Empat Langkah Mudah Memperbaiki Kartu MicroSD Nokia N72

28 Dec 2011 11:00 7494 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nokia N72 adalah model ponsel yang dirilis oleh Nokia pada tahun 2006. Nokia N72 merupakan ponsel berbasis GSM. Nokai N72 memiliki kamera 2-megapiksel dengan flash dan kemampuan merekam video. N72 ini juga memiliki *web browser*, terintegrasi antena FM dan pemutar musik digital.

Nokia N72 adalah model ponsel yang dirilis oleh Nokia pada tahun 2006. Nokia N72 merupakan ponsel berbasis GSM. Nokai N72 memiliki kamera 2-megapiksel dengan flash dan kemampuan merekam video. N72 ini juga memiliki web browser, terintegrasi antena FM dan pemutar musik digital. Ponsel ini memiliki memori internal total hanya 20 megabyte, namun selain itu ia memiliki slot kartu microSD yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan memori telepon dan kemampuan penyimpanan.

Nokia N72 menggunakan kartu microSD untuk menyimpan data dan mendukung hingga 4 GB penyimpanan tambahan. N72 dapat mengambil keuntungan dari kartu microSD ini. Dengan penyimpanan tambahan, Anda dapat meng-upload file musik lebih banyak, menyimpan lebih banyak gambar atau bermain game lebih puas. Namun, jika kartu microSD tidak berfungsi dengan benar dalam Nokia N72 Anda, maka Anda perlu memperbaikinya atau setidaknya menemukan akar permasalahannya untuk mengembalikan memori telepon Anda ke fungsi normal.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk mengecek kondisi kartu microSD Nokia N72 Anda;

  • Pertama, pastikan kartu microSD tidak terkunci. Coba keluarkan kartu microSD dari Nokia N72, dan periksa saklar dengan write protection di sisi kartu. Jika saklar di posisi bawah, itu berarti write protection telah diaktifkan sehingga Anda tidak dapat menyimpan file-file tambahan ke perangkat. Oleh karena itu, Anda dapat mengalihkannya ke posisi atas untuk membuka kuncinya.

  • Periksa pad konektor logam di bagian bawah kartu microSD. Pastikan bahwa pad konektor tidak memiliki sidik jari atau kotoran. Jika ada kotoran pada pad, ponsel tidak dapat membaca informasi dari kartu. Bersihkan konektor logam dengan kain lembut sampai semua kotoran hilang.

  • Gunakan kompresi udara. Semprotkan udara ke port microSD Nokia N72. Jika port berdebu atau kotor, telepon tidak dapat membaca kartu. Tekanan udara dapat membantu menghilangkan kotoran yang terjebak di dalam port.

  • Masukkan kartu microSD ke dalam adaptor kartu SD. Adaptor ini memungkinkan Anda untuk menggunakan kartu microSD pada slot kartu SD standar. Hubungkan SD card reader ke port USB pada komputer Anda (jika komputer tidak memiliki slot kartu SD). Masukkan adaptor kartu SD ke dalam slot kartu, dan sesaat komputer akan menyatakan bahwa ia telah mendeteksi perangkat; removable device.

    Klik "Start", pilih "Computer" dan klik kanan ikon removable device. Jika kartu tidak load sama sekali, berarti beberapa data pada kartu corrupt. Untuk memperbaiki ini, Anda harus memformat kartu. Pilih "Format" dari menu pull-down dan klik "OK" untuk memformat kartu microSD kembali ke setting pabrik aslinya. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel