Memperbaiki Error Expired Certificate pada Ponsel Symbian

28 Dec 2011 15:30 7097 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak pengguna Symbian mengalami masalah instalasi pada aplikasi *mobile*, terutama dengan *software certificate validity* yaitu Error "Expired Certificate". Bagaimana cara mengatasi pesan error ini?

Perusahaan yang membuat operating system Symbian, didirikan pada tahun 1998. Perusahaan ini dimiliki bersama oleh beberapa produsen telepon utama ponsel termasuk Nokia, Sony Ericsson, Samsung, Motorola dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk menghasilkan operating system standar untuk generasi baru ponsel yang memiliki kemampuan komputasi yang sangat kuat (yang kini disebut smartphone). Symbian merupakan cara bagi produsen untuk tetap mengendalikan operating system ponsel mereka sendiri.

Pada tahun 2008 perusahaan Symbian dibeli sepenuhnya oleh Nokia dan secara bersamaan berubah menjadi Symbian Foundation, dengan tujuan menjadi open source operating system pada tahun 2010. Langkah pertama dari proses ini adalah membuat Symbian menjadi free-of-charge, dan sekarang tersedia gratis untuk setiap produsen yang ingin menggunakannya dalam produk mereka.

Symbian tertanam di lebih dari 250 juta perangkat dan banyak ponsel yang menggunakannya sebagai operating system mereka. Operating system ini paling banyak digunakan pada perangkat komputasi portabel. Produsen yang menggunakan Symbian di ponsel mereka cenderung tidak mencantumkannya pada kotak telepon atau pada layar start-up, sehingga sebagian besar pengguna Symbian tidak menyadari bahwa mereka adalah pengguna Symbian.

Banyak pengguna Symbian mengalami masalah instalasi pada aplikasi mobile, terutama dengan software certificate validity. Error "Expired Certificate" sangat umum di ponsel Symbian S60v5 dan Symbian^3. Symbian^3 sendiri merupakan versi ketiga dari operating system Symbian di mana membawa perbaikan di tiga bidang utama yakni Graphical User Interface, Multimedia dan Kinerja.

Error "Expired Certificate" pada ponsel Symbian ini biasanya disebabkan karena langkah-langkah keamanan yang diperkenalkan pada versi baru dari OS Symbian, melarang instalasi aplikasi lama dan sertifikat yang tidak valid. Setiap aplikasi untuk Symbian memiliki sertifikat, biasanya berlaku selama enam bulan sejak tanggal penerbitan. Ketika periode ini berakhir, aplikasi Anda akan mulai menampilkan "Expired Certificate" yang memblok proses instalasi dari aplikasi ini.

Untuk memperbaiki error "Expired Certificate" pada ponsel Symbian, maka pilihan pertama yang harus Anda lakukan adalah bersabar. Kenapa? Karena sebagian developer akan memperbarui aplikasi mereka sehingga bisa kompatibel dengan firmware terbaru dan meminimalisasi kejadian error yang sebelumnya ada.

Jika Anda tidak cukup sabar, ada cara lain untuk memperbaiki error "Expired Certificate" ini, salah satunya adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi. Sign4ever, aplikasi sederhana yang mampu memecahkan error "Expired Certificate". Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah, yaitu :

  • Pertama download Sing4ever pada PC Anda. Copy aplikasi yang tidak kompatibel (.sis atau file. Sisx.) dan Sing4ever dalam folder yang sama. Jalankan Sing4ever dan ikuti instruksi yang muncul pada layar, Anda hanya harus menekan tombol yang berisi petunjuk untuk melanjutkan.

  • Setelah Anda menekan salah satu tombol, pop screen pada layar akan menghilang dan Anda akan melihat dua file dalam folder Signed.sis dan .BAK. Anda hanya perlu me-rename file Signed.sis ke nama aplikasi asli. Setelah itu selesai. Silahkan salin file tersebut di ponsel Nokia Anda untuk meng-install Sign4ever di Nokia Anda. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel