Tips iPhone: Apa Yang Bisa Anda Lakukan Apabila iPhone Menghapus Aplikasi Yang Anda Beli Di App Store (Part-2)

22 Dec 2011 13:00 3684 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada artikel sebelumnya, Plimbi sedikit mereview tips iPhone, sekedar mengingatkan, Anda bisa melihat pembahasan sebelumnya di sini. Pada pembahasan kali ini, Plimbi akan melanjutkan tips iPhone untuk menghapus aplikasi yang ada di App Store.

Pada artikel sebelumnya, Plimbi sedikit mereview tips iPhone, sekedar mengingatkan, Anda bisa melihat pembahasan sebelumnya di sini. Pada pembahasan kali ini, Plimbi akan melanjutkan tips iPhone untuk menghapus aplikasi yang ada di App Store.

Backup manual

Jika Anda lebih memilih untuk back up aplikasi secara manual, satu hal yang perlu Anda ketahui adalah di mana iTunes menyimpan semua aplikasi yang telah Anda download. Berikut tips iPhone mudah untuk melakukannya:

  • Pada Windows 7, akses: C: -> Users -> Username -> My Music -> iTunes -> iTunes Media -> Mobile Applications.

  • Pada Mac OS X, akses: Macintosh HD -> Users -> yourusername -> Music -> iTunes -> Mobile Applications

Akses folder tersebut dan Anda akan menemukan aplikasi iPhone, atau perangkat Apple lainnya, yang telah Anda download. Tips iPhone selanjutnya, Anda harus copy file aplikasi tersebut ke media penyimpanan lain untuk melakukan back up. Agar selalu up-to-date, Anda harus selalu melakukan copy back up apabila terjadi perubahan pada aplikasi, contoh Anda telah melakukan update versi dari aplikasi.

Adakah Garansi Apple App Store

Apabila Anda sudah membeli, aplikasi terlanjur terhapus, dan Anda tidak memiliki back up, bisakah Anda meminta garansi uang kembali dari Apple?

Kebijakan Apple tidak memberikan garansi uang kembali untuk pembelian di App Store! Hal ini tentu saja cukup mengecewakan mengingat kesalahan adalah terletak di pihak Apple dengan sistem approval yang masih belum sempurna, sementara pengguna telah mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak bisa mereka miliki dan gunakan.

Terdapat satu cerita yang berhubungan dengan topik tips iPhone kali ini, dimana seorang pengguna Apple telah membeli beberapa aplikasi yang dihapus dari Apple App Store. Karena ia tidak memiliki back up, ia menghubungi iTunes Support untuk meminta copy aplikasi yang ia merasa telah menjadi hak miliknya tersebut. Tetapi jawaban iTunes Support adalah mereka tidak menyediakan aplikasi yang telah terhapus tersebut. Ia meminta refund yang kemudian, tentu saja, ditolak oleh mereka. Tetapi setelah melakukan beberapa argument, akhirnya ia mendapatkan refund yang berupa iTunes Store credit untuk membeli aplikasi lain. Proses yang berbelit-belit.

Ketika Apple menghapus aplikasi, itu benar-benar bukan situasi yang baik bagi siapa pun. Ini umumnya akan mengakibatkan masalah PR (Public Relation) bagi Apple, upaya sia-sia dari sisi pengembang, dan seperti yang telah dikemukakan pengalaman jelek bagi pengguna. Aplikasi yang telah terhapus tidak bisa kembali lagi masuk ke App Store, kecuali terjadi keajaiban. Oleh karena itu dengan sedikit ketekunan untuk melakukan tips iPhone Plimbi ini, Anda dapat setidaknya menjaga copy aplikasi yang Anda beli dengan melakukan back up. Atau, dengan contoh cara berbelit-belit diatas, Anda bisa mendapatkan uang Anda kembali. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel