Prediksi Teknologi Mobile Yang Akan Naik Daun di Tahun 2012 - Augmented Reality

3 Jan 2012 10:00 3401 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dilihat dari perkembangan yang terjadi pada tahun 2011, tahun 2012 menjanjikan suatu tahun yang sibuk dalam dunia teknologi mobile. Didukung oleh tren *smartphone* dan *tablet* PC pada tahun ini, tren pada 2012 nampaknya akan terjadi seputar menyempurnakan teknologi yang ada di dalam perangkat *mobile* tersebut.

Dilihat dari perkembangan yang terjadi pada tahun 2011, tahun 2012 menjanjikan suatu tahun yang sibuk dalam dunia teknologi mobile.

Didukung oleh tren *smartphone* dan *tablet* PC pada tahun ini, tren pada 2012 nampaknya akan terjadi seputar menyempurnakan teknologi yang ada di dalam perangkat *mobile* tersebut. Berikut prediksi Paseban tren teknologi *mobile* pada tahun 2012 nanti yang mana akan membawa dampak cukup signifikan bagi kehidupan manusia.

Augmented Reality Augmented reality saat ini sudah memasuki teknologi mobile, namun dalam hal penerapannya bisa dibilang masih dalam bentuk sederhana. Pada 2012 nanti, prediksi Paseban mengatakan Augmented Reality akan memasuki fungsi lebih dalam memudahkan kehidupan manusia.

Aplikasi berbasis lokasi akan lebih memanfaatkan teknologi mobile ini. Bahkan Augmented Reality akan muncul di *business cards*, *coffee shops*, hingga mobil dan *eye glasses*. Augmented Reality adalah teknologi *mobile* yang menempatkan objek virtual menjadi satu dengan objek dunia nyata.

Atau cara paling mudah dan keren untuk mengatakannya adalah "reality with style". Alih-alih hanya melihat apartemen Anda melalui ponsel, Anda bisa bermain *game* Star Wars diatas tampilan tersebut. Atau alih-alih hanya mencari sebuah restoran terdekat melalui peta, Anda bisa mengarahkan kamera ponsel ke segala arah untuk melihat petunjuk lokasi dan ulasan restoran tersebut diatas tampilan kamera ponsel. Hal diatas hanyalah sebagian prediksi perkembangan teknologi *mobile* Augmented Reality dari apa yang sudah ada sekarang.

Tidak menutup kemungkinan akan muncul aplikasi baru dengan kemampuan dan fungsi yang lebih canggih dan lebih memudahkan kehidupan manusia. Menurut sebuah laporan dari Visiongain, 25% dari semua aplikasi menjanjikan akan menampilkan beberapa jenis Augmented Reality.

Tentu saja adopsi teknologi *mobile* ini tergantung dari perangkat yang mendukungnya, perangkat berkemampuan *high-speed* dan *camera-ready*. Tetapi dari fenomena yang terjadi sekarang, tahun 2012 nanti akan banyak bermunculan ponsel berspesifikasi mumpuni dan berharga murah untuk mendukung Augmented Reality.

Jadi, kemungkinan besar pada tahun 2013 Augmented Reality bukanlah teknologi *mobile* yang asing lagi. [RY] *Pembahasan selanjutnya, bisa klik di sini

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel