Teknologi Terbaru Siri Kini Bisa Digunakan Pada iPhone Generasi Lama

1 Jan 2012 13:00 3667 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berita yang baru muncul minggu ini adalah *untethered jailbreak* iOS 5.0.1 untuk perangkat selain Apple's iPhone 4S dan iPad 2 telah muncul. Hal ini merupakan kabar baik untuk pengguna perangkat Apple versi lama, khususnya yang ingin merasakan kehebatan **teknologi terbaru** dari Apple, Siri.

Berita yang baru muncul minggu ini adalah untethered jailbreak iOS 5.0.1 untuk perangkat selain Apple's iPhone 4S dan iPad 2 telah muncul. Hal ini merupakan kabar baik untuk pengguna perangkat Apple versi lama, khususnya yang ingin merasakan kehebatan teknologi terbaru dari Apple, Siri. Pengembang IOS "chpwn" mengumumkan pada blog resminya hari Jumat lalu, 23 Desember 2011, bahwa "port" gratis Siri, bernama Spire, telah hadir secara legal dan tersedia untuk perangkat jailbroken iOS 5.

Memang "port" teknologi terbaru Apple ini bukanlah yang pertama, ada beberapa hacker yang berhasil menggunakan Siri pada iPhone 4 sebelumnya. Tetapi Spire ini adalah "port" pertama yang bisa dibilang legal dan memungkinkan pengguna untuk menginputkan proxy server sendiri, karena Apple server memiliki sistem keamanan di mana perangkat selain iPhone 4S tidak bisa menggunakannya. Spire kini tersedia untuk iPhone 4, iPhone 3GS, iPad, serta iPod Touch generasi ketiga dan keempat. Pengguna bisa download Spire dari Cydia, aplikasi jailbreak perangkat iOS paling populer.

Spire adalah tool baru untuk menginstal Siri dan memfungsikan teknologi terbaru tersebut pada perangkat iOS versi lama yang sebelumnya tidak didukung—catatan harus jailbreak. Spire sebenarnya berukuran kecil, tetapi saat menginstal akan secara otomatis menginstal Siri langsung dari server Apple, oleh karena itu ia membutuhkan kapasitas sekitar 100MB dan koneksi WiFi untuk instalasi.
Tetapi sayangnya, Spire bukanlah solusi komplit untuk menggunakan teknologi terbaru Siri, masih terdapat beberapa kekurangan. Masih dibutuhkan autorisasi dari Apple untuk menggunakan Siri. Memang, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Spire memungkinkan pengguna untuk memasukkan alamat proxy server sendiri. Tetapi mendapatkan proxy server yang benar dan autorisasi dari Apple masih membutuhkan adanya iPhone 4S, baik milik sendiri atau bisa meminjam dari teman, dan juga membutuhkan satu langkah kerja yang cukup sulit.

Cara Kerja

Autorisasi Apple ini berbentuk "tokens" resmi dari Apple. Sistem kerjanya adalah saat pertama kali menjalankan teknologi terbaru Apple ini, ia akan meminta server Apple sebuah data sertifikasi. Kemudian data sertifikasi ini akan diisi oleh data yang didapat oleh Siri dari perangkat dimana ia diinstal. Kemudian Siri mengembalikan data sertifikasi yang telah terisi tersebut kepada Apple. Apabila data dinilai valid oleh Apple, kemudian perangkat tersebut akan mendapat "token". "Token" inilah yang kemudian bisa di-copy dan digunakan pada perangkat iOS lain.

Tantangan yang muncul kemudian adalah Apple dapat dengan mudah blacklist ID sebuah perangkat yang terbukti mengakses teknologi terbarun miliknya ini dengan data trafik yang cukup besar dan mencurigakan. Tetapi pendekatan lain telah ditemukan dan bisa diterapkan pada Spire. Cabang dari Proxy Siri memungkinkan untuk diciptakan, dalam artian pengguna iPhone 4S bisa menciptakan proxy mereka sendiri, dan dari cabang inilah kemudian distribusi ke perangkat lain bisa dilakukan. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel