yang telah berada di genggaman lisensi ARM, tidak akan semudah itu untuk berbalik ke Intel. Bahkan Microsoft pun, yang bisa dibilang pasangan *hardware-software* Intel paling serasi, sedang mengembangkan Windows 8 untuk smartphone maupun *tablet* PC berbasis CPU ARM. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel