Tips & Trik handphone: Mengubah iPod Touch Menjadi iPhone (part-4)

24 Dec 2011 13:00 6677 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Setelah 3 kali berturut-turut Plimbi me-*review* mengenai Tips & Trik handphone untuk mengubah iPod Touch menjadi iPhone, pada artikel ini akan Plimbi sampaikan *review* terakhir mengenai tips ini, simak yang berikut ini:

Setelah 3 kali berturut-turut Plimbi me-review mengenai Tips & Trik handphone untuk mengubah iPod Touch menjadi iPhone, pada artikel ini akan Plimbi sampaikan review terakhir mengenai tips ini, simak yang berikut ini:

Pilihan Lain (untuk advanced user)

Menggunakan dua aplikasi VoIP yang telah disebutkan Plimbi sebelumnya, Skype dan Fring, adalah pilihan paling mudah untuk tips & trik handphone mengubah iPod Touch menjadi iPhone. Tetapi cara itu bukanlah satu-satunya cara.

Anda yang sudah lama menjadi Apple "fanboy" dan hobi mengoprek perangkat, pasti sudah familiar dengan Siphon, aplikasi SIP (Session Initiation Protocol)/ VoIP (Voice over Internet Protocol) gratis pertama di dunia yang sudah hadir sejak iPod Touch dan iPhone 1.

Penggunaan Siphon membutuhkan jailbreaking, dan jailbreak Cydia sering menyertakan aplikasi ini dalam bundle iOS jailbreak mereka. Aplikasi ini lebih terintegrasi ke dalam iOS daripada aplikasi biasa seperti Skype dan Fring, dan hal ini menghasilkan Siphon akan memiliki performa lebih cepat dan lebih baik.

Sayangnya Siphon tidak seperti Skype atau Fring yang semua setting sudah tersedia secara otomatis. Dengan Siphon, Anda harus men-setting sendiri SIP provider, memasukkan beberapa parameter sendiri, dan lain-lain, dan tentu saja Anda harus jailbreak iPod Touch Anda. Oleh karena itu Siphon membutuhkan pengguna dengan pengetahuan yang lebih, dan tips & trik handphone ini menyarankan Anda pengguna pemula lebih baik menggunakan cara mudah yang telah Plimbi bahas pada artikel sebelumnya.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dan download Siphon di sini.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan tips & trik handphone mengubah iPod Touch menjadi iPhone ini adalah:

  • Anda bisa menghemat banyak uang apabila dibandingkan dengan membeli iPhone. Seperti pada perhitungan Plimbi pada artikel sebelumnya, Anda bisa berhemat sekitar Rp. 2.6 juta.

  • iPod touch dan iPhone memang memiliki kemampuan baterai yang hampir sama. Tetapi karena iPod Touch tidak membutuhkan kinerja untuk selalu mencari sinyal 3G, yang notabene merupakan kinerja paling besar dalam menyedot baterai, maka ia memiliki ketahanan baterai yang lebih lama.

  • Dengan menggunakan modem WiFi, Anda bisa mengantongi iPod Touch Anda dan meletakkan modem
    WiFi di tempat yang lebih tinggi untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik.

  • Pada beberapa kasus seringnya handphone susah mendapat sinyal telepon saat berada di dalam gedung, tetapi dengan tips & trick handphone ini kasus tersebut tidak relevan. Seperti disebutkan diatas, Anda bisa menempatkan modem WiFi di tempat tertentu untuk mendapatkan sinyal 3G lebih baik, dan ipod Touch Anda menangkap sinyal WiFi yang mana lebih baik jika di dalam ruangan.
    Kekurangan tips & trik handphone mengubah iPod Touch menjadi iPhone ini adalah:

  • Tidak praktis, 1 perangkat iPhone digantikan oleh dua perangkat iPod Touch dan modem WiFi.

  • Call drop pada jaringan telepon disertai dengan warning, sementara call drop pada VoIP tidak.

  • The iPod Touch tidak disertai dengan GPS seperti iPhone. Memang WiFi signal triangulation bisa digunakan sebagai alternatif, tetapi tidak sebagus GPS.

  • Kamera iPod Touch masih VGA sementara iPhone 4 memiliki kamera 5 megapixel, bahkan iphone 4S memiliki kamera 8 megapixel.

  • Lama penggunaan baterai modem WiFi tidak sebanding iPod Touch, seperti contoh Smartfren Modem Router MIFI AC30 hanya mampu bertahan 4 hingga 5 jam.

Setelah membaca tips & trik handphone mengubah iPod Touch menjadi iPhone ini, Anda memilih membeli iPod Touch atau iPhone? Your call. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel