Beginilah Cara Terbaik Merawat Layar iPad

22 Dec 2011 14:30 10228 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Salah satu kewajiban pemilik *gadget* adalah merawatnya dan melindunginya dari segala kemungkinan yang menyebabkan kerusakan, termasuk layar iPad yang riskan terhadap goresan. Simak bagaimana cara membersihkan, merawat serta melindungi layar iPad yang baik dan benar di artikel ini

Salah satu kewajiban pemilik gadget adalah merawatnya. Termasuk perangkat iPad yang memang riskan terhadap goresan dalam penggunaannya. Salah satunya yang mungkin sering Anda alami adalah masalah layar iPad yang sedikit-sedikit penuh dengan sidik jari dan noda minyak karena terlalu sering digunakan. Jangan menganggap sepele masalah tersebut, karena layar iPad benar-benar harus dirawat dengan detail.

Pada artikel ini, Plimbi akan membahas seluk beluk mengenai cara merawat layar iPad, dari cara membersihkannya hingga bagaimana cara melindungi layar iPad tersebut.

Membersihkan Layar iPad

Untuk membersihkan layar iPad, selama ini Anda mungkin terlalu mengganggapnya sebagai masalah yang sepele. Anda kadang membersihkannya dengan tisu atau parahnya lagi Anda membersihkannya dengan kain pakaian Anda, padahal hal tersebut harusnnya dihindari mengingat layar iPad yang sangat sensitif.

Ada beberapa langkah untuk membersihkan layar iPad, yakni sebagai berikut:

  1. Lepas semua kanel atau perangkat apapun yang terhubung di iPad Anda, termasuk aksesoris-aksesoris yang Anda pasang pada iPad.

  2. Tekan tombol Sleep dan pastikan bahwa iPad Anda dalam keadaaan Off.

  3. Ambil kain yang terbuat dari serat yang halus, basahi dengan air secukupnya, jangan berlebihan. Bersihkan iPad secara terarah atau melingkar dan jangan sampai ada air yang masuk ke dalam sela-sela iPad. Pastikan pula tidak ada pasir, kotoran atau pun debu pada kain tersebut yang justru bisa menggores layar iPad.

  4. Jangan sesekali Anda menggunakan pembersih kaca, memang akan terlihat lebih mengkilap, namun yang harus Anda tahu adalah pembersih kaca dapat merusak lapisan oleophobic pada layar iPad sehingga lama-kelamaan akan mengurangi fungsi dari iPad tersebut.

  5. Kehati-hatian dalam membersihkan iPad itulah yang harus Anda utamakan. Segera bersihkan iPad Anda jika terlihat kotor.

Melindungi Layar iPad

Selain membersihkan layar iPad dengan langkah-langkah di atas, hal lain yang perlu Anda lakukan dalam merawat layar iPad adalah melindungi layar iPad itu sendiri. Seperti handphone yang bisa Anda lindungi dengan cashing atau memakai beberapa alat yang bisa melindungi iPad Anda dari sentuhan, noda maupun benturan.

Pada dasarnya, ada tiga alasan kenapa Anda harus melindungi layar iPad Anda, yakni untuk melindungi layar dari noda dan goresan seperti yang Plimbi sebutkan tadi dan untuk mengurangi efek silau pada layar. Seperti ketika Anda menggunakan iPad di bawah sinar matahari langsung ataupun dekat dengan sorotan lampu. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan pelindung layar anti silau.

Bentuk perlindungan lainnya yakni dengan menggunakan screen protector. Hal ini terkait dengan layar iPad yang penggunaannya rentan akan sentuhan-sentuhan yang berlebihan, sehingga layar iPad mungkin akan penuh dengan sidik jari atau minyak. Penggunaan iPad yang terus menerus ini akan merusak lapisan oleophobic yang sebenarnya berfungsi untuk melindungi layar iPad itu sendiri. Sehingga ada baiknya Anda melapisi layar iPad dengan screen protector.

Jangan lupa, selain layar iPad, Anda juga harus melindungi bodi iPad itu sendiri, dengan memasang alat seperti cashing pada handphone. [HJ]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel